Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-1 Agustus 2023

Liga Asuransi – Halo risk takers, kembali kita mengumpulkan beberapa berita mengenai kejadian kecelakaan di Indonesia, yang pantas mendapatkan perhatian bagi kita semua agar semakin waspada bahwa risiko bisa terjadi dimana saja, dan bisa menimpa siapa saja. Kecelakaan adalah peristiwa yang tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja, di mana saja. Ketika keselamatan menjadi prioritas utama, penting bagi kita semua untuk selalu waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dalam artikel ini, kami telah mengumpulkan 7 pilihan berita kecelakaan yang akan memberikan wawasan dan pengertian lebih mendalam tentang betapa pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu waspada dan lindungi diri Anda serta orang-orang terdekat. Bersama, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca dan semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam menjaga keselamatan kita semua.

Mobil Toyota Innova mengalami kecelakaan setelah menabrak truk di Tol Tangerang yang menuju Jakarta, dan akibatnya mobil tersebut mengalami kebakaran hebat

Pada Senin (7/8/2023) Insiden tersebut menyebabkan mobil Innova yang dikendarai pengemudi bernama Waryi mengalami kebakaran setelah menabrak bagian belakang truk. Beruntungnya, pengemudi tersebut dapat keluar dari mobil melalui kaca pintu sebelum luka bakar yang dialaminya menjadi serius.

Kompol Suwito dari Kainduk PJR Tol Jakarta-Tangerang (Janger) mengonfirmasi bahwa pengemudi Innova berhasil selamat dan hanya mengalami luka bakar ringan. Pengemudi tersebut telah dilarikan ke RS Siloam untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Kecelakaan terjadi di kilometer 23+300 Tol Janger yang menuju Jakarta sekitar pukul 05.45 WIB pada pagi hari. Mobil Innova dengan nomor polisi A-1864-ZS yang dikemudikan oleh Waryi, sedang dalam perjalanan dari Merak menuju Jakarta. Saat tiba di lokasi kecelakaan, Innova menabrak bagian belakang truk secara tiba-tiba. Diduga pengemudi Innova kurang berhati-hati dalam mengendalikan kendaraannya.

Suwito menjelaskan bahwa setelah menabrak truk, kedua kendaraan tersebut saling bersentuhan dan akhirnya menabrak pembatas jalan, yang mengakibatkan mobil Innova terbakar di antara lajur 1 dan 2 yang menghadap ke timur. Kejadian ini menunjukkan perlunya kewaspadaan dalam berkendara dan antisipasi terhadap situasi di jalan raya.

Source: https://news.detik.com/berita/d-6862365/sopir-mobil-terbakar-di-tol-tangerang-selamatkan-diri-lewat-kaca-pintu 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Kendaraan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

 

Gempa Bumi di Sigi, Sulawesi Tengah, mengakibatkan 91 rumah mengalami kerusakan ringan dan 11 rumah mengalami kerusakan berat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melaporkan bahwa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), terjadi kerusakan pada 91 rumah dengan tingkat kerusakan ringan dan 11 rumah mengalami kerusakan berat akibat gempa. Gempa dengan magnitudo (M) 5,3 melanda Sigi pada hari Minggu (6/8/2023).

Berita dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi menyebutkan bahwa sebanyak 102 keluarga terdampak oleh serangkaian gempa yang terjadi di Sigi mulai dari pagi hingga malam hari. Pengungsian dilakukan di lapangan sepak bola Desa Lemban Tongoa dan sekitar area pemukiman warga.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengungkapkan bahwa dampak kerusakan akibat gempa tersebut sedang didata oleh petugas BPBD. Terdapat 91 rumah yang mengalami kerusakan ringan dan 11 rumah dengan kerusakan berat di beberapa desa di dua kecamatan, yakni Desa Kamarora dan Sopu di Kecamatan Nokilalaki, serta Desa Lemban Tongoa di Palolo.

Selain itu, beberapa fasilitas umum juga mengalami kerusakan, termasuk 2 gereja dan 2 fasilitas pendidikan. Infrastruktur jalan trans Tongoa – Lemban Tongoa juga terputus di km 4 Gunung Pasir.

Abdul Muhari menunjukkan bahwa akibat kondisi ini, Desa Lemban Tongoa menjadi terisolasi. Selain itu, jaringan listrik di wilayah yang terdampak dilaporkan padam.

Setelah gempa ini, BPBD Kabupaten Sigi memberikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. BPBD juga terus melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan yang wilayahnya merasakan guncangan gempa.

Aam, julukan untuk Abdul Muhari, juga menyebutkan bahwa kebutuhan mendesak saat ini mencakup tenda keluarga, perlengkapan bayi, dan obat-obatan.

Source: https://www.inews.id/news/nasional/gempa-sigi-sulteng-91-rumah-rusak-ringan-dan-11-rusak-berat

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Property All Risks
  4. Asuransi Gempa bumi
  5. Asuransi Kendaraan 

 

Perampokan minimarket oleh karyawan di Rawalumbu, Bekasi

Pada Rabu (2/8/2023), sebuah peristiwa perampokan di minimarket terjadi di Jalan Kampung Rawa Roko RT 03/RW05, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Yang mengejutkan, aksi perampokan ini direncanakan oleh kepala toko bernama Chandra Satriyanto.

Kompol Sukadi, Kapolsek Bekasi Timur, mengungkapkan bahwa skenario perampokan ini dirancang oleh Chandra sendiri. Dia mengambil langkah nekat ini untuk membayar utang isri. Dalam skenario ini, terdapat total lima tersangka yang terlibat dan dikoordinasi oleh Chandra. Selain Chandra, terdapat A, istri Chandra, yang saat ini masih buron, serta Nana Supriyatna, Indra Dwi Baskoro, dan Subuh Suparman yang bertindak sebagai eksekutor.

“Motifnya adalah masalah ekonomi. C mengaku dia merancang skenario perampokan untuk membayar utang arisan yang diikuti oleh istrinya,” kata Sukadi pada Senin (7/8/2023).

Pada malam kejadian perampokan, pelaku Nana, Subuh, dan Indra tiba di minimarket tempat Chandra bekerja. Nana menjaga di luar, sedangkan Subuh dan Indra masuk ke dalam dan mengancam Chandra, yang sudah mengetahui rencana tersebut.

Skenario berlanjut, di mana Chandra diminta untuk membuka brankas toko dan menyerahkan uang tunai kepada para perampok. Dalam aksi ini, berhasil dirampok uang tunai sebesar Rp40 juta.

Agar tidak menimbulkan kecurigaan, Chandra segera melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian. Pihak kepolisian merespons laporan tersebut dengan segera mendatangi lokasi kejadian.

“Pada malam itu, C sempat melaporkan insiden ini, dan kami menemukan beberapa hal yang mencurigakan di situ,” ungkap Sukadi.

Saat penyelidikan berlangsung dan pemeriksaan saksi di lokasi, saksi D, seorang rekan kerja Chandra, memberikan keterangan yang mencurigakan tentang perilaku Chandra dan para perampok.

“Saksi D curiga terhadap tersangka karena tampaknya tersangka memberikan kode tentang lokasi brankas dengan cara mengedipkan mata,” tambah Sukadi.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Mereka menghadapi ancaman hukuman penjara selama 12 tahun.

Source: https://www.inews.id/news/megapolitan/kepala-minimarket-di-bekasi-otaki-perampokan-tempat-kerjanya-ternyata-untuk-lunasi-utang-istri/2

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Pencurian
  2. Asuransi Barang Berharga
  3. Asuransi Keamanan 
  4. Dan Lain-Lain

 

Ruko 2 Lantai di Sukmajaya Depok Hangus

Pada dini hari Senin (7/8/2023), satu bangunan rumah toko atau ruko dua lantai yang terletak di Gang Bahagia Raya RT 9 RW 21, Mekarjaya, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat mengalami kebakaran yang menghanguskan sebagian besar bangunan.

Denny Romulo, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, menyebutkan bahwa yang terkena dampak adalah lantai pertama dari bangunan tersebut. Diduga, penyebab terjadinya kebakaran ini adalah karena kegagalan fungsi peralatan listrik.

“Bagian yang terbakar adalah lantai pertama bangunan ruko, dan diduga dipicu oleh masalah dalam fungsi peralatan listrik,” ujar Denny pada Senin (7/8/2023).

