Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal – Desember

Liga Asuransi – Para pembaca setia, kita sudah memasuki minggu terakhir di Tahun 2022 ini. Apakah Anda sudah merencanakan liburan dengan keluarga Anda? Namun, ada hal penting yang harus selalu Anda perhatikan, yaitu risiko-risiko yang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

Pada artikel minggu ini, kami akan kembali menyajikan untuk Anda mengenai berita pilihan yang telah terjadi di Indonesia dan Mancanegara.

Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

  1. Mobil Damkar Minut Kecelakaan saat Menuju TKP Kebakaran, 1 Petugas Tewas

Minahasa Utara – Mobil pemadam kebakaran (damkar) di Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara (Sulut) kecelakaan saat menuju lokasi kebakaran. Seorang petugas tewas akibat kecelakaan tersebut.

“Laka lantas tim Damkar Pemkab Minut yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia,” kata Kasat Lantas Polres Minut Iptu Julio J Tampoi saat dikonfirmasi, Senin (26/12/2022).

Kecelakaan terjadi di Bundaran Airmadidi, Minut, Senin (26/12) sekitar pukul 14.00 Wita. Saat itu petugas damkar hendak menuju lokasi kebakaran di Ds Watutumou II, Kecamatan Kalawat.

Julio menuturkan, kecelakaan bermula saat mobil damkar menuju TPK kebakaran. Namun saat berada di dekat Bundaran Airmadidi, sopir mobil damkar mengangkat panggilan telepon sambil berkendara.

“Dekat Bundaran Pemkab Minut saksi yang berada di depan melihat lelaki Erik yang mengendarai mobil sedang memegang handphone dengan tangan kirinya menjawab panggilan lewat handphone,” tutur Julio.

Rekan sopir tersebut lantas menegur untuk tidak mengemudi sambil menggunakan handphone. Namun tidak lama kemudian mobil tiba-tiba oleng hingga terbalik.

“Mobil langsung oleng ke kiri tidak bisa dikendalikan oleh pengemudi dan langsung terbalik dengan posisi berada di jalur Manado menuju Bitung,” katanya.

Akibat kecelakaan itu, seorang petugas yang ikut dalam rombongan mobil damkar tersebut tewas. Korban tewas bernama Jhony Tamailang (41).

“Dengan adanya kejadian laka lantas tersebut menyebabkan korban Jhony Tamailang meninggal dunia,” ucapnya.

Sementara itu, ada tiga orang lain termasuk sopir mengalami luka-luka. Masing-masing Erik Tombeng, Osbaldo, dan Wensley Lakaemor.

“Saat ini para korban luka sedang dalam perawatan tim medis RS Maria Walanda Maramis dan korban meninggal akan dibawa di rumah duka di Kelurahan Saronsong II, Kecamatan Airmadidi,” pungkasnya.

Source: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6482600/mobil-damkar-minut-kecelakaan-saat-menuju-tkp-kebakaran-1-petugas-tewas

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Professional Indemnity
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1. Rumah Tinggal di Bangka Jaksel Terbakar, 3 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebakaran melanda rumah tinggal Jalan Bangka Buntu I RT 05 RW 07 Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (26/12/2022) malam. 

Perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Moch Arief mengatakan, kebakaran dilaporkan warga terjadi sekitar pukul 20.05 WIB. “Terima berita sekitar pukul 20.05 WIB. 

Sumber warga, Ibu Nike,” ujar Arief saat dikonfirmasi, Senin. Arief mengatakan, tiga unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Adapun saat petugas masih berjibaku. 

“Saat ini masih proses pemadaman,” kata Arief. Hingga kini belum diketahui kemunculan api yang menjadi penyebab kebakaran rumah warga tersebut. Adapun petugas pemadam yang berada di lokasi juga belum bisa memastikan ada atau tidaknya korban akibat kebakaran tersebut.

Source:  https://megapolitan.kompas.com/read/2022/12/26/22012201/rumah-tinggal-di-bangka-jaksel-terbakar-3-unit-mobil-damkar-dikerahkan

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Kebakaran
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1.         Mekah Diterjang Banjir Bandang, Kendaraan Terseret Arus 

Bisnis.com, JAKARTA – Hampir sebulan setelah kota Jeddah di Arab Saudi mengalami banjir bandang, kini giliran Mekah yang terkena banjir serupa. 

