General Insurance

11 Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Semoga bisnis Anda berjalan dengan baik.

Kali ini kita akan membahas perlunya memilih perusahaan asuransi terbaik untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perlindungan yang terbaik.

Perlu Anda ketahui bahwa di Indonesia, ada 77 perusahaan asuransi umum sementara Anda mungkin hanya membutuhkan 1 atau 3 perusahaan saja. Lalu bagaimana cara memilih yang terbaik?

Memilih perusahaan asuransi dan polis sulit karena ini bukanlah sesuatu yang kita gunakan sehari-hari. 

Pertama, ada beberapa istilah yang tidak dikenal seperti  kata-kata seperti pengecualian, dukungan, dan premi pasti akan mengirim Anda berlari ke Google dan definisi yang mungkin Anda temukan di sana memberikan sedikit pencerahan.

Jika Anda tidak bekerja langsung di bidang asuransi, kemungkinan besar Anda tidak tahu banyak tentang hal itu. Kurangnya pengetahuan tentang hal ini dapat membuat jaminan asuransi terbatas dan biaya premi yang berlebihan. 

Kedua, polis asuransi apa yang harus Anda beli dan dengan siapa? Ada banyak jenis polis asuransi seperti motor, rumah, dan kehidupan, untuk beberapa nama, dan beberapa kelas bahkan memiliki batas perlindungan yang berbeda-beda. 

Namun, itu tidak harus acak. Ada beberapa faktor dasar yang harus Anda cari ketika memilih perusahaan asuransi.

Sebagai broker asuransi yang berpengalaman kali ini kami ingin membagikan kepada Anda beberapa hal penting untuk dipertimbangkan saat memilih penyedia asuransi. Memiliki polis asuransi yang berkualitas dengan perusahaan asuransi yang berkualitas merupakan bagian penting dari kehidupan.

Berikut ini 11 tips yang berguna untuk Anda:

  1. Periksa Sejarah Perusahaan 

Sebelum Anda membuat pilihan akhir itu, lakukan riset, dan pelajari tentang reputasi dan sejarah perusahaan asuransi. Informasi ini juga dapat memberi Anda wawasan berharga tentang karakter mereka. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

    • Bagaimana mereka berkontribusi pada komunitas mereka
    • Lamanya waktu dalam bisnis
    • Jenis ulasan yang mereka terima
  1. Jaminan

Beberapa catatan pengalaman telah ditulis tentang bagaimana perusahaan asuransi mencoba untuk menghindari membayar klaim, tetapi temanya konsisten: jika perusahaan asuransi Anda tidak membayar, itu hanya masalah uang. Dengan demikian perusahaan asuransi itu telah mengembangkan sesuatu yang reputasi buruk. 

Salah satu masalah paling konsisten yang dimiliki konsumen dengan perusahaan asuransi adalah bahwa mereka mengajukan klaim kerugian akan tetapi mereka menolaknya. Jumlah permainan yang dimainkan perusahaan asuransi dalam hal ini berada di luar cakupan artikel ini, atau apa pun. 

  1. Harga dan Premium 

Harga itu penting, dan sementara Anda mungkin ingin memilih dengan harga murah, berhati-hatilah agar Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. 

Harga bervariasi di antara perusahaan asuransi. Premi yang lebih rendah mungkin menarik, tetapi mungkin juga menunjukkan bahwa Anda mendapatkan cakupan yang lebih sedikit dan terbatas dan layanan yang tidak memadai. Namun, premi yang lebih tinggi menawarkan jaminan yang lebih komprehensif dengan perusahaan yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Ingat, biaya juga dapat terkait langsung dengan evaluasi risiko dan keadaan spesifik Anda.

Pilih perusahaan yang menyediakan jaminan  yang sesuai untuk semua kebutuhan Anda. Bersikaplah spesifik, tanyakan apa yang tercakup dan untuk penjelasan tentang ‘pengecualian’ sebelum Anda menandatangani pada garis putus-putus. Ini akan mencegah kekecewaan jika Anda harus mengajukan klaim atas polis Anda.

