Ulas Berita

Mengungkap 7 Berita Terbaru Industri Asuransi Indonesia: Inovasi, Pertumbuhan, dan Skandal di Dunia Asuransi Indonesia 2024

Liga Asuransi  – Hallo risk takers, kembali kita bahas lagi perkembangan dan kejadian dunia asuransi di Indonesia dalam minggu terakhir, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa objek asuransi bukan hanya di kendaraan, jiwa, kesehatan, maupun properti, tapi masih luas sekali cakupan objek yang bisa diasuransikan, terutama pada sektor bisnis. Hampir dari seluruh proses bisnis dari A to Z bisa dilindungi oleh asuransi. Pada edisi kali, seperti biasa kami kembali mengumpulkan 7 berita pilihan terkait asuransi yang bagus untuk Anda ketahui.

Seperti biasanya, jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan untuk bagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka dapat memahaminya sama seperti Anda.

Mega Insurance Catatkan Premi Asuransi Perjalanan Rp1,5 Miliar Hingga April 2024, Tumbuh 40%

PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) berhasil mencatatkan premi asuransi perjalanan sebesar Rp1,5 miliar hingga April 2024, mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 40% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023. Risk, Legal, & Compliance Director Mega Insurance, Diang Edelina, menyampaikan bahwa meskipun asuransi perjalanan hanya menyumbang di bawah 5% dari total premi pada tahun 2023, kontribusi ini sebagian besar berasal dari kerja sama dengan bisnis perjalanan umroh.

“Proyeksi Mega Insurance meningkat 50% dibandingkan pencapaian pada 2023 dengan pertimbangan bahwa perusahaan terus mengembangkan inovasi tidak hanya dari sisi produk, namun juga dari sisi service yang diberikan kepada customer,” ujar Edelina kepada Bisnis, Rabu (22/5/2024).

Mega Insurance optimistis pendapatan premi dari asuransi perjalanan akan terus bertumbuh di tahun ini. Perusahaan mengembangkan berbagai inovasi untuk mempermudah pengajuan klaim, khususnya untuk perjalanan ke luar negeri. Edelina menambahkan bahwa strategi pasca pandemi Covid-19 berfokus pada pengembangan produk dan layanan yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selain inovasi produk dan layanan, Mega Insurance juga aktif menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan fasilitas yang mendukung penyediaan jasa asuransi. “Perusahaan terus melakukan kerja sama dengan mitra bisnis untuk meningkatkan penetrasi pasar serta melakukan peningkatan mutu pelayanan guna menjaga kepuasan pelanggan,” tambah Edelina.

Secara keseluruhan, Mega Insurance terus memperluas jaringan kerja sama dengan mitra bisnis dalam rangka meningkatkan penetrasi pasar dan menjaga kualitas layanan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan premi asuransi perjalanan di masa mendatang.

Source : https://finansial.bisnis.com/read/20240523/215/1767811/mega-insurance-catat-premi-asuransi-perjalanan-tumbuh-40 

 

Dugaan Penipuan dan Penggelapan di Bank Sinarmas Bali, Manajer Cabang Denpasar Belum Berkomentar

Bank Sinarmas Cabang Tabanan tengah menjadi sorotan akibat dugaan penipuan dan penggelapan yang diduga dilakukan oleh Kepala Cabang, Winda Setiawan Handoko. Kasus ini mencuat setelah Winda menawarkan asuransi dengan janji keuntungan yang bombastis kepada nasabah, namun hingga kini belum ada tanggapan resmi dari pihak Bank Sinarmas.

Lia Anggarini, Manajer Bank Sinarmas Cabang Denpasar, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pada Selasa, 22 Mei 2023, menyatakan bahwa dirinya tidak dapat memberikan komentar terkait kasus ini. Lia menyebut bahwa dirinya tidak berwenang menjawab pertanyaan tersebut dan menyarankan agar pertanyaan diarahkan kepada sekretaris perusahaan.

“Saya akan segera mengabari setelah mendapatkan jawaban, karena pertanyaan-pertanyaan ini sudah saya teruskan ke pusat,” ujar Lia pada Selasa, 21 Mei 2023. Ketika dikonfirmasi ulang pada Rabu, 22 Mei 2023, Lia menegaskan, “Pasti akan segera kami respon ya pak.”

Kasus ini bermula ketika Winda menawarkan nasabah berinisial ODM untuk mengikuti Asuransi Simas Jiwa di Bank Sinarmas Cabang Tabanan. Winda menjanjikan manfaat bunga premi yang lebih tinggi dari suku bunga bank, yaitu sebesar 6 persen, serta nilai pertanggungan bagi pemegang polis atau tertanggung.