Banjir bandang terjadi setelah Mekah diguyur hujan deras sejak Kami malam hingga Jum’at pagi waktu setempat. Banjir bandang itu, dilaporkan melanda jalan-jalan Mekkah pada Jumat pagi, merusak properti dan kendaraan. 

Warga Mekah membagikan video ke platform media sosial mobil yang tersapu oleh arus air yang deras. Jalan-jalan dipenuhi air hujan karena sistem pembuangan limbah tampaknya tersumbat. 

Begitu besarnya curah hujan sehingga pihak berwenang di Bandara King Abdulaziz meminta para pelancong untuk mengkonfirmasi statusnya.

Mekah adalah salah satu situs ziarah terbesar bagi umat Islam di seluruh dunia. Masjidil Haram Mekah juga terendam saat jemaah basah kuyup di halaman masjid. 

Pusat Meteorologi Nasional, pada Jumat malam mengeluarkan peringatan ringan, memberi tahu orang-orang untuk mewaspadai hujan lebih deras dalam beberapa hari mendatang di beberapa bagian wilayah Mekah, Madinah, dan Tabuk. 

Bulan lalu, kota Jeddah mencatat curah hujan 179 mm dalam satu hari pada 24 November antara pukul 08.00-14.00. Angka tersebut memecahkan rekor yang dibuat pada tahun 2009 ketika terjadi hujan 90 mm, menewaskan lebih dari 120 orang. Setelah banjir, sekolah-sekolah di kota diliburkan. 

Sementara itu, dua universitas paling terkenal di Saudi, Universitas King Abdulaziz dan Universitas Jeddah, ujian akhir semester pertama ditunda. 

Awal tahun ini di bulan Januari, pengguna media sosial Saudi telah membagikan video tentang hujan salju yang jarang terjadi di wilayah Tabuk setelah penurunan suhu yang tinggi.

Source: https://kabar24.bisnis.com/read/20221225/19/1611972/mekah-diterjang-banjir-bandang-kendaraan-terseret-arus.

 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Banjir
  •   Asuransi Kendaraan Bermotor
  •   Asuransi Rumah/Property All Risk
  •   Dan lainnya

 

  1. PT GNI Tewas Saat Bekerja, WALHI Kecam Tak Ada Sanksi bagi Perusahaan

PALU- Aktivitas operasi pertambangan dan pabrik smelter nikel PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), kembali menelan korban nyawa.

Setidaknya 2 orang dilaporkan meninggal dunia, akibat terjebak di dalam crane di pabrik smelter setelah sebelumnya terjadi ledakan tungku 2 di pabrik smelter tersebut, Kamis (22/12) dinihari.

Korban merupakan karywan PT GNI yang mengoperasikan crane, berdomisili dari Kabupaten Parigi Moutong, tengah menjalani masa training, korban satunya berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan staff senior pengoperasian creen.

“WALHI Sulteng mencatat, aktifitas pertambangan nikel di Kabupaten Morowali Utara telah mendatangkan petaka dan bahaya berkelanjutan bagi masyarakat yang berada di lingkar tambang PT GNI,” kata Kadep Advokasi dan Kampanye Walhi Sulteng, Aulia Hakim dalam keterangan tertulis diterima MAL Online, Sabtu (24/12).

Dalam kaitan keselamatan kerja misalnya, lanjut Aulia, tercatat 6 bulan terakhir sudah 3 kali kejadian kecelakaan kerja di PT GNI, mulai dari operator tertimbun longsor, crew smelter yang jatuh, hingga ledakan tungku smelter terbaru kemarin.

Yaser (41) terseret longsor akibat dipaksa mengoperasikan dozer tanpa lampu penerangan ditengah malam, hingga masuk ke laut dengan kedalaman 26 meter pada 24 Juni 2022.

Alif Farhan (2021) hilang saat bekerja crew tungku 6 smelter 1 PT GNI, ia ditemukan tidak bernyawa setelah jatuh disebelah control tuas mesin horolik, 6 Juli 2022.

Nirwana dan Made Devri hangus terbakar akibat ledakan dari tungku Smelter 2 PT GNI, 22 Desember 2022.