Pertanyaan paling penting untuk ditanyakan tentang perusahaan asuransi adalah sederhana. Anda akan melakukan pembayaran tepat waktu dan penuh. Akankah mereka?

Ini bisa dibilang pertanyaan paling penting ketika memilih perusahaan asuransi.

Ini mencerminkan kekuatan finansial. Ketika Anda memilih penyedia asuransi, Anda ingin yakin bahwa ketika saatnya tiba bagi Anda untuk mengajukan klaim, mereka dapat menghormatinya secepat mungkin. 

Mereka menetapkan tarif berdasarkan risiko yang mereka rasa Anda hadapi. Anda membayar tarif itu secara teratur, dan sebagai gantinya, perusahaan asuransi berjanji untuk menutupi kerugian Anda jika terjadi sesuatu. 

  1. Penawaran dan Diskon

Sekarang setelah Anda meninjau harganya, apakah perusahaan asuransi fleksibel dengan menawarkan paket pembayaran? Kami telah mengidentifikasi bahwa asuransi sangat penting, tetapi biayanya bisa menjadi penghalang bagi sebagian orang, terutama jika pembayaran penuh diperlukan di muka. 

Jadi, ketika Anda berbelanja untuk perusahaan asuransi Anda, Anda dapat bertanya apa syarat pembayarannya. Juga, apa saja diskon, seperti bonus tanpa klaim, yang ditawarkan jika Anda seorang pengemudi yang baik, misalnya?

  1. Kemudahan berbisnis

Seberapa mudah berbisnis dengan penyedia asuransi Anda? Apakah mereka tersedia untuk Anda saat Anda sangat membutuhkannya? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan: 

    • Access to policy information 
    • Hours of availability 
    • Knowledgeable staff
    • Online chat
    • Online claim reporting
  1. Referensi/Referensi 

Jika sebuah perusahaan asuransi sangat direkomendasikan oleh kliennya, itu akan menunjukkan apakah itu adalah pilihan yang baik. Bicaralah dengan pemegang polis tentang pengalaman mereka atau lihat situs web atau halaman media sosial mereka untuk membaca ulasan yang jujur.

  1. Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan sangat penting; itu dapat membuat atau menghancurkan perusahaan. Apakah perusahaan asuransi Anda memiliki perwakilan layanan pelanggan untuk memberikan informasi tentang layanan atau bantuan dalam situasi di mana pelanggan membutuhkan sentuhan pribadi itu? 

Ketika Anda membutuhkan seseorang untuk memandu Anda melalui proses deductible, klaim, atau memperbarui polis, ada baiknya mengetahui seseorang dapat diakses. Perwakilan dengan informasi hanya berjarak satu panggilan atau email, terutama ketika Anda membutuhkan informasi itu dengan cepat.

  1. Kemampuan Digital

Teknologi digital membuat berbisnis dari jarak jauh jauh jauh lebih mudah. Ini menyajikan opsi untuk melakukan pembayaran dan menyerahkan dokumen dari kenyamanan rumah, kantor, atau di jalan Anda. 

Apakah perusahaan yang Anda pertimbangkan memberikan kenyamanan dalam mengajukan klaim, membayar polis Anda, atau memiliki pertanyaan yang dijawab dengan beberapa klik pada keyboard?

Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Asuransi sangat penting di berbagai bagian kehidupan. Mungkin juga sulit ditemukan. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diwaspadai.

  1. Periksa Layanan Pelanggan Mereka

Hubungi saluran layanan pelanggan mereka beberapa kali sebelum membuat komitmen.

Pastikan Anda dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang jelas dan berkomitmen dari perwakilan layanan pelanggan perusahaan asuransi. Tanyakan apakah mereka bersedia menindaklanjuti melalui email dan perhatikan apakah mereka menolak untuk menulis sesuatu. 

Periksa berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan perwakilan di telepon, dan apakah mereka akan melakukan percakapan nyata atau mencoba membuat Anda terburu-buru.