Denny menjelaskan bahwa luas area yang terbakar mencapai 65 meter persegi. Namun, dia memastikan bahwa tidak ada korban jiwa yang terjadi dalam kejadian tersebut.

“Luas area yang terbakar mencakup sekitar 65 meter persegi. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam insiden ini,” jelasnya. Denny juga menginformasikan bahwa upaya pemadaman dilakukan dengan mengerahkan tiga unit pemadam kebakaran.

“Kami berhasil memadamkan api dengan mengerahkan satu unit dari Pos Balaikota dan dua unit dari Pos Merdeka. Total personel yang terlibat sebanyak 13 orang,” tambahnya.

Source: https://www.inews.id/news/megapolitan/kebakaran-hari-ini-ruko-2-lantai-di-sukmajaya-depok-hangus

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kebakaran
  2. Asuransi Property All Risks
  3. Asuransi Usaha
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  5. Asuransi Jiwa

 

Truk Air Mineral Hilang Kendali, Mengakibatkan Kecelakaan Beruntun 8 Kendaraan di Cianjur, Jawa Barat

Pada Rabu (2/8/2023), terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan delapan kendaraan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cianjur, Jawa Barat, dan mengakibatkan satu pengendara sepeda motor meninggal dunia.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cianjur, AKP Anaga Budiharso, menjelaskan bahwa insiden ini dimulai ketika truk tronton yang membawa air mineral diduga mengalami masalah pada sistem pengereman.

Truk tronton itu sedang dalam perjalanan dari Sukabumi menuju Cianjur dengan kecepatan tinggi. Ketika sampai di Jalan Perintis Kemerdekaan yang menurun, rem truk diduga tidak berfungsi dan membuat sopir kehilangan kendali.

Truk air mineral tersebut pertama-tama menabrak pagar rumah dan kemudian menabrak beberapa kendaraan di depannya. Dalam kecelakaan tersebut, terlibat tiga truk, satu minibus, dan tiga sepeda motor.

Anaga mengungkapkan bahwa truk yang tidak terkendali itu bahkan melewati lampu merah dan bertabrakan dengan berbagai kendaraan, termasuk truk, minibus, dan pengendara sepeda motor. Akhirnya, truk tersebut terjungkal ke dalam sawah.

Polisi telah meminta keterangan dari saksi-saksi, termasuk pengendara minibus dan sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Investigasi sedang dilakukan untuk mengklarifikasi penyebab pasti kecelakaan ini. Saksi mata juga melaporkan bahwa truk tersebut tidak terkendali dan bergerak dengan cepat.

“Saya berteriak agar pengendara lain menghindar, namun truk sudah menabrak minibus dan seorang pengendara sepeda motor perempuan yang terjepit di antara truk dan minibus,” ujar saksi mata Agus (34), pemilik bengkel tambal ban.

Truk tidak langsung berhenti setelah menabrak delapan kendaraan, melainkan melanjutkan perjalanannya sejauh 700 meter hingga akhirnya terjungkal ke dalam sawah.

“Saya melihat bahwa ada satu perempuan korban tewas, dan tiga orang lainnya mengalami cedera serius,” tambahnya.

Source: https://bandung.kompas.com/read/2023/08/02/180928178/kecelakaan-beruntun-8-kendaraan-di-cianjur-berawal-dari-truk-air-mineral

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan
  2. Asuransi Kendaraan
  3. Asuransi Tanggung Jawab Umum
  4. Asuransi Jiwa

 

Sopir Truk Molen Tewas, Terjatuh ke Mesin Pengaduk Semen di Madiun 

Seorang pekerja di pabrik pemasok beton di Kabupaten Madiun, bernama Gunari (46), mengalami kecelakaan fatal saat sedang bekerja pada Senin (7/8/2023). Korban bekerja sebagai operator dan sopir di PT Citra Indo Beton (Ciamix), yang terletak di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun.

Kapolsek Balerejo, AKP Slamet Riadi, mengungkapkan bahwa kejadian ini bermula ketika korban hendak menunggu antrean untuk mengisi semen sekitar pukul 08.40 WIB. Selanjutnya, korban membersihkan tangki truk dengan nomor polisi AE 8508 UF, kemudian menghidupkan mesin pengaduk dan menggerakkannya perlahan. Pada saat itu, korban berusaha membersihkan tabung pengaduk semen dengan tubuhnya masuk ke dalamnya.