Selain PT GNI juga sering sekali terjadi kecelakaan kerja di dalam kawasan pertambangan nikel ada di Kabupaten Morowali Utara dan juga Kabupaten Morowali. Misalnya saja September 2022 terjadi ledakan smelter di wilayah kerja PT Wangxiang Nickel Indonesia di Kabupaten Morowali menelan korban para karyawan hingga luka-luka.

Ironisnya, meski terus menelan korban, nampaknya pemerintah tak kunjung berani memberikan sanksi tegas terhadap para perusahaan, kejadian yang bukan hanya sekali dua kali terjadi tanpa adanya sanksi tegas adalah bentuk nyata sikap pemerintah tidak memperhatikan dan mementingkan keselamatan nyawa pekerja dan masyarakat diwilayah tambang.

“Walhi Sulteng mengecam keras Gubernur Sulteng dan juga Presiden Jokowi serta Menteri ESDM tidak peduli atas keselamatan pekerja dan masyarakat di wilayah tambang di Sulteng,” protesnya.

Walhi Sulteng mendesak Gubernur dan Presiden Jokowi serta Menteri ESDM segera memberikan sanksi terhadap PT GNI dan juga perusahan-perusahaan telah banyak menelan nyawa para pekerja.

“Apa digaungkan pemerintah dan juga perusahaan terkait teknologi digunakan oleh perusahan-perusahan tambang nikel di morowali sana ternyata hanya akal-akalan saja kepada publik.

“Nyatanya banyak sudah nyawa melayang akibat ketidakefisiennya para pelaku bisnis, serta tidak adanya jaminan keselamatan terhadap pekerja tambang, nyawa seseorang tidak bisa digadaikan ataupun setimpal dengan hasil pengerukan nikel di sana,” tutup Aulia Hakim.

 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Professional Indemnity
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1.         18 Orang Terperangkap Longsoran Tambang Emas di Xinjiang

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Sedikitnya 18 orang pekerja terperangkap di bawah tanah akibat tambang emas di Prefektur Ili, Daerah Otonomi Xinjiang, China, longsor. Kementerian Kegawatdaruratan China (MEM), Senin (26/12/2022) mengirimkan satu tim untuk mengawasi operasi penyelamatan para korban.

Media China melaporkan sebanyak 40 pekerja sedang berada di bawah tanah saat peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (24/12/20222) pukul 13.40 waktu setempat (12.40 WIB) di area tambang emas yang dikelola Western Region Gold Co.

Sebanyak 22 orang berhasil diangkat ke permukaan, sedangkan 18 pekerja lainnya masih dilakukan upaya penyelamatan dengan membuat ventilasi, kata Lu Wei, kepala keamanan Xinjiang Nonferrous Metal Industry Group Co yang menaungi Western Region Gold Co.

Lu mengungkapkan bahwa para petugas mengalami kesulitan besar dalam upaya penyelamatan korban.

“Kondisi terowongan sangat rumit dan bebatuan di sekitar tempat lokasi kecelakaan tidak stabil,” ujarnya.

Otoritas Ili telah berhasil mengidentifikasi para korban yang terjebak di bawah tanah, yang terdiri dari lima warga Provinsi Sichuan dan 13 warga lokal.

Menteri Kegawatdaruratan China Wang Xiangxi meminta timnya, yang terdiri dari para ahli penyelamatan kecelakaan tambang, mengerahkan segala kemampuannya membantu upaya penyelamatan.

“Segala upaya harus dilakukan untuk menyelamatkan mereka yang terjebak,” kata Menteri dikutip China Daily.

Sedikitnya 300 personel penyelamatan dari berbagai level dan 467 unit peralatan penyelamatan telah dikirim ke lokasi kecelakaan tambang yang berlokasi di wilayah barat daya China itu.

Source: https://www.republika.co.id/berita/rnhfou335/18-orang-terperangkap-longsoran-tambang-emas-di-xinjiang 

 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Professional Indemnity
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1.         Anggota TNI dan 2 Anaknya Tewas Tertabrak Kereta di Probolinggo

Kecelakaan sepeda motor tertabrak kereta api di Kota Probolinggo, Jawa Timur. (M Rofiq/detikJatim)

Probolinggo – Sepeda motor Honda Supra 125 bernopol N-4952-PU tertabrak kereta api Tawangalun relasi Banyuwangi-Malang, Jawa Timur. Tiga orang, yang merupakan anggota TNI dan dua anaknya, tewas dalam kejadian itu.

