Oil and Gas

Apa risiko dan kebutuhan asuransi untuk Konstruksi Pemasangan Pipa Minyak dan Gas?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Saya harap bisnis Anda terus berkembang.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir setiap aspek perusahaan mengandung risiko. Itu semua tentang bisnis; selalu ada resiko di balik peluang. Benar?

Sebagai broker asuransi senior, saya ingin mengajak Anda untuk membahas manajemen risiko dan asuransi untuk konstruksi pemasangan pipa minyak dan gas.

Bagi pembaca baru, selamat datang. Saya harap Anda menikmati membaca artikel ini. Di website ini, kami memiliki beberapa artikel tentang manajemen risiko dan asuransi. Silakan cari di sisi atas dan kiri dan kanan.

Jika Anda tertarik, silakan bagikan dengan teman-teman Anda agar mereka dapat memahami seperti Anda.

Apa pentingnya pipa untuk industri minyak dan gas?

Pipa adalah komponen penting dari industri minyak dan gas. Mereka mengangkut minyak mentah, gas alam, dan produk olahan dari lokasi produksi ke kilang, fasilitas pemrosesan, dan pengguna akhir.

Pipa memainkan peran penting dalam industri minyak dan gas, menyediakan cara yang aman, efisien, dan andal untuk mengangkut minyak mentah, gas alam, dan produk olahan dari lokasi produksi ke kilang, fasilitas pemrosesan, dan pengguna akhir.

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa pipa sangat penting dalam industri minyak dan gas:

  • Angkutan

Pipa mengangkut minyak dan gas jarak jauh, dari ladang produksi ke fasilitas pemrosesan, kilang, dan pusat distribusi. Hal ini penting karena minyak dan gas seringkali diproduksi di daerah terpencil dan harus diangkut dalam jarak jauh untuk mencapai pengguna akhir.

  • Efisiensi

Menggunakan pipa untuk mengangkut minyak dan gas umumnya lebih efisien dibandingkan menggunakan moda transportasi lain, seperti truk atau kereta api. Pipa dapat mengangkut minyak dan gas dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien, dengan konsumsi energi yang minimal.

  • Keamanan

Jalur pipa umumnya dianggap sebagai moda transportasi yang aman untuk minyak dan gas. Tidak seperti truk dan gerbong, saluran pipa tidak mengalami risiko kecelakaan dan tumpahan yang sama yang disebabkan oleh tabrakan kendaraan, penggelinciran, atau insiden lainnya.

  • Keandalan

Jalur pipa dirancang untuk beroperasi terus menerus, yang membantu memastikan pasokan minyak dan gas yang andal ke kilang dan pengguna akhir. Karena jalur pipa terkubur di bawah tanah, jalur tersebut tidak terkena gangguan terkait cuaca atau faktor eksternal lain yang dapat memengaruhi moda transportasi yang berbeda.

  • Efektivitas biaya

Dalam banyak kasus, jaringan pipa merupakan sarana transportasi minyak dan gas jarak jauh yang paling hemat biaya. Meskipun membangun jalur pipa bisa mahal, biaya pengoperasian jalur pipa umumnya lebih rendah daripada moda transportasi lainnya, yang dapat menghasilkan penghematan biaya yang signifikan dari waktu ke waktu.

  • Risiko dan kecelakaan konstruksi dan instalasi pipa

Konstruksi dan pemasangan jalur pipa dapat berisiko, karena beberapa potensi bahaya dan tantangan dapat muncul selama proses berlangsung.

Berikut adalah beberapa risiko dan kecelakaan utama yang terkait dengan konstruksi dan pemasangan pipa:

  • Kerusakan lingkungan

Konstruksi jalur pipa dapat berdampak signifikan terhadap lingkungan, terutama jika jalur pipa dibangun di ekosistem yang sensitif. Kegiatan konstruksi dapat mengakibatkan erosi tanah, perusakan habitat, dan pencemaran air.

  • Sengketa pemilik tanah

Konstruksi saluran pipa seringkali membutuhkan akuisisi tanah dari pemilik tanah pribadi. Hal ini dapat mengakibatkan perselisihan atas kompensasi yang berlebihan, hak milik, dan masalah lingkungan.

  • Kecelakaan konstruksi

Konstruksi jaringan pipa melibatkan alat berat dan mesin, yang dapat menimbulkan risiko bagi pekerja dan masyarakat sekitar. Kecelakaan seperti pemogokan ekskavator, parit runtuh, dan kegagalan peralatan dapat mengakibatkan cedera, kerusakan properti, dan bahkan kematian.

