Asuransi Liability

Kenapa Public Liability Insurance Semakin Dibutuhkan?

Liga AsuransiSidang pembaca yang mulia apa kabar? Semoga bisnis Anda semakin maju dan sukses….

Mari kita lanjutkan diskusi kita tentang Manajemen Risiko dan Asuransi, kali ini kita membahas tentang Public Liability insurance atau asuransi tanggung jawab hukum  terhadap pihak ketiga.

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang semakin sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan cedera, cacat, meninggal dunia dan juga kerusakan barang. 

Sayangnya kecelakaan itu bisa terjadi disebabkan oleh pihak ketiga atau dengan kata lain pihak yang tidak ada hubungannya dengan korban atau dengan perusahaan. Akibatnya perusahaan Anda akan menghadapi klaim / tuntutan dari korban untuk bertanggung jawab atas kesalahan dan kelalaiannya yang telah menyebabkan terjadinya kecelakaan tersebut.

Nah, sebagai broker dan konsultan asuransi kami ingin membahas lebih lanjut tentang masalah ini agar Anda semakin paham dan mengambil tindakan yang tepat.

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini  silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Kecelakaan Dapat Terjadi Kapan dan Dimana Saja

Jika kecelakaan terjadi di tempat Anda, atau di lokasi proyek Anda, apakah Anda memiliki perlindungan yang memadai terhadap klaim?

Tapi jika Anda mempunyai Public Liability Insurance dapat membantu melindungi bisnis Anda dari yang tidak diinginkan dan tidak terduga.

Public liability adalah kewajiban perawatan yang dimiliki oleh pelaku usaha atau pemilik properti kepada publik. Dan bisnis mungkin bertanggung jawab atas cedera apa pun yang diderita seseorang di properti mereka atau karena operasi bisnis sehari-hari. 

Lindungi bisnis Anda dengan Public Liability Insurance

Polis asuransi Public Liability biasanya mencakup siapa pun yang berinteraksi dengan Anda sebagai bagian dari bisnis Anda, kecuali untuk karyawan. 

Terlepas dari apakah Anda memiliki kewajiban hukum untuk mengadakan Public Liability Insurance kebijakan atau tidak, banyak industri dan bisnis memiliki beberapa bentuk perlindungan kewajiban, terutama yang ada di sektor perdagangan, konstruksi, dan ritel, karena interaksi mereka yang meningkat dengan anggota masyarakat.

Public Liability Insurance dapat berguna untuk bisnis apa pun yang berinteraksi dengan publik, baik secara langsung maupun tidak langsung, termasuk subkontraktor dan pedagang tunggal. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan tanggung jawab publik atas:

  • Tradies
  • Retailers
  • Professionals
  • Café owners and restaurateurs.

Mungkin juga bermanfaat bagi bisnis jika mereka ingin mengambil lebih banyak pekerjaan dan kontrak yang lebih besar dari organisasi pemerintah dan publik. Tanpa itu, bisnis mungkin berisiko kehilangan kontrak yang menguntungkan – karena terkadang klien memerlukan bukti asuransi.

Apa yang terjadi jika Anda tidak memiliki Public Liability Insurance?

Sebagai pemilik bisnis atau kontraktor, Anda akan memiliki banyak tanggung jawab yang berbeda dan mudah untuk mengesampingkan kewajiban tanggung jawab publik Anda. 

Namun, jika kecelakaan memang terjadi di tempat kerja Anda, dan Anda tidak siap, Anda mungkin dikenakan biaya yang signifikan. 

Mungkin hanya perlu satu kecelakaan kecil dan klaim, dan Anda bisa secara signifikan keluar dari saku. Ketika yang terburuk terjadi, Anda ingin tahu bahwa Anda tertutup, bukan hanya berpikir Anda.

Apa itu Liability Insurance?

Istilah asuransi tanggung jawab mengacu pada produk asuransi yang memberikan perlindungan kepada pihak tertanggung terhadap klaim yang diakibatkan oleh cedera dan kerusakan pada orang atau properti lain. 

