Asuransi Liability

Kenapa Anda Membutuhkan Asuransi Public Liability?

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Seperti yang kita saksikan  belakangan ini semakin meningkatnya kesadaran hukum dari masyarakat dimana mereka cenderung semakin menyadari tentang hak-hak hukum mereka. Jika mereka mengalami kerugian atau dirugikan oleh suatu kejadian atau akibat dari kecelakaan mereka akan menuntut secara hukum yang bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut. 

Sebagai broker asuransi atau pialang asuransi, kali ini kami ingin membahas mengenai kenapa Anda membutuhkan asuransi Public Liability agar masyarakat lebih paham seperti apa jaminan yang dapat diberikan. 

Anda sebagai pemilik bisnis harus bertanggung jawab untuk menjaga keamanan pelanggan, pemasok, dan siapa pun yang terlibat dalam bisnis ini. Jika anda melakukan kesalahan yang menyebabkan kecelakaan, cedera, cacat dan bahkan meninggal dunia, maka Anda terpaksa harus membayar ganti rugi  sejumlah biaya dan tanggung jawab hukum yang cukup mahal dan ganti rugi akibat dari kesalahan Anda. Untuk itulah produk asuransi Public Liability Insurance diperlukan. 

Apa itu Asuransi Public Liability?

Di negara maju, biasanya pemilik bisnis dituntut untuk bertanggung jawab dan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk keselamatan semua pihak ketiga yang berhubungan dengan bisnis mereka. Asuransi  Public Liability bisa menjamin biaya tuntutan hukum dan biaya kompensasi jika pelanggan, anggota masyarakat, atau pemasok mengklaim kepada Anda atas cedera atau kerusakan properti mereka sebagai akibat dari aktivitas bisnis Anda.

Sebagai contoh kasus misalnya terjadi di sebuah café. Pemilik café mempunyai  tanggung jawab untuk menjaga pemasok kopi, orang yang membeli kopi, dan bahkan orang yang hanya duduk di dalam kafe yang menggunakan wifi. Jika salah satu dari orang-orang ini terluka atau mengalami kerusakan properti saat berada di dalam kafe, mereka dapat mengajukan tuntutan kepada Anda sebagai pemilik kafe. Asuransi Public Liability dapat membantu melindungi pemilik bisnis, dalam hal ini pemilik café dari dampak finansial dari klaim semacam itu.

Bisnis atau apa saja yang memerlukan jaminan asuransi Public Liability?

Berikut beberapa jenis bisnis yang memerlukan jaminan Public Liability: 

  • Perawatan Kesehatan  (Rumah Sakit, Klinik, Apotek  dan lain-lain)
  • Kontraktor Bangunan, Kontraktor Tambang, Kontraktor Engineering
  • Kontraktor Pemasang Mesin 
  • Pemilik Properti Gedung, Wisma, Hotel, Mall, Supermarket, hall, stadium dan lain-lain 
  • Kafe, bar dan restoran
  • Pabrik dan Industri 
  • Kontraktor Listrik, Teknisi Listrik
  • Reparasi Pabrik Industri
  • Pemasangan Panel Surya
  • Beautician dan Perawatan Kecantikan 
  • Perbaikan dan Perawatan Komputer
  • Katering, restaurant 
  • Lain-lain

Siapa saja yang dapat mengajukan klaim tanggung jawab hukum kepada Anda?

Klaim tanggung jawab publik dapat diajukan terhadap Anda karena:

  • Cedera atau kematian atas pihak ketiga sebagai akibat dari aktivitas bisnis Anda yang lalai
  • Kerusakan pada properti pihak ketiga sebagai akibat dari aktivitas bisnis Anda 

Apa yang dijamin oleh Asuransi  Public Liability? 

Jika Anda melakukan kesalahan dan kelalaian di dalam menjalankan bisnis dan merugikan pihak lain, maka polis asuransi Public Liability dapat menanggung biaya kompensasi kepada pihak ketiga atau orang yang terluka / terkena dampak serta penggantian biaya proses hukum. Untuk memastikan bahwa anda dijamin oleh polis asuransi maka Anda perlu memeriksa untuk melihat apa yang sebenarnya dicakup oleh polis Anda dan batasannya. Polis biasa mungkin melindungi Anda untuk beberapa atau bahkan semua hal berikut:

  • Biaya proses hukum yang mungkin timbul dari pembelaan atau penyelesaian klaim
  • Kehilangan atau kerusakan properti, termasuk menutupi kehilangan atau kerusakan properti pihak ketiga yang berada dalam kendali Anda atau saat Anda melakukan layanan. Serta kehilangan atau kerusakan barang dalam perawatan Anda

Perlindungan untuk karyawan yang mungkin terlibat dalam insiden tersebut atau yang bertindak atas nama Anda dan terhadap siapa klaim dibuat.