Untuk memperlancar proses, Winda menyarankan calon pemegang polis membayarkan premi melalui rekening yang disebut sebagai milik Bank Sinarmas, sehingga terjadi transaksi di Kantor Cabang Pembantu Bank Sinarmas Tabanan. Namun, dugaan penipuan dan penggelapan uang nasabah dengan total korban lebih dari dua orang dan kerugian mencapai miliaran rupiah kemudian mencuat.

Kasus ini semakin menjadi perhatian publik setelah muncul indikasi tindak pidana penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh Winda. Saat ini, pihak Bank Sinarmas pusat diharapkan segera memberikan klarifikasi dan penjelasan resmi terkait kasus ini untuk menjawab pertanyaan dari nasabah dan masyarakat.

Source : https://radarbali.jawapos.com/berita-daerah/704681546/nasabah-bongkar-penipuan-miliaran-modus-asuransi-manajer-bank-sinarmas-masih-bungkam-ada-apa 

 

AAUI: Potensi Pertumbuhan Asuransi Perjalanan Masih Besar di Tahun Ini

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memproyeksikan asuransi perjalanan masih memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan pada tahun ini. Direktur Eksekutif AAUI, Bern Dwiyanto, menyatakan bahwa peningkatan mobilitas masyarakat menjadi faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini.

“Kami melihat bahwa angka pembelian tiket untuk berbagai moda transportasi cukup meningkat, terutama saat Lebaran. Kenaikan penumpang juga akan mempengaruhi penggunaan asuransi perjalanan. Oleh karena itu, kami melihat asuransi perjalanan masih akan tumbuh pada tahun ini,” ujar Bern kepada Kontan, Rabu (22/5).

Bern juga menyoroti bahwa masyarakat mulai menyadari manfaat asuransi perjalanan yang harganya terjangkau namun memberikan perlindungan penting saat bepergian. Dia berharap penggunaan asuransi perjalanan dapat terus meningkat untuk melindungi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi, terutama dalam perjalanan wisata tahun ini.

Peningkatan mobilitas masyarakat terlihat di semua moda transportasi pada tahun lalu. Jumlah penumpang kereta api meningkat sebesar 20,39%, angkutan laut naik 10,62%, dan angkutan udara tumbuh 16,46%. Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara juga tumbuh 27,72% pada tahun lalu.

Untuk memaksimalkan potensi asuransi perjalanan pada tahun ini, Bern menyarankan perusahaan asuransi untuk menerapkan berbagai strategi, termasuk menjalin kerja sama dengan agen perjalanan dan maskapai penerbangan. “Selain itu, melakukan kerja sama dengan agen perjalanan keagamaan,” tambah Bern.

Dengan langkah-langkah ini, AAUI optimistis bahwa asuransi perjalanan akan terus berkembang, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan selama bepergian.

Source : https://keuangan.kontan.co.id/news/aaui-proyeksi-asuransi-perjalanan-masih-punya-potensi-besar-di-tahun-2024 

 

Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia 2024: Kemenag Pastikan Jaminan Asuransi dan Layanan Badal Haji

Pemberangkatan jemaah haji Indonesia telah dimulai sejak 12 Mei 2024. Kementerian Agama (Kemenag) memastikan bahwa setiap jemaah haji memperoleh asuransi jiwa dan kecelakaan untuk memberikan perlindungan selama menjalankan ibadah haji.

Ketentuan Asuransi Jemaah Haji

Kemenag RI telah mengatur asuransi jiwa dan kecelakaan bagi jemaah haji, yang berlaku sejak mereka berada di asrama, selama perjalanan, hingga kepulangan mereka ke tanah air. Berikut adalah ketentuan asuransi yang diberikan:

  1. Jemaah yang wafat akan menerima asuransi minimal sebesar biaya perjalanan ibadah haji (bipih) per embarkasi.
  2. Jemaah yang wafat akibat kecelakaan akan menerima 2 kali bipih per embarkasi.
  3. Jemaah yang mengalami kecelakaan dan menyebabkan cacat tetap akan mendapatkan santunan antara 2,5% hingga 100% bipih per embarkasi.
  4. Asuransi berlaku sejak jemaah masuk asrama embarkasi haji hingga mereka tiba di debarkasi haji.

Kriteria Jemaah Haji yang Dibadalkan

Selain asuransi, Kemenag juga menyediakan layanan badal haji. Badal haji dilakukan untuk jemaah yang tidak dapat melaksanakan ibadah haji karena beberapa kriteria berikut:

  1. Jemaah yang meninggal dunia di asrama haji.
  2. Jemaah yang meninggal dunia dalam perjalanan ke Arab Saudi atau sebelum wukuf di Arafah.
  3. Jemaah yang sakit dan tidak bisa disafariwukufkan berdasarkan pertimbangan medis.
  4. Jemaah yang mengalami gangguan jiwa atau gila.

Daftar Kloter Penerbangan Jemaah Haji ke Madinah

Hingga 16 Mei 2024, terdapat 22 kelompok penerbangan yang membawa 8.644 jemaah haji ke Madinah. Berikut rincian jumlah jemaah per embarkasi:

  • Embarkasi Lombok (NTB LOP): 393 jemaah dari 1 kloter
  • Embarkasi Solo (SOC): 1800 jemaah dari 5 kloter
  • Embarkasi Banjarmasin (BDJ): 320 jemaah dari 1 kloter
  • Embarkasi Padang (PDG): 393 jemaah dari 1 kloter
  • Embarkasi Surabaya (SUB): 1855 jemaah dari 5 kloter
  • Embarkasi Makassar (UPG): 450 jemaah dari 1 kloter
  • Embarkasi Medan (KNO): 360 jemaah dari 1 kloter
  • Embarkasi Batam (BTH): 450 jemaah dari 1 kloter
  • Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS): 1350 jemaah dari 3 kloter
  • Embarkasi Kertajati (KJT): 440 jemaah dari 1 kloter
  • Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG): 833 jemaah dari 2 kloter

Kemenag terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kelancaran dan keamanan jemaah haji Indonesia.

Source : https://www.detik.com/jatim/berita/d-7351138/ketentuan-asuransi-jemaah-haji 

 

Menurut AAUI Kendaraan di Indonesia Wajib Punya Asuransi 

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mendorong penerapan wajib asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability/TPL) untuk seluruh kendaraan bermotor di Indonesia. Dorongan ini muncul akibat tingginya angka kecelakaan pada tahun 2023 yang mencapai 148.000 kasus.

TPL adalah jenis perlindungan asuransi yang memberikan pertanggungan risiko atas tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Wakil Ketua Bidang Teknik 3 AAUI, Wayan Pariama, menyatakan bahwa AAUI sedang mengkaji potensi pembentukan dua hingga tiga konsorsium penyedia asuransi TPL wajib. Menurutnya, konsorsium ini akan mempermudah implementasi asuransi wajib dan menghindari kompleksitas.

“Kami tengah mengkaji potensi pembentukan dua hingga tiga konsorsium untuk memfasilitasi kebutuhan asuransi TPL wajib ini,” ujar Wayan. “Pembentukan konsorsium akan mempermudah implementasi asuransi wajib di Indonesia dan menghindari kompleksitas.”

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih menunggu rancangan peraturan pemerintah (RPP) terkait aturan asuransi wajib ini. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK, Ogi Prastomiyono, menyatakan bahwa PP tersebut merupakan turunan dari Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK).

“[Kami menunggu] PP-nya dulu keluar. Urutannya kan, UU PPSK lalu ada peraturan pemerintah mengenai asuransi wajib baru, POJK. Kalau RPP ini paling lambat 2 tahun, berarti 12 Januari 2025,” jelas Ogi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (21/5/2024).

Menurut data AAUI, pada tahun 2023, pembayaran klaim kendaraan bermotor mencapai Rp7 triliun. Oleh karena itu, dibutuhkan asuransi TPL yang dapat memberikan pertanggungan risiko atas tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga.

Saat ini, hampir semua polis asuransi kendaraan dengan jaminan all risk sudah menyediakan proteksi TPL. Namun, asuransi total loss only sebagian besar tidak meliputi TPL, dan banyak sepeda motor juga tidak dilindungi oleh asuransi TPL.

OJK telah menetapkan rencana untuk menerapkan asuransi wajib yang tercantum dalam Road Map Perasuransian Indonesia 2023-2027. Nantinya, asuransi wajib ini akan mencakup kendaraan umum dan acara yang melibatkan orang banyak, seperti pertandingan sepak bola.

Selain itu, OJK juga akan mewajibkan asuransi kendaraan umum. Saat ini, Jasa Raharja hanya menyediakan perlindungan untuk pengendara dan penumpang, belum meliputi kendaraan dan pihak ketiga.

Asuransi wajib nantinya dapat diluncurkan oleh satu perusahaan asuransi atau konsorsium dari beberapa perusahaan. Menurut Ogi, langkah ini bukan hanya memberikan perlindungan yang lebih baik kepada masyarakat, tetapi juga meningkatkan penetrasi produk asuransi di Indonesia.