Tidak mungkin Anda akan pernah sepenuhnya memahami polis asuransi hanya dengan membaca kontrak (dan cetakan kecilnya). Layanan pelanggan akan sangat penting.

  1. Bisakah Mereka Membayar Tagihan Mereka?

Perusahaan asuransi besar jarang memiliki masalah dalam menutupi klaim mereka. Jika Anda membeli dari perusahaan asuransi yang kuat, Anda dapat relatif yakin bahwa mereka akan memiliki uang ketika Anda meminta mereka untuk membayar tagihan. Mereka mungkin memilih untuk tidak melakukannya, tetapi itu adalah masalah yang terpisah.

Namun, dengan perusahaan yang lebih kecil, ini adalah masalah yang lebih besar.

Jika Anda membeli asuransi dari perusahaan lokal, pastikan mereka memiliki kekuatan finansial untuk membayar klaim saat Anda mengajukannya. 

Pialang Asuransi memiliki daftar perusahaan yang sangat baik yang menilai solvabilitas perusahaan asuransi selain itu (Perusahaan seperti A.M. Best dan Fitch melacak keuangan perusahaan asuransi, memberi peringkat pada kemampuan mereka untuk membayar klaim ketika konsumen mereka membutuhkannya.)

Belanja dengan hati-hati. Sangat mudah bagi konsumen untuk percaya bahwa produk asuransi sebagian besar datar di seluruh perusahaan, tetapi kenyataannya adalah bahwa masing-masing mengevaluasi risiko secara berbeda. Ini berarti bahwa setiap perusahaan akan menawarkan kepada Anda campuran yang berbeda dari pertanggungan, harga, dan pengeluaran di luar kantong berdasarkan keadaan pribadi Anda.

  1. Mengapa Anda membutuhkan broker asuransi untuk mendapatkan perusahaan asuransi terbaik?

Broker asuransi bertindak sebagai perantara antara Anda dan perusahaan asuransi. Berbekal latar belakang Anda dan pengetahuan asuransi mereka, mereka dapat menemukan polis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang wajar.

Sementara broker dapat menghemat waktu dan uang Anda, Anda mungkin harus membayar biaya broker untuk layanan mereka.

  1. Kapan menggunakan broker asuransi

Broker biasanya paling cocok untuk orang yang memiliki kebutuhan asuransi yang lebih rumit, seperti pemilik perusahaan yang membutuhkan beberapa polis.

Broker asuransi untuk menunjukkan bahwa mereka telah mempertimbangkan dengan cermat perusahaan asuransi yang dengannya mereka menempatkan bisnis pelanggan mereka.

Uji tuntas yang sesuai adalah bagian penting dari proses yang diharapkan dilakukan oleh broker asuransi pada perusahaan asuransi yang mereka gunakan.  

Perhatian utama broker asuransi adalah risiko terhadap pelanggan jika perusahaan asuransi gagal dan tidak dapat membayar klaim.

Pialang asuransi memiliki peran penting dalam memilih perusahaan asuransi untuk Anda.

Pelanggan melihat broker sebagai penasihat profesional terpercaya dan ahli dalam masalah asuransi. Kami mengharapkan broker untuk dapat menunjukkan bahwa uji tuntas yang sesuai telah dilakukan pada perusahaan asuransi yang mereka tempatkan bisnis pelanggan mereka.

Berikut adalah beberapa contoh tentang apa yang harus dipertimbangkan broker sebagai bagian dari uji tuntas perusahaan asuransi mereka:

Laporan Solvabilitas dan Kondisi Keuangan Perusahaan Asuransi: Angka dan indikator utama adalah persentase pertanggungan solvabilitas.

Dengan adanya broker asuransi, Anda merasa nyaman bahwa Anda menempatkan bisnis pelanggan Anda dengan perusahaan asuransi di mana Anda akan senang menjadi pemegang polis.

Salah satu broker berpengalaman di Indonesia dalam memilih asuransi terbaik untuk Anda adalah L&G Insurance Broker

Call L&G sekarang!

Sources:


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!