“Tiba-tiba, korban kemungkinan tergelincir dan terjebak di dalam mesin. Pukul 09.05 WIB, rekan-rekan korban mencoba mencari korban. Setelah beberapa saat, mereka menemukan sepatu milik korban di dalam truk molen,” jelasnya.

Suwardji, salah satu rekan kerja yang penasaran dengan situasi tersebut, naik ke atas tabung mikser truk. Di atas tabung, ia menemukan korban terperangkap di dalam tabung mikser dengan tabung tersebut sedang berputar. Tanpa ragu, Jianto mematikan mesin truk mixer molen.

“Kemudian rekan-rekan lainnya naik ke truk molen dan menemukan korban dalam keadaan sudah meninggal. Mereka memberitahu manajemen dan kemudian melaporkan insiden ini ke Polsek Balerejo pada pukul 10.00 WIB,” lanjutnya.

Polsek Balerejo bersama Tim Inafis dan SPKT Polres Madiun melakukan olah Tempat Kejadian Perkara. Jenazah korban dibawa ke RSUD Caruban untuk penyelidikan lebih lanjut. Staf Bagian Instalasi Kamar Jenazah RSUD Caruban, Mochammad Harianto, mengungkapkan bahwa jenazah korban mengalami luka parah di kepala dan kaki.

“Jenazah saat ini berada di kamar jenazah, menunggu kedatangan keluarga dan proses visum. Kedatangan di rumah sakit jam 12.00 WIB,” tambahnya.

Source: https://regional.kompas.com/read/2023/08/07/204504578/kronologi-sopir-truk-molen-di-madiun-tewas-terjatuh-ke-mesin-pengaduk-semen

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Tangung Jawab Pihak Ketiga
  4. Dan Lain-Lain

 

Kapal Wisata Terbakar, Kapten Alami Luka Bakar di Nusa Penida Bali

Sebuah peristiwa menimpa kapal wisata bernama Boat Snorkeling Dolphino Queen yang tiba-tiba terjadi kebakaran yang meluas di Pelabuhan Banjar Nyuh, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, di Provinsi Bali, pada hari Jumat (4/8/2023).

Dalam insiden ini, seorang kapten kapal yang bernama I Made Jana atau dikenal sebagai Ancruk (35 tahun) mengalami luka bakar parah pada bagian wajah serta kedua lengan akibat terkena api saat terjadinya ledakan.

“Menurut penilaian dari tenaga medis, korban mengalami luka bakar sekitar 40 persen pada tubuhnya dan rencananya akan dirujuk ke Rumah Sakit Sanglah,” demikian disampaikan oleh Kompol Ida Bagus Putra Sumerta dalam pernyataan tertulis pada hari Jumat.

Ia menyebutkan bahwa penyebab dari kebakaran ini diduga adalah adanya korsleting pada instalasi kelistrikan mesin kapal. Kejadian tersebut terjadi saat korban sedang bersiap-siap untuk memulai perjalanan snorkeling sekitar pukul 10.45 Wita.

Ketika korban hendak menghidupkan mesin kapal, tiba-tiba terjadi ledakan dari mesin tersebut. Akibatnya, api cepat menyebar dan membakar tubuh korban.

“Kemungkinan besar kebakaran tersebut berawal dari korsleting pada instalasi kelistrikan kapal, mengingat ledakan terjadi ketika korban mencoba untuk menghidupkan mesin kapal,” tambahnya.

Setelah melihat kejadian tersebut, masyarakat sekitar bersama dengan petugas setempat bergerak menuju lokasi untuk membantu memadamkan api. Akibat kebakaran tersebut, kapal dengan dua mesin berkekuatan 100 PK dan perlengkapan snorkeling yang ada di dalamnya hangus terbakar. Kerugian total diperkirakan mencapai sekitar Rp 650 juta.

Source: https://denpasar.kompas.com/read/2023/08/04/140042978/kapal-wisata-di-nusa-penida-bali-terbakar-kapten-alami-luka-bakar-40-persen

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Marine Hull
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Kebakaran
  4. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  5. Asuransi Aset

Artikel ini dipersembakan oleh L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012