Source : https://www.cnbcindonesia.com/market/20240522081431-17-540317/mobil-motor-mulai-wajib-asuransi-paling-lambat-2025 

 

Artis Indy Barends Ungkap Pentingnya Hidup Berkualitas dan Memiliki Asuransi Jiwa

 Di tengah kesibukannya sebagai presenter dan pembuat konten, Indy Barends menekankan pentingnya menjalani hidup berkualitas dan keputusan memiliki asuransi jiwa. Bagi Indy, hidup yang berkualitas tercapai ketika semua kegiatan penting terlaksana setiap hari.

“Faktanya, ada saja kegiatan yang tidak bermanfaat yang menggoda, seperti scrolling media sosial dan mengomentari hidup orang lain. Kalau sudah scroll, orang lupa waktu. Satu dua jam bisa lewat begitu saja. Lalu, agenda sehari jadi berantakan,” ujar Indy Barends.

Indy menyadari bahwa manajemen waktu sangat penting, terutama sejak ia mulai bekerja dan sering siaran pagi. Pengalaman kerjanya mengajarkan mantan presenter Ceriwis ini tentang pentingnya memiliki asuransi jiwa.

“Nyawa itu tidak ada stoknya. Saya masih punya anak-anak dan keluarga. Kalau amit-amit ada apa-apa, keluarga saya tetap terlindungi. Anak-anak saya akan menjadi ahli warisnya. Saya melindungi diri dan anak-anak,” kata Indy Barends.

Dengan hidup yang tertata dan memiliki perlindungan asuransi jiwa, Indy Barends memastikan bahwa dirinya dan keluarganya tetap aman dan terlindungi dari risiko yang tidak terduga. Hal ini menjadi salah satu langkah penting bagi Indy dalam menjaga kualitas hidup dan memastikan masa depan keluarganya.

Source : https://www.liputan6.com/showbiz/read/5602974/2-alasan-indy-barends-lirik-asuransi-jiwa-kepikiran-anak-anak-dan-karena-nyawa-tak-ada-stoknya?page=2 

 

Ekspor-Impor Menguat, Pendapatan Premi Asuransi Marine Cargo ACPI Mencapai Rp 4,47 Miliar hingga April 2024

PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) mencatat pendapatan premi dari asuransi marine cargo sebesar Rp 4,47 miliar hingga April 2024. Meskipun angka ini menunjukkan penurunan sebesar 0,67% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, Wakil Presiden Direktur ACPI, Nico Prawiro, tetap optimistis terhadap pertumbuhan di sektor ini.

“Pada periode yang sama tahun sebelumnya, kami berhasil membukukan pendapatan premi untuk asuransi marine cargo sebesar Rp 4,5 miliar,” ujar Nico kepada Kontan, Rabu (22/5).

Meskipun mengalami sedikit penurunan, Nico menjelaskan bahwa ACPI optimis asuransi marine cargo masih memiliki potensi pertumbuhan pada tahun ini. Keyakinan ini didasarkan pada proyeksi industri serta hasil kinerja awal tahun 2024.

Untuk memperbesar pendapatan premi dari produk marine cargo, ACPI akan mengimplementasikan kebijakan underwriting yang prudent. Langkah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan di sektor tersebut.

Nico juga menambahkan bahwa konflik di Laut Merah yang mengganggu industri pelayaran dunia tidak berdampak signifikan bagi perusahaan. “Sebab, premi asuransi muatan laut masih rendah,” kata Nico.

Dengan strategi yang tepat dan proyeksi positif industri, ACPI berharap dapat meningkatkan pendapatan premi dari asuransi marine cargo dan terus memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan.

Source : https://keuangan.kontan.co.id/news/acpi-catat-pendapatan-premi-asuransi-marine-cargo-rp-447-miliar-per-april-2024 

Berita ini dipersembahkan oleh L&G Insurance Broker, broker asuransi berpengalaman di Indonesia.

URUSAN ASURANSI UNTUK BISNIS ANDA? JANGAN BUANG WAKTU DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

To Top
L&G Insurance Broker Registered by
Otoritas Jasa Keuangan
KEP-667/KM.10/2012
Butuh Asuransi Cargo Yang Bonafid dan Terpercaya?
Chat kami sekarang di WhatsApp untuk info lengkap!
Proses Cepat & Aman (Terjamin OJK)
L&G Insurance Broker Registered by OJK KEP-667/KM.10/2012
Proses Mudah & Aman (Terjamin OJK)
Butuh Asuransi Cargo Yang Bonafid dan Terpercaya?
Chat kami di WhatsApp untuk info lengkap!