Financial Risk

Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang Asuransi Uang

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa, apa kabar? Kita masih membahas tentang resiko di sekitar urusan uang. Jika sebelumnya kita membahas tentang risiko operasional dari lembaga keuangan, sekarang kita akan kita tinjau resiko untuk uang itu sendiri atau yang dikenal uang tunai, uang kas atau “cash”.

Tulisan ini kami buat berdasarkan pengalaman kami sebagai broker asuransi atau konsultan asuransi serta dilengkapi dengan tulisan dan informasi lain yang kami dapatkan  berbagai sumber termasuk dari internet. 

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Meskipun saat ini transaksi keuangan sudah mulai bergeser dari sistem tunai ke dalam bentuk uang digital akan tetapi masih banyak orang yang menggunakan uang tunai untuk bertransaksi. Hal ini disebabkan karena belum semua masyarakat bisa memanfaatkan sistem keuangan digital akibat keterbatasan akses ke fasilitas internet dan keterbatasan lainnya.

Hampir setiap perusahaan menghadapi risiko kehilangan uang akibat, pencurian, perampokan dan penggelapan oleh staf atau direktur mereka mencuri barang atau menggelapkan uang. Bank Umum, Bank Pembangunan Daerah, Bank Perkreditan Rakyat, perusahaan Leasing, Koperasi Simpan Pinjam dan lain-lain. Selain itu juga perusahaan yang banyak menggunakan uang tunai untuk transaksi seperti pabrik yang membayar pekerja dengan uang tunai, yang membayar supplier dengan uang tunai serta perusahaan sejenis lainnya

Untuk memahami resiko dan jaminan yang bisa diberikan oleh industri asuransi untuk transaksi secara tunai, dapat diikuti di dalam tulisan berikut ini.

Cash in Transit / Cash in Safe Insurance / Fidelity Guarantee

Kita sering mendengar berita tentang bank atau kantor dirampok oleh sekawan sindikat. Uang yang ada di dalam kas dan laci kasir diambil semuanya. Kejadian seperti terjadi di waktu kontor ditutup dan bahkan bisa terjadi juga selama jam kerja. Selain itu uang dapat dicuri saat dipindahkan atau selama transit antara bank ke kantor atau ke tempat lainnya. 

Polis asuransi Cash in Transit, Cash in Safe dan Cash in Drawers dapat mengganti kerugian dan kehilangan akibat perampokan yang terjadi. Polis asuransi ini juga dapat diperluas untuk mencakup jaminan cedera yang diderita oleh karyawan akibat dari perampokan tersebut.

Saat ini banyak usaha yang  menggunakan uang tunai di dalam operasional mereka. Jaminan asuransi uang (money insurance) dapat menjamin kehilangan dan perampokan yang terjadi selama pengiriman atau selama transit, menjamin uang tunai dalam brankas, dan dapat juga menjamin pencurian atau kehilangan akibat dari kebakaran. Biasanya uang tunai digunakan dalam beberapa bentuk – tunai, cek, slip kartu kredit, dan wesel bank, oleh karena itu asuransi uang tunai itu penting untuk bisnis besar dan kecil. 

Berikut ini hal yang membuat jaminan asuransi uang menjadi penting: 

  1. Perlindungan atas aset keuangan
  2. Perlindungan bagi karyawan dan orang lain yang mengangkut uang
  3. Ketenangan pikiran, keamanan, meminimalkan gangguan pada bisnis Anda
  4. Menjamin resiko yang tidak dijamin di dalam polis asuransi  yang lain 
  5. Jaminan asuransi dapat mencakup:
    • Uang dalam perjalanan dari dan ke bank, dibawa oleh tertanggung atau karyawan
    • Penyerangan terhadap pribadi
    • Uang ketika berada di tempat usaha, masuk atau keluar dari brankas
    • Kerusakan harta pribadi 
    • Pertanggungan uang ketika di rumah karyawan atau rumah direktur
    • Pertanggungan uang ketika berada dalam safe deposit

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pengangkutan/pengiriman uang dan barang berharga lainnya dapat menimbulkan resiko besