Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal – November Minggu Ke 5

top Accident

Liga Asuransi – Pembaca yang kami hormati, bagaimana kabar Anda dan Bisnis Anda? Semoga dalam keadaan baik dan bisnis Anda pun berjalan baik dan semakin maju. Tanpa kita sadari sudah banyak berbagai peristiwa yang telah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia

Pada artikel ini, kami akan memberikan kepada Anda 7 Pilihan peristiwa dari dalam Negeri dan mancanegara. Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

  1. Longsor di Pulau Ischia Italia Telan Korban Jiwa, Ini 5 Hal yang Diketahui

Jakarta – Longsor di Pulau Ischia, Italia terjadi sejak Sabtu (26/11/2022) pagi waktu setempat. Bencana longsor tersebut dilaporkan menimbulkan korban jiwa serta menghancurkan sejumlah bangunan.

Lalu, apa penyebab longsor di Pulau Ischia? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Awal Mula Longsor di Pulau Ischia

Dilansir AP, hujan deras menyebabkan tanah longsor di kota kecil Casamicciola Terme, Pulau Ischia, Italia Selatan. Belasan orang dilaporkan hilang, mobil hanyut, serta banyak bangunan rusak akibat bencana longsor tersebut.

Tak hanya itu, proses evakuasi pun terhambat karena hujan dan angin kencang. Kapal feri yang membawa bantuan dari daratan pun ikut tertunda.

Penyebab Longsor Pulau Ischia

Longsor di Pulau Ischia disebabkan oleh hujan deras 126 milimeter (hampir lima inci) dalam waktu enam jam. Pemerintah setempat mengatakan bahwa itu adalah curah hujan terberat dalam waktu 20 tahun.

Korban Longsor di Pulau Ischia: 3 Tewas, 12 Orang Hilang

Hingga Senin (28/11/2022), sebanyak tiga orang tewas dan 12 orang hilang akibat longsor di Pulau Ischia. Beberapa dari mereka yang dilaporkan hilang sebelumnya kemudian ditemukan selamat, termasuk satu keluarga dengan bayi yang baru lahir.

“Korban pertama dipastikan adalah seorang wanita yang ditemukan tim penyelamat,” menurut prefek Napoli, Claudio Palomba, dikutip detikcom, Senin (28/11/2022).

Dilansir Reuters, Senin (28/11/2022), petugas penyelamat terus melakukan pencarian di sekitar perairan di lepas pelabuhan Casamicciola. Jumlah masyarakat yang juga terdampak longsor Pulau Ischia adalah:

  •   100 orang terlantar tanpa air
  •   70 orang ditempatkan di gimnasium komunitas

Kerusakan Usai Longsor di Pulau Ischia

Selain korban jiwa, longsor di Pulau Ischia juga menimbulkan berbagai kerusakan. Dikutip dari AP, berikut datanya.

  •   Sejumlah mobil dan motor tersapu ke lautan
  •   Bangunan hancur
  •   Jalanan rusak tidak bisa dilewati.

Upaya Pemerintah Tangani Longsor

Pemerintah sayap kanan baru Italia yang dipimpin oleh Giorgia Meloni mengadakan rapat kabinet, Minggu (27/11/2022). Dari rapat tersebut, menghasilkan keputusan yang bertujuan memberikan bantuan cepat kepada para korban longsor di Pulau Ischia, termasuk 167 orang yang dievakuasi. Paket bantuan awal sebesar 2 juta euro.

Source:  https://news.detik.com/internasional/d-6430390/longsor-di-pulau-ischia-italia-telan-korban-jiwa-ini-5-hal-yang-diketahui.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Gempa Bumi
  •   Asuransi Property All Risk
  •   Asuransi Mobil
  •   Dan lainnya

 

  1. Rumah Senilai Rp 500 Juta di Bekasi Habis Dilalap Api, Diduga akibat Korsleting

BEKASI, KOMPAS.com – Satu unit rumah senilai kurang lebih Rp 500 juta di Jalan Kemandoran Raya, RT 001 RW 003, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, habis dilalap api pada Minggu (27/11/2022) malam. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Aceng Solahudin menjelaskan, api diduga berasal dari korsleting.

“Kami mendapat laporan dari warga yang melihat adanya kebakaran di rumah tinggal milik Tanih (60),” jelas Aceng dikutip dari keterangannya, Senin (28/11/2022).

Ia menuturkan, pihak pemadam kebakaran mendapat laporan dari warga pukul 20.03 WIB. Petugas yang mendapat laporan langsung terjun ke lokasi dan tiba sekitar pukul 20.15 WIB.

“Total ada lima unit mobil pemadam yang kami kerahkan ke lokasi untuk proses pemadaman api,” tutur Aceng. Setelah petugas berjibaku selama kurang lebih satu jam, api pun berhasil dipadamkan. 

Aceng memastikan tidak ada korban luka atau korban jiwa dalam musibah yang melalap habis bangunan seluas 80 meter persegi tersebut.

 

Source:  https://megapolitan.kompas.com/read/2022/11/28/11235651/rumah-senilai-rp-500-juta-di-bekasi-habis-dilalap-api-diduga-akibat.

 

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Rumah
  •   Asuransi Property All Risk
  •   Asuransi Kebakaran
  •   Dan lainnya

 

  1. Pesawat Ini Tersangkut Kabel Listrik Tegangan Tinggi, 2 Orang Terperangkap

WASHINGTON – Sebuah pesawat kecil menabrak dan tersangkut kabel listrik bertegangan tinggi sekitar 30 mil sebelah utara Washington, D.C., Amerika Serikat (AS) , pada hari Minggu. 

Dua orang yang menaiki pesawat ditemukan masih selamat, namun terperangkap di dalam pesawat tersebut. 

Insiden itu menyebabkan pemadaman listrik massal, di mana layanan penyelamat bekerja hingga malam hari untuk menyelamatkan dua orang di dalam pesawat. 

Pesawat tersebut menabrak kabel listrik sekitar pukul 17.30 dalam kondisi berkabut dan basah di Montgomery Village, Maryland. Demikian disampaikan Layanan Pemadam Kebakarandan Penyelamatan Montgomery County. 

Pesawat terperangkap dalam kabel listrik yang masih aktif pada ketinggian sekitar 100 kaki dari tanah.

Pepco, perusahaan utilitas wilayah Washington, mengatakan kecelakaan itu menyebabkan pemadaman listrik terhadap lebih dari 120.000 pelanggan. Jalan juga ditutup dan banyak lampu lalu lintas di wilayah setempat padam. 

Petugas pemadam kebakaran mengatakan dua orang di dalam pesawat masih hidup tetapi terperangkap di dalam pesawat. 

Scott Goldstein, Kepala Pemadam Kebakaran Montgomery County, mengatakan petugas penyelamat melakukan kontak dengan kedua orang yang berada di dalam pesawat tanpa merinci kondisi mereka.

“Tidak ada cara lain untuk menentukan apakah aman untuk mengakses menara sampai di-ground-kan, yang berarti kru harus naik sendiri ke kabel untuk memasang klem dan kabel-ke-kabel untuk memastikan tidak ada listrik statis,” kata Goldstein kepada wartawan, seperti dikutip Reuters, Senin (28/11/2022). 

Goldstein mengatakan pesawat itu juga perlu diamankan ke menara listrik sebelum penumpangnya bisa dipindahkan. Dia mengatakan derek yang luar biasa besar yang disediakan oleh perusahaan lokal ada di lokasi, selain spesialis menara listrik yang akan menangani trukbucket menara besar. Menurut Federal Aviation Administration (FAA), pesawat Mooney M20J itu terbang dari Westchester, New York, dan dijadwalkan mendarat di Montgomery Airpark, dekat lokasi kecelakaan.

Source: https://international.sindonews.com/read/953971/42/pesawat-ini-tersangkut-kabel-listrik-tegangan-tinggi-2-orang-terperangkap-1669615884

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •     Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Jiwa
  •     Asuransi Aviation Hull
  •     Dan lainnya

 

  1. Mobil Hangus Terbakar di Kebon Jeruk Jakbar, Diduga Korsleting

Jakarta – Mobil Toyota Avanza bernopol B-2643-TZH hangus terbakar di Jalan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kebakaran diduga terjadi karena korsleting listrik.

“Betul,” kata Kepala Sektor Tambora Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Joko Susilo saat dimintai konfirmasi Senin (28/11/2022).

Dijelaskan oleh Joko, kebakaran tersebut diketahui oleh driver ojek online (ojol) yang melintas di jalan pukul 18.15 WIB. Ojol tersebut lantas melapor ke pihak Damkar. Satu unit mobil damkar kemudian diterjunkan untuk memadamkan api.

“Pengerahan 1 unit damkar dengan 4 personel ,” kata Joko.

“Waktu tiba (damkar) pukul 18.25. Waktu selesai operasi pukul 19.00 WIB,” jelasnya.

Joko menyebut kebakaran tersebut dipicu oleh korsleting pada mesin. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, tapi kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta.

“Untuk dugaan penyebabnya karena korsleting pada mesin,” ungkapnya.

“Korban jiwa nihil. Untuk estimasi kerugian Rp 50 juta,” tandas Joko.

Source : https://news.detik.com/berita/d-6431913/mobil-hangus-terbakar-di-kebon-jeruk-jakbar-diduga-korsleting.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •     Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Kendaraan Bermotor
  •   Asuransi Mobil
  •     Dan lainnya

 

  1. Banjir Landa Banyuwangi, 2 Rumah Roboh dan 886 Kepala Keluarga Terdampak 

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Sejumlah wilayah terendam banjir usai hujan deras mengguyur wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, pada Senin (28/11/2022) petang. 

Tak hanya di Kecamatan Pesanggaran dan Kecamatan Kalibaru, banjir juga merendam ratusan rumah warga di kawasan Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. 

Ratusan rumah warga itu tersebar di lima kelurahan. Di antaranya, Kelurahan Panderejo, Kelurahan Mandar, Kelurahan Tukangkayu, Kelurahan Tamanbaru, dan Kelurahan Kepatihan. 

Kelima kelurahan itu terendam banjir sekitar 80 cm hingga 1,5 meter. Air baru surut beberapa jam usai banjir melanda lima kelurahan tersebut. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mencatat ada 886 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir. 

Sekretaris BPBD Banyuwangi Mujito memerinci, dampak paling parah terjadi di Kelurahan Kepatihan dengan 762 KK dan Kelurahan Tukangkayu sebanyak 60 KK. 

“64 KK terdampak sisanya terdapat di Kelurahan Panderejo,” kata Mujito, Selasa (29/11/2022). Banjir tersebut juga membuat roboh dua rumah warga Kelurahan Kepatihan. Rumah itu berada dekat dengan Sungai Kali Lo yang meluap.

“Karena intensitas hujan tinggi sehingga Sungai Kali Lo meluap,” ujar Mujito. BPBD Banyuwangi masih terus melakukan upaya pendataan terhadap para korban terdampak banjir.

Source: https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/29/150156478/banjir-landa-banyuwangi-2-rumah-roboh-dan-886-kepala-keluarga-terdampak.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •     Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Jiwa
  •     Asuransi Property All Risk
  •   Asuransi Rumah
  •   Asuransi Mobil
  •     Dan lainnya

 

  1. Pasar Kesamben Blitar Terbakar, Ratusan Lapak dan Kios Hangus 

BLITAR, KOMPAS.com – Pasar Induk Kesamben di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, terbakar pada Minggu (27/11/2022) malam. 

Kebakaran yang diketahui pertama kali sekitar pukul 19.30 WIB itu menghanguskan hampir seluruh bangunan pasar yang terdiri dari ratusan lapak dan kios. Tidak ada korban luka ataupun jiwa dalam kejadian itu. 

Kepala Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Blitar Teddy Prasojo mengatakan, api baru dapat dipadamkan sepenuhnya sekitar pukul 4.30 WIB, Senin (28/11/2022). Proses pemadaman berlangsung sekitar 8 jam sejak pukul 20.15 WIB. 

“Api baru saja dapat sepenuhnya dipadamkan. Pagi ini, sekitar pukul 4.30 WIB,” ujar Teddy saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin. 

Teddy mengatakan, proses pemadaman dilakukan dengan mengerahkan 11 unit mobil pemadam kebakaran serta 6 unit mobil tangki pemasok air. Namun, api terus merambat hingga membakar habis seluruh lapak yang ada di dalam area pasar. 

Menurut Teddy, lapak-lapak yang ada di area pasar menggunakan konstruksi kayu yang mudah terbakar. Selain itu, penggunaan material terpal juga menambah sulit upaya pemadaman. 

Teddy menyebut, total terdapat 260 lapak, 49 kios, dan 50 lapak semi permanen yang ludes terbakar. “Kendala yang kami hadapi adalah kurangnya pasokan air. Memang ada 6 unit tangki pemasok air, namun ada 11 unit mobil damkar yang beroperasi,” jelasnya. 

Teddy mengatakan, 11 unit mobil damkar tidak dapat bekerja optimal lantaran pasokan air yang terus terlambat. Kata dia, seandainya terdapat dua hidran saja di sekitar lokasi, maka keterlambatan pasokan air dapat teratasi. Teddy membenarkan adanya sungai yang hanya berjarak sekitar 10 meter dari lokasi kebakaran. Namun, akses menuju sungi terbatas sehingga mobi tangki harus bergantian mengisi air di sungai tersebut. 

11 unit mobil pemadam kebakaran itu terdiri dari 2 unit milik Kabupaten Blitar, 3 unit milik Kota Blitar, 1 unit milik Kabupaten Malang, 3 unit milik Kabupaten dan Kota Kediri, serta 2 unit milik Kabupaten Tulungagung. Selain itu, satu unit mobil water cannon milik Polres Blitar Kota juga turut diterjunkan. 

Hingga kini, penyebab kebakaran dari pasar yang terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Blitar ke arah timur itu belum diketahui.

Source:  https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/28/073231678/pasar-kesamben-blitar-terbakar-ratusan-lapak-dan-kios-hangus.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Kebakaran
  •   Asuransi Property All Risk
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1. Truk Tabrak 7 Sepeda Motor di Depan Mal Gandaria City, Tiga Orang Luka

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Arteri Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Rabu (23/11/2022) sore.

Kecelakaan itu viral di media sosial seperti diunggah akun instagram @jktinfo yang memperlihatkan sebuah truk pengangkut berwarna kuning yang sudah ringsek.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Widya Agustiono.

Widya menerangkan ada tujuh sepeda motor yang ditabrak oleh sopir truk.

“Aku belum lihat muatannya. Baru disebut truk oleng hilang kendali, nabrak tujuh motor,” kata Widya saat dihubungi, Rabu (23/11/2022).

Sepeda motor yang ditabrak itu, kata Widya memang sedang terparkir di kawasan tersebut. 

Selain itu, truk itu juga menabrak sejumlah orang hingga mengakibatkan tiga orang luka-luka.

“Korban luka ringan tiga orang, meninggal dunia tidak ada,” jelasnya.

Saat ini, Widya melanjutkan, sang sopir yang belum diketahui identitasnya itu sudah diamankan oleh Satlantas Polres Metro Jakarta Selatan untuk dimintai keterangan.

“Kita sudah koordinasi dengan Satlantas sudah diamankan kendaraannya begitu juga sopirnya. Sekarang ada di Satlantas Polres,” ucapnya.

Source: https://www.tribunnews.com/metropolitan/2022/11/23/truk-tabrak-7-sepeda-motor-di-depan-mal-gandaria-city-tiga-orang-luka.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  • Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Truk
  • Asuransi Liability
  • Dan lainnya

Informasi ini disajikan oleh: L&G Insurance BrokerThe Smart Insurance Broker.


MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Yes...
You are WITH the right expert to get the best insurance in Indonesia
Contact Us NOW!
or
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB Insurance Expert with 40 years of experience
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Contact Us NOW!
You are WITH the right expert to get the best insurance in Indonesia
Yes...