Polis asuransi kewajiban mencakup biaya hukum dan pembayaran yang menjadi tanggung jawab pihak tertanggung jika terbukti bertanggung jawab secara hukum. 

Singkatnya:

  1. Asuransi tanggung jawab mencakup biaya hukum dan pembayaran di mana pihak yang diasuransikan akan bertanggung jawab.
  2. Asuransi tanggung jawab sering diperlukan untuk polis asuransi otomotif, produsen produk, dan siapa saja yang mempraktikkan kedokteran atau hukum.
  3. Asuransi kewajiban memberikan perlindungan terhadap klaim yang diakibatkan oleh cedera dan kerusakan pada orang dan/atau properti.
  4. Tanggung jawab pribadi, kompensasi pekerja, dan tanggung jawab komersial adalah jenis asuransi kewajiban.
  5. Ketentuan yang tidak tercakup termasuk Kerusakan yang disengaja, kewajiban kontraktual, dan penuntutan pidana.

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Liability Insurance?

Liability insurance sangat penting bagi mereka yang bertanggung jawab dan bersalah atas cedera yang diderita oleh orang lain atau jika pihak yang diasuransikan merusak properti orang lain. 

As such, liability insurance juga disebut asuransi pihak ketiga. Asuransi tanggung jawab tidak mencakup tindakan yang disengaja atau pidana bahkan jika pihak yang diasuransikan dinyatakan bertanggung jawab secara hukum. 

Produsen produk dapat membeli product liability insurance untuk menutupinya jika suatu produk rusak dan menyebabkan kerusakan pada pembeli atau pihak ketiga lainnya. 

Pemilik bisnis dapat membeli liability insurance yang mencakup mereka jika seorang karyawan terluka selama operasi bisnis. 

Keputusan yang dibuat dokter dan ahli bedah saat bekerja juga memerlukan polis asuransi kewajiban.

Pertimbangan Khusus

Biaya polis asuransi tambahan tidak menarik bagi semua orang, meskipun sebagian besar operator menawarkan tarif yang lebih rendah untuk paket pertanggungan yang dibundel. 

Personal liability insurance dianggap sebagai polis sekunder dan mungkin mengharuskan pemegang polis untuk membawa batasan tertentu pada kebijakan rumah dan mobil mereka, yang dapat mengakibatkan biaya tambahan.

Walaupun commercial general liability insurance melindungi dari sebagian besar kerepotan hukum, itu tidak melindungi direktur dan pejabat dari dituntut, dan itu tidak melindungi tertanggung dari kesalahan dan kelalaian. Perusahaan memerlukan kebijakan khusus untuk kasus-kasus ini termasuk:

Errors and Omissions Liability Insurance (E&O) 

Errors and Omissions liability insurance kebijakan mencakup tuntutan hukum yang timbul dari layanan profesional yang lalai atau gagal melakukan tugas profesional. 

Polis asuransi E&O tidak mencakup penuntutan pidana, tindakan penipuan atau tidak jujur, atau klaim terhadap cedera tubuh. Namun, tertanggung dilindungi untuk biaya pengacara, biaya pengadilan, dan penyelesaian apapun hingga jumlah yang ditentukan oleh kontrak asuransi.

Pengacara, akuntan, arsitek, insinyur, atau bisnis apa pun yang menyediakan layanan kepada klien dengan biaya tertentu harus membeli bentuk asuransi ini. 

Directors and Officers (D&O) Insurance 

Jenis kebijakan ini melindungi direktur dan pejabat perusahaan besar terhadap penilaian dan biaya hukum yang timbul dari tindakan yang melanggar hukum, keputusan investasi yang salah, kegagalan untuk memelihara properti, merilis informasi rahasia, keputusan perekrutan, dan pemecatan, konflik kepentingan, kelalaian besar, dan kesalahan lainnya. 

Jenis-Jenis Liability Insurance

Pemilik bisnis dihadapkan pada berbagai kewajiban, yang salah satunya dapat membuat aset mereka dikenakan klaim substansial. Semua pemilik bisnis harus memiliki rencana perlindungan aset yang dibangun di sekitar pertanggungan asuransi kewajiban yang tersedia.