  • Pipa bocor dan tumpah

Setelah pipa dipasang, kebocoran dan tumpahan selalu berisiko. Hal ini dapat disebabkan oleh cacat konstruksi, kegagalan peralatan, atau faktor eksternal seperti cuaca atau bencana alam. Kebocoran dan tumpahan dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan lingkungan dan masyarakat yang parah.

  • Ancaman keamanan

Jalur pipa rentan terhadap ancaman keamanan, seperti vandalisme, sabotase, atau terorisme. Ancaman ini dapat mengakibatkan kerusakan pipa, kebocoran, dan tumpahan, serta risiko cedera atau korban jiwa.

Konstruksi dan pemasangan jalur pipa bisa berisiko, dan perusahaan harus mengambil tindakan yang tepat untuk memitigasi risiko ini.

Ini termasuk menerapkan protokol keselamatan, menggunakan bahan dan peralatan berkualitas tinggi, serta melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan rutin untuk mencegah kebocoran dan tumpahan.

Melibatkan masyarakat lokal dan pemilik tanah juga penting untuk memastikan bahwa kekhawatiran mereka ditangani dan dampak lingkungan diminimalkan.

Jenis peralatan yang dibutuhkan untuk pekerjaan peletakan pipa di minyak dan gas.

Pekerjaan peletakan pipa di industri minyak dan gas membutuhkan berbagai peralatan khusus untuk memastikan konstruksi yang aman dan efisien.

Secara keseluruhan, pekerjaan peletakan pipa di industri minyak dan gas membutuhkan berbagai peralatan khusus untuk memastikan pipa dibangun dengan aman dan efisien. Peralatan ini bisa mahal dan rumit, membutuhkan operator dan perawatan yang terampil untuk memastikan berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa peralatan utama yang digunakan dalam pekerjaan peletakan pipa:

  • Ekskavator

Ekskavator digunakan untuk menggali parit untuk saluran pipa. Mesin ini tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat digunakan untuk jenis tanah yang berbeda.

  • Pembuat pipa

Pipelayers adalah mesin khusus yang mengangkat dan meletakkan bagian pipa ke dalam parit.

  • Peralatan las

Pengelasan diperlukan untuk menghubungkan berbagai bagian pipa. Peralatan ini meliputi mesin las, batang las, dan perlengkapan keselamatan untuk tukang las.

  • Backhoe

Backhoes memindahkan tanah, batu, dan puing-puing saat menggali parit.

  • Penggali

Penggali digunakan untuk memotong parit di tanah untuk pipa. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan dapat digunakan untuk jenis tanah yang berbeda.

  • Boom samping

Boom samping adalah alat berat khusus yang mengangkat dan memindahkan bagian pipa ke tempatnya. Mereka sering digunakan di medan terjal atau daerah dengan akses terbatas.

  • Kompresor

Kompresor digunakan untuk memberi tekanan pada pipa untuk menguji kebocoran dan memastikan bahwa pipa berfungsi dengan benar.

  • Pompa

Pompa memindahkan cairan melalui pipa, termasuk minyak mentah, produk olahan, dan cairan lain yang digunakan dalam industri minyak dan gas.

  • Grader

Grader digunakan untuk meratakan tanah dan mempersiapkannya untuk konstruksi. Mereka dapat membuat basis level untuk pipa yang akan diletakkan.

  • Peralatan survei

Peralatan survei mengukur dan memetakan rute saluran pipa, memastikannya mengikuti penyelarasan dan elevasi yang tepat.

Kecelakaan terjadi selama pekerjaan pemasangan pipa.

Jenis pertanggungan asuransi khusus yang diperlukan untuk pekerjaan konstruksi pemasangan pipa dapat bervariasi tergantung pada ruang lingkup dan lokasi proyek, serta peraturan setempat dan persyaratan kontrak.

Kontraktor harus bekerja dengan broker asuransi yang memenuhi syarat untuk menentukan pertanggungan asuransi yang sesuai untuk proyek mereka.

Beberapa jenis kecelakaan dapat terjadi selama pekerjaan pemasangan pipa di industri minyak dan gas. Berikut adalah beberapa kecelakaan paling umum yang dapat terjadi selama proses pemasangan pipa:

  • Kecelakaan parit

Penggalian dan pembuatan parit sangat penting untuk pekerjaan pemasangan pipa, dan pekerja berisiko tertabrak alat berat atau terkubur dalam parit yang runtuh.