Peristiwa itu terjadi di pelintasan tanpa palang pintu di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, pukul 10.00 WIB, Senin (26/12/2022). Sepeda motor itu terseret lebih dari 1 kilometer.

Sedangkan 3 orang yang menaikinya, yakni seorang laki-laki yang sedang membonceng 2 anaknya yang masih kecil, tewas seketika seusai tabrakan tersebut.

“Sepeda motor ini dari selatan mau ke utara crash (tabrakan) sama kereta api,” kata Junaidi ketika ditemui detikJatim di lokasi kejadian tersebut, seperti dilansir detikJatim.

Korban Adalah Anggota TNI

Pengendara Supra yang yang tertabrak kereta api (KA) itu merupakan anggota TNI yang bertugas di Kodim 0820 Probolinggo. Akibat tertabrak KA Tawangalun relasi Banyuwangi-Malang di pelintasan tanpa palang pintu korban bersama 2 anaknya tewas seketika.

Kecelakaan sepeda motor tertabrak KA hingga terseret 1 kilometer itu terjadi di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan. Korban yang hendak melintasi rel dari arah Terminal Bayuangga menuju Pantai Takad tidak melihat kereta yang datang dari sebelah kanan.

Korban diketahui bernama Kopda Ainur Rosyid. Komandan Kodim (Dandim) 0820 Probolinggo membenarkan bahwa korban tewas tertabrak KA itu merupakan anggotanya. Untuk itu, ia menyampaikan duka cita.

“Kami turut berduka atas meninggalnya anggota kami yang bersama 2 putranya akibat kecelakaan tertabrak kereta api,” kata Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arhanud Arip Budi Cahyono, Senin (26/12).

Source: https://news.detik.com/berita/d-6481420/anggota-tni-dan-2-anaknya-tewas-tertabrak-kereta-di-probolinggo

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Kendaraan Motor
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1.         Pesawat Jatuh di Pantai California AS, Tewaskan Mantan Wali Kota 

SANTA MONICA, KOMPAS.com – Kecelakaan pesawat terjadi di pantai Santa Monica, California, Amerika Serikat (AS), yang menewaskan satu orang dan sedang diselidiki oleh otoritas setempat pada Jumat (23/12/2022). 

Rekaman video menunjukkan pesawat Cessna 150 menghantam hamparan pasir dengan keras pada Kamis (22/12/2022) lalu terbalik. Lokasi pesawat jatuh hanya beberapa meter dari dermaga Santa Monica yang terkenal di dunia, dan merupakan tempat wisata populer. 

Para pengunjung pantai hanya bisa melihat tanpa daya saat pilot tampak mencoba mendarat di pasir tepi air, tetapi pesawat ringan itu terbalik ketika menabrak ombak. Dikutip dari kantor berita AFP, para pekerja darurat lalu bergegas menyelamatkan pilot dan penumpang. 

Penumpang berusia 95 tahun bernama Rex Minter yang pernah menjadi Wali Kota Santa Monica pada 1960-an, tewas dalam kecelakaan itu. Sejauh ini belum ada informasi yang tentang kondisi pilot. 

Juru bicara Badan Penerbangan Federal AS Ian Gregor mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan. “Pilot melaporkan masalah mesin setelah berangkat dari Bandara Santa Monica,” katanya. 

Saksi mata bernama Josh Feenberg berujar, dia dan satu temannya berada di pantai ketika pesawat itu jatuh. “Teman saya melihat pesawat terbang sangat rendah dan (dia) bingung,” ucap Feenberg kepada ABC 7. 

“Kemudian kami melihatnya terbang ke sana dan kami pikir pendaratannya akan mulus, tetapi menabrak air dan terbalik. Itu cukup menakutkan.” Hamparan pasir alami Santa Monica dan tepi lautnya yang terbuka lebar banyak dikunjungi penduduk lokal dan turis saat musim panas.

Source: https://www.kompas.com/global/read/2022/12/24/140200570/pesawat-jatuh-di-pantai-california-as-tewaskan-mantan-wali-kota

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Professional Indemnity
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.


MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Yes...
You are WITH the right expert to get the best insurance in Indonesia
Contact Us NOW!
or
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB Insurance Expert with 40 years of experience
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Contact Us NOW!
You are WITH the right expert to get the best insurance in Indonesia
Yes...