Jenis Utama Dari liability insurance:

Employer’s liability and workers’ compensation

Employer’s liability and workers’ compensation adalah pertanggungan wajib bagi pemberi kerja yang melindungi bisnis dari kewajiban yang timbul dari cedera atau kematian karyawan.

Product liability insurance

Product liability insurance adalah untuk bisnis yang memproduksi produk untuk dijual di pasar umum. Asuransi pertanggungjawaban produk melindungi dari tuntutan hukum yang timbul dari cedera atau kematian yang disebabkan oleh produk mereka.

Indemnity insurance

Indemnity insurance memberikan perlindungan untuk melindungi bisnis dari klaim kelalaian karena kerugian finansial yang diakibatkan oleh kesalahan atau kegagalan untuk melakukan.

Director and officer liability

Director and officer liability pertanggungan mencakup dewan direksi atau pejabat perusahaan terhadap tanggung jawab jika perusahaan harus dituntut. 

Beberapa perusahaan memberikan perlindungan tambahan kepada tim eksekutif mereka meskipun perusahaan umumnya memberikan beberapa tingkat perlindungan pribadi kepada karyawan mereka.

Umbrella liability

Umbrella liability adalah kebijakan tanggung jawab pribadi yang dirancang untuk melindungi dari kerugian besar. Pertanggungan umumnya dimulai ketika batas kewajiban asuransi lain tercapai.

Polis asuransi payung adalah pertanggungan asuransi kewajiban tambahan yang dibeli dan melampaui batas dolar dari asuransi pemilik rumah, mobil, atau kendaraan air yang ada dari tertanggung. 

Commercial Liability

Commercial liability insurance adalah kebijakan tanggung jawab umum komersial standar yang juga dikenal sebagai comprehensive general liability insurance. 

Ini memberikan perlindungan asuransi untuk tuntutan hukum yang timbul dari cedera pada karyawan dan publik, kerusakan properti yang disebabkan oleh seorang karyawan, serta cedera yang diderita oleh tindakan lalai karyawan. 

Comprehensive general liability (CGL)

Comprehensive general liability policies dibuat khusus untuk bisnis kecil atau besar, kemitraan atau bisnis usaha patungan, perusahaan atau asosiasi, organisasi, atau bahkan bisnis yang baru diakuisisi. 

How Does Personal Liability Insurance Differ from Business Liability Insurance?

Personal liability insurance melindungi individu terhadap klaim yang diakibatkan oleh cedera atau kerusakan pada orang lain atau properti yang dialami pada properti tertanggung atau karena tindakan tertanggung. 

Business liability insurance sebaliknya melindungi kepentingan keuangan perusahaan dan pemilik bisnis dari tuntutan hukum atau kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan serupa tetapi juga meluas ke cacat produk, penarikan kembali, dan sebagainya.

Kapan Liability Insurance Needed?

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin bertanya-tanya, “Berapa banyak asuransi kewajiban yang saya butuhkan?” Asuransi tanggung jawab umum adalah pertanggungan penting yang dibutuhkan banyak bisnis karena membantu melindungi mereka dari tuntutan hukum dan risiko tertentu yang dapat muncul selama operasi normal.

Pertanggungan ini, juga dikenal sebagai asuransi tanggung jawab umum komersial atau asuransi tanggung jawab bisnis, membantu menutupi klaim yang disebabkan oleh bisnis Anda:

  1. Cedera tubuh, seperti pelanggan terluka setelah terpeleset dan jatuh di toko Anda
  2. Kerusakan properti pada barang-barang orang lain
  3. Cedera pribadi, seperti fitnah atau fitnah

Jika Anda tidak memiliki pertanggungan asuransi kewajiban, Anda berisiko harus membayar klaim semacam ini dari kantong. Tuntutan hukum dapat membuat Anda gulung tikar, yang menyoroti pentingnya asuransi kewajiban untuk bisnis Anda. Ini dapat membantu melindungi Anda sehingga Anda dapat fokus menjalankan bisnis yang sukses.