  • Kecelakaan terkait peralatan

Mesin berat seperti derek, backhoe, dan ekskavator digunakan selama pekerjaan pemasangan pipa, dan kecelakaan yang melibatkan mesin ini dapat menyebabkan cedera parah atau bahkan kematian.

  • Luka bakar dan ledakan.

Bahan yang digunakan dalam industri minyak dan gas dapat mudah menguap, dan jika terjadi kebocoran atau pecah dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

  • Ditabrak benda.

Pekerja dapat tertabrak benda terbang, seperti puing-puing atau peralatan, yang dapat menyebabkan cedera serius.

  • Air terjun

Pekerja di ketinggian berisiko jatuh dari tangga, perancah, atau permukaan tinggi lainnya.

  • Paparan bahan beracun

Pekerja dapat terpapar bahan kimia dan gas beracun selama pekerjaan pemasangan pipa, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan atau masalah kesehatan lainnya.

  • Kecelakaan lingkungan

Kebocoran atau tumpahan pipa dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, termasuk pencemaran sumber air, perusakan habitat satwa liar, dan kerusakan ekosistem setempat.

Jenis asuransi apa yang diperlukan untuk pekerjaan konstruksi pemasangan pipa?

Beberapa jenis asuransi biasanya diperlukan untuk pekerjaan konstruksi pemasangan pipa. Berikut adalah beberapa jenis pertanggungan asuransi paling umum yang mungkin diperlukan:

Asuransi kewajiban umum melindungi kontraktor terhadap klaim cedera tubuh atau kerusakan properti yang disebabkan oleh pihak ketiga selama pekerjaan pemasangan pipa.

  • Asuransi Kompensasi Pekerja

Kompensasi pekerja mencakup cedera atau penyakit yang diderita pekerja selama pekerjaan pemasangan pipa. Asuransi ini memberikan perawatan medis, tunjangan cacat, dan kehilangan upah bagi pekerja yang cedera saat bekerja.

  • Asuransi Peralatan

Asuransi peralatan menjamin kerusakan atau kehilangan alat berat yang digunakan selama pekerjaan pemasangan pipa, seperti excavator, backhoe, dan crane.

  • Asuransi Risiko Pembangun

Asuransi risiko pembangun memberikan pertanggungan atas kerusakan atau kerugian selama konstruksi, termasuk kerusakan pipa selama pemasangan.

Asuransi kewajiban profesional melindungi terhadap klaim kelalaian atau kesalahan dalam desain, teknik, atau konstruksi jalur pipa.

  • Asuransi Kewajiban Lingkungan

Asuransi pertanggungjawaban lingkungan melindungi terhadap klaim atas kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kebocoran atau tumpahan pipa.

Asuransi kelautan diperlukan untuk pekerjaan pemasangan pipa yang dilakukan di lepas pantai atau di saluran air dan memberikan jaminan atas kehilangan atau kerusakan pipa selama pengangkutan atau pemasangan.

Secara keseluruhan, jenis pertanggungan asuransi khusus yang diperlukan untuk pekerjaan konstruksi pemasangan pipa dapat bervariasi tergantung pada ruang lingkup dan lokasi proyek, serta peraturan setempat dan persyaratan kontrak. Kontraktor harus bekerja dengan broker asuransi yang memenuhi syarat untuk menentukan pertanggungan asuransi yang sesuai untuk proyek mereka.

Daftar kecelakaan terjadi karena pekerjaan pemasangan pipa untuk minyak dan gas

Pekerjaan pemasangan pipa untuk minyak dan gas dapat berbahaya, dan kecelakaan dapat mengakibatkan cedera, kematian, dan kerusakan lingkungan.

Kecelakaan ini menggarisbawahi pentingnya protokol dan prosedur keselamatan yang tepat selama pekerjaan pemasangan pipa untuk minyak dan gas.

Sangat penting bagi pekerja untuk dilatih dalam langkah-langkah keselamatan dan bagi kontraktor untuk menerapkan standar dan prosedur keselamatan yang ketat untuk mencegah kecelakaan dan melindungi pekerja dan lingkungan.