Cedera di tempat Anda, misalnya, jika pihak ketiga jatuh saat mengunjungi bisnis Anda, Anda dijamin. Biaya pertolongan pertama juga bisa dimasukkan.

Resiko Apa yang tidak dijamin (pengecualian) 

Seperti polis asuransi pada umumnya, polis Public Liability juga mempunyai beberapa pengecualian, jadi penting untuk memeriksa dan memastikan apa saja pengecualian tersebut. Berikut daftar beberapa hal yang biasanya tidak tercakup:

  • Tanggung jawab hukum untuk pekerja Anda yang terluka:  Yang biasanya tercakup dalam Kompensasi Pekerja Anda.
  • Resiko akibat Asbes: Termasuk insiden yang melibatkan bahan asbes
  • Konsekuensi Hukuman: Jika pengadilan memutuskan bahwa perilaku Anda sangat lalai, Anda dapat menghadapi hukuman tambahan berlipat ganda 
  • Polusi bertahap: Seperti pipa bocor atau tangki penyimpanan bawah tanah yang menyebabkan kontaminasi.
  • Penarikan kembali produk: Yang merupakan biaya yang timbul ketika suatu produk ditarik kembali.
  • Klaim yang timbul dari kesalahan pelayanan profesional yang Anda berikan (Ini biasanya dilindungi oleh polis asuransi Professional Liability) 

 

Baca Juga :   Apa itu public liability insurance?

Faktor apa yang dapat mempengaruhi premi Public Liability?

Hal pertama yang dilihat perusahaan asuransi Anda adalah ukuran dan jenis bisnis Anda. Misalnya, bisnis bungee jumping bisa dianggap lebih berisiko daripada toko bunga. Ini berarti pemilik bisnis mungkin memerlukan tingkat pertanggungan yang lebih besar yang pada gilirannya dapat berarti premi yang lebih tinggi. Perusahaan asuransi Anda juga dapat melihat riwayat klaim Anda dan lokasi bisnis Anda.

 

Haruskah Anda membeli Public Liability Insurance? 

Meski resiko terhadap tanggung jawab hukum terhadap pihak ketika semakin meningkat belakangan ini akan tetapi banyak yang mempertanyakan termasuk Anda, apakah saya memerlukan jaminan asuransi Public Liability? Untuk membantu Anda untuk mengambil keputusan berikut ini ada pertanyaan yang Anda jawab: 

  • Apakah saya bekerja dengan klien, pelanggan, atau pemasok di ruang public atau ditempat umum?
  • Apakah saya mengunjungi tempat yang dimiliki atau dikendalikan oleh orang lain?
  • Apakah pengunjung datang ke tempat saya?
  • Apakah saya memproduksi produk / barang?

Jika Anda menjawab ya untuk salah satu pertanyaan di atas, mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk segera mengambil jaminan asuransi Public Liability Insurance.

 

Apa perbedaan antara asuransi Public Liability Kewajiban Publik dengan Professional Indemnity? 

Masih banyak orang bingung membedakan antara Public Liability Insurance dan Professional Indemnity Insurance. Berikut ini penjelasannya. 

Asuransi Professional Indemnity atau sering disingkat dengan PI adalah jaminan asuransi yang dapat membantu melindungi Anda dari kerugian yang diklaim oleh pihak ketiga karena kelalaian atau kesalahan yang dituduhkan akibat dari pelayanan atau nasihat profesional Anda. Misalnya, pelanggan dapat menuntut Anda atas kerugian jika diduga bahwa rekomendasi Anda menyebabkan kerugian. Jenis asuransi ini biasanya cocok untuk penasihat keuangan, konsultan manajemen, akuntan, pengacara, dan profesional kesehatan.

Asuransi Public Liability dirancang untuk membantu memberikan perlindungan bagi Anda dan bisnis Anda jika pelanggan, pemasok, atau anggota masyarakat terluka atau mengalami kerusakan properti sebagai akibat dari aktivitas bisnis Anda yang lalai. Misalnya, jika pelanggan terpeleset dan jatuh di tempat Anda.

Beberapa jenis bisnis bisa sangat terbantu dengan adanya asuransi ganti rugi professional atau Professional Indemnity dan Public Liability. Misalnya, seorang profesional di bidang kesehatan mungkin mendapat tuntutan klaim atas cedera yang terjadi selama perawatan atau tuduhan kelalaian dari klien yang sama jika mereka tersandung handuk yang tertinggal di lantai saat meninggalkan ruang perawatan.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi Public Liability tidak mudah karena tidak banyak perusahaan asuransi yang mempunyai produk asuransi Public Liability. Untuk mendapatkan jaminan asuransi Public Liability adalah dengan menggunakan jasa perusahaan broker asuransi yang berpengalaman di bidang liability asuransi.

Salah satu perusahaan broker asuransi yang berpengalaman di bidang liability insurance adalah L&G Insurance Broker

Hubungi L&G sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Bagaimana cara menghitung biaya asuransi proyek konstruksi?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top