Heavy Equipment Insurance

9 TIPS AGAR TETAP AMAN BEKERJA MENGGUNAKAN DUMP TRUCK

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Kali ini kita kembali membahas mengenai resiko engineering. Untuk Anda ketahui bahwa di dalam industri asuransi resiko engineering dibagi kedalam beberapa kelompok, pertama erection and erection atau pekerjaan pembangunan dan pemasangan, kedua Construction Plant and Machinery (CPM), asuransi peralatan konstruksi, Machinery Breakdown atau asuransi kerusakan mesin dan Electronic Equipment Insurance atau asuransi atas peralatan elektronik. 

Sebagai broker asuransi yang fokus di bidang resiko engineering kami sangat tertarik untuk membahas tentang resiko ini karena kami sering sekali membantu klien kami menyelesaikan klaim asuransi alat berat dan dump truck.

Secara umum resiko engineering termasuk kategori resiko tinggi karena sering sekali terjadi kecelakan dan jika terjadi kecelakaan maka kerugian yang diderita sangat tinggi, oleh karena itu tidak banyak perusahaan asuransi yang tertarik dengan resiko ini. 

Untuk mendapatkan jaminan asuransi alat berat dan dump truck maka diperlukan pendekatan khusus dengan menggunakan informasi lengkap, antara lain data statistik, data kecelakaan dan juga keterangan mengenai operator dari dump truck. 

Dump Truck paling banyak digunakan di industri pertambangan, misalnya tambang batu bara, nikel, emas, bauksit, tembaga dan lain-lain. 

Dump truck yang digunakan di lokasi proyek atau sering juga disebut dengan Off Highway dump truck. Sering sekali terjadi kecelakaan akibat tabrakan dengan alat berat lain, terguling dalam perjalanan, patah, terbakar, kena petir dan kecelakaan lainnya. 

Untuk membantu Anda tetap aman saat bekerja dengan Dump truck  Anda, kami memiliki sepuluh tip yang akan menjauhkan semua orang dari bahaya.

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga mendapatkan pengetahuan sama seperti Anda.

  • Perawatan dan pemeliharaan.

Untuk menjaga kinerja dump truck, jika komponen yang tidak berfungsi dengan baik dan berhenti bekerja tanpa alasan yang jelas, sebaiknya langsung diganti saja yang baru. Dump Truk harus dalam kondisi yang baik, oleh karena itu penting untuk selalu melakukan perawatan truk secara teratur. Dump truck  yang dalam keadaan rusak adalah Dump truck  yang tidak aman.

Anda juga harus melakukan inspeksi secara rutin setiap harian, anda harus memeriksa tekanan ban, suspensi dan silinder angkat, serta pin dan bushing (yang harus dijaga agar tetap diberi pelumas dengan benar.)

  • Pastikan Anda berada di permukaan tanah yang rata sebelum menurunkan muatan.

Keseimbangan sangat penting dalam mengoperasikan Dump truck. Sebelum Anda menurunkan beban, pastikan Anda berada di tanah yang stabil. Truk akan menjadi kurang stabil saat bak mulai diangkat, dan ini bisa menyebabkannya terjungkal.

Pastikan truk pengangkut berada di permukaan tanah yang rata sebelum muatan dibongkar.

  • Bagikan beban secara merata.

Muatan yang diangkut harus diletakkan dan dipusatkan di antara rel bak truk. Ini akan dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan membantu truk tetap berjalan stabil. Pastikan untuk menyebarkan beban secara merata ke seluruh tempat di dalam bak. 

Hal-hal kecil seperti tekanan ban yang rendah atau material yang jatuh ke tanah dapat mengganggu keseimbangan truk, jadi periksalah semuanya semaksimal mungkin sebelum membuang muatan.

  • Jangan melewatkan Garis Batas muatan yang ada di bak 

Bak dump truck harus memiliki garis batas muatan sehingga beban akan mengalir keluar secara merata saat diturunkan. Liner akan membantu mencegah muatan tidak mengalir dan truk tidak seimbang saat Anda membongkar.