Berikut adalah beberapa contoh kecelakaan yang terjadi selama pekerjaan pemasangan pipa untuk minyak dan gas:

  • Pada tahun 2016, ledakan pipa terjadi selama pekerjaan pemasangan pipa di Foshan, China, menewaskan sedikitnya lima pekerja dan melukai beberapa lainnya.
  • Pada tahun 2010, pipa minyak pecah selama pekerjaan pemasangan pipa di Teluk Meksiko, menyebabkan salah satu tumpahan minyak terbesar di dunia.
  • Pada tahun 2007, ledakan pipa terjadi selama pekerjaan pemasangan pipa di Lagos, Nigeria, menewaskan sedikitnya 269 orang dan melukai ratusan lainnya.
  • Pada tahun 2004, pipa gas pecah selama pekerjaan pemasangan pipa di Ghislenghien, Belgia, menyebabkan ledakan besar yang menewaskan sedikitnya 24 orang dan melukai 132 lainnya.
  • Pada tahun 1989, pipa minyak pecah selama pekerjaan pemasangan pipa di Alaska, menyebabkan salah satu tumpahan minyak terbesar dalam sejarah AS dan kerusakan lingkungan yang signifikan.

Kecelakaan kerja pemasangan pipa minyak dan gas di Indonesia.

  • Pada tahun 2018, pipa minyak milik Pertamina, perusahaan minyak dan gas milik negara Indonesia, pecah saat pekerjaan pemasangan pipa di Balikpapan, menyebabkan tumpahan minyak besar-besaran yang menyebar hingga 20 kilometer dan terbakar. Insiden tersebut mengakibatkan kematian lima orang dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang signifikan.
  • Pada 2017, pipa gas milik Pertagas, anak usaha Pertamina, jebol saat pekerjaan pemasangan pipa di Karawang, Jawa Barat, menyebabkan kebakaran yang menewaskan satu orang dan melukai beberapa orang lainnya.
  • Pada 2015, pipa gas milik PT Trans Asia Gas, anak perusahaan gas milik negara PT Perusahaan Gas Negara, meledak saat pekerjaan pemasangan pipa di Jawa Barat, menewaskan tiga pekerja.

Mengapa kontraktor pemasangan pipa membutuhkan jasa broker asuransi untuk pengurusan asuransi?

Kontraktor pemasangan pipa memerlukan jasa broker asuransi untuk mengatur pertanggungan asuransi karena berbagai jenis risiko terlibat dalam pembangunan jaringan pipa, dan asuransi diperlukan untuk memitigasi risiko tersebut.

Pialang asuransi dapat membantu kontraktor pemasangan pipa untuk mengidentifikasi jenis risiko yang perlu ditanggung dan menemukan polis asuransi yang memenuhi kebutuhan khusus mereka.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kontraktor pemasangan pipa membutuhkan layanan broker asuransi:

  • Tugas beresiko

Pialang asuransi dapat membantu kontraktor pemasangan pipa mengidentifikasi risiko yang perlu ditanggung, seperti kerusakan properti, kerusakan peralatan, cedera tubuh, dan kerusakan lingkungan.

  • Pemilihan kebijakan

Pialang asuransi dapat membantu kontraktor pemasangan pipa untuk memilih polis asuransi yang paling tepat untuk menutupi risiko yang teridentifikasi. Ini dapat mencakup asuransi kewajiban, asuransi properti, asuransi peralatan, dan asuransi lingkungan.

  • Manajemen biaya

Pialang asuransi dapat membantu kontraktor pemasangan pipa mengelola biaya asuransi dengan mengidentifikasi polis yang menawarkan perlindungan terbaik dengan harga terbaik.

  • Manajemen klaim.

Pialang asuransi dapat membantu manajemen klaim, yang dapat menjadi sangat penting jika terjadi kecelakaan atau insiden selama pekerjaan pemasangan pipa. Mereka dapat membantu kontraktor menavigasi proses klaim dan memastikan mereka menerima penyelesaian yang adil.

Dengan bekerja sama dengan broker asuransi, kontraktor pemasangan pipa dapat memastikan bahwa mereka memiliki pertanggungan asuransi yang sesuai untuk melindungi dari berbagai risiko yang terkait dengan konstruksi pipa. Ini dapat memberi mereka ketenangan pikiran dan membantu mengurangi risiko keuangan dalam suatu kecelakaan atau insiden.

Salah satu yang terkemuka broker asuransi di Indonesia yang berfokus pada minyak dan gas adalah L&G Insurance Broker.

Hubungi L&G sekarang untuk semua kebutuhan asuransi Anda!

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012