Sebagian besar bisnis membutuhkan cakupan tanggung jawab umum. Terkadang, bisnis atau organisasi lain mengharuskan bisnis Anda untuk memiliki asuransi ini. Ini dapat mencakup saat bisnis Anda:

  1. Berlaku untuk lisensi profesional
  2. Berapa Banyak Asuransi Kewajiban yang Saya Butuhkan?
  3. Menyewakan ruang kantor
  4. Menandatangani kontrak dengan perusahaan atau klien lain

Berapa Besar Nilai liability insurance Yang Anda Butuhkan?

Anda dapat menggunakan beberapa pertanyaan kunci untuk membantu menentukan berapa banyak asuransi kewajiban yang dibutuhkan bisnis Anda. Ini termasuk:

  1. Berapa banyak karyawan yang Anda miliki?
  2. Apakah pertanggungan kewajiban diperlukan?
  3. Apa persyaratan negara bagian Anda untuk asuransi?
  4. Apa yang Diperlukan dari Bisnis yang Berlaku untuk Asuransi Kewajiban?
  5. Jenis bisnis apa yang Anda miliki?
  6. Jenis pertanggungan apa yang penting untuk polis asuransi kewajiban Anda?
  7. Di mana bisnis Anda berada?

Ketika Anda mendapatkan asuransi kewajiban, perusahaan asuransi akan meminta informasi tertentu, seperti:

  1. Jenis bisnis
  2. Tahun beroperasi
  3. Polis asuransi sebelumnya atau yang sudah ada

Perusahaan asuransi menggunakan informasi ini untuk memeriksa jumlah risiko yang dihadapi bisnis Anda. Mereka akan menganalisis riwayat klaim asuransi Anda dan jenis bisnis yang Anda jalankan. 

Resiko Apa yang Biasanya Tidak Dijamin oleh Liability Insurance?

Asuransi tanggung jawab bisnis Anda tidak mencakup setiap jenis klaim. Anda memerlukan jenis asuransi lain untuk membantu menutupi klaim:

Cedera atau penyakit terkait pekerjaan yang diperoleh karyawan Anda dari pekerjaan mereka. Asuransi kompensasi pekerja dapat membantu membayar tagihan medis karyawan Anda dan memberi mereka manfaat lain untuk membantu mereka pulih dari cedera atau penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kerusakan properti pada kendaraan bisnis yang diderita dalam kecelakaan. Anda memerlukan polis asuransi mobil komersial untuk membantu menutupi kerusakan ini. Ketahuilah bahwa undang-undang berbeda di setiap negara bagian, dan Anda mungkin harus membawa sejumlah tanggung jawab cedera tubuh, pertanggungan tanggung jawab kerusakan properti, dan perlindungan cedera pribadi (PIP).

Klaim terkait pekerjaan seperti pelecehan seksual, diskriminasi, atau pemutusan hubungan kerja yang salah. Asuransi kewajiban praktik ketenagakerjaan dapat membantu menutupi biaya Anda untuk menyelesaikan klaim semacam ini.

Kesalahan dalam layanan profesional yang diberikan kepada pelanggan. Untuk membantu menutupi klaim semacam ini, Anda memerlukan asuransi tanggung jawab profesional.

Polis-polis lain ini dapat membantu Anda menciptakan pertanggungan asuransi yang komprehensif untuk perusahaan Anda.

Bagaimana Cara mendapatkan Liability insurance?

Di Indonesia, untuk mendapatkan asuransi Asuransi Liability insurance tidaklah mudah karena tidak banyak perusahaan asuransi yang dapat menyediakan asuransi jenis ini.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan broker asuransi profesional yang memiliki akses ke sejumlah perusahaan asuransi. 

Broker juga mampu merancang syarat dan ketentuan asuransi yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda dan menyesuaikannya dengan premi asuransi yang kompetitif.

Salah satu perusahaan broker asuransi terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, silakan hubungi L&G sekarang!

 

https://www.investopedia.com/terms/l/liability_insurance.asp#:~:text=Liability%20insurance%20provides%20protection%20against,contractual%20liabilities%2C%20and%20criminal%20prosecution.

https://www.thehartford.com/general-liability-insurance/when-liability-insurance-needed

 


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!