  • Memberikan Sinyal atau Tanda 

Adalah anda harus mengetahui cara memberi sinyal kepada orang lain. Terkadang diperlukan dua orang yang bekerja saling membantu mengoperasikan dump truck. Dan pekerjaan dengan dua orang jauh lebih baik, jika seseorang membantu menavigasi atau menurunkan Dump truck , Anda akan berkomunikasi dengan isyarat tangan, bukan dengan kata-kata. Pastikan Anda berdua tahu persis apa arti dari setiap sinyal.

Pemberian sinyal yang tepat dapat membantu menghindari kecelakaan, yang berarti menghindari klaim. Dan itu berarti Anda dapat menghemat uang untuk asuransi dump truck Anda. 

  • Jangan membebani Dump truck  dengan muatan yang berlebihan.
Baca Juga :   7 Fakta Mengenai Asuransi Alat Berat

Meskipun Anda tergoda untuk terus menumpuk muatan yang dinaikkan ke dalam bak truk, pastikan Anda tidak membebaninya secara berlebihan. Truk pengangkut dengan muatan berlebih dapat membuat penimbunan muatan menjadi tidak rata dan berbahaya. Jangan membebani Dump truck  Anda terlalu banyak.

  • Pastikan di lokasi pembuangan tidak ada orang dan rintangan lainnya.

Tentunya, Anda tidak ingin menabrak seseorang dengan Dump truck  Anda. Nah, sebelum Anda mulai membongkar muatan, pastikan area tersebut benar-benar bersih dan bebas dari orang dan juga orang yang lewat. Jika masih ada, mohon minta mereka untuk pindah ke jarak yang aman sebelum mulai menurunkan muatan.

Ingat, meskipun Anda memiliki remote control untuk mengoperasikan bak truk, Anda tetap harus melakukan setiap tindakan pencegahan demi keselamatan.

  • Jangan mengemudi saat bak truk dinaikkan.

Jika Anda mengemudi dengan bak truk terangkat, Anda bisa menabrak sesuatu, seperti kabel listrik dan benda-benda lainnya. 

  • Berhati-hatilah jika Anda bekerja di antara bak dan kepala truck

Jika dalam situasi di mana Anda harus bekerja di antara bak truk dan rangka, pastikan Anda telah memblokir dengan aman dan benar. Jika bak truk tergelincir atau turun saat seseorang sedang bekerja di bawahnya, mereka bisa terluka parah atau bahkan tertimpa.

Mengoperasikan Dump truck  tidak boleh dianggap enteng. Diperlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk memastikan truk tetap stabil, seimbang, dan aman. Jangan mengambil risiko dengan mengorbankan keselamatan Anda atau orang lain. 

Demikian 9 cara yang diperlukan untuk mengurangi resiko kecelakaan terhadap dump truck. Untuk melindungi Anda dan perusahaan dari kerugian akibat dari kecelakaan truk adalah dengan mengasuransikan dump truck tersebut.

Tidak mudah untuk mendapatkan jaminan asuransi untuk dump truck karena resikonya yang sangat tinggi, tapi ada cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa perusahaan broker asuransi yang berpengalaman. 

Broker asuransi yang akan menegosiasikan asuransi yang dibutuhkan ke beberapa perusahaan asuransi, mereka juga merancang program dan menyajikan informasi yang mudah dipahami oleh perusahaan asuransi sehingga mereka cepat mengambil keputusan. 

Salah satu tugas penting yang dilakukan oleh broker asuransi adalah ketika terjadi kecelakaan. Mereka akan membantu mengurus klaim kepada perusahaan asuransi dan sekaligus bertindak sebagai Advocate asuransi atau pengacara asuransi. Mereka menghadapi pihak asuransi maupun loss adjuster yang ditunjuk untuk menyelesaikan klaim secara teknis asuransi maupun secara teknik engineering. 

Salah satu perusahaan broker asuransi yang berpengalaman di bidang asuransi engineering termasuk asuransi dump truck adalah L&G Insurance Broker. Mereka telah sukses menyelesaikan ratusan atau mungkin ribuan kasus klaim asuransi dengan cepat dan nilai maksimal.

Untuk semua urusan asuransi Anda hubungi L&G sekarang juga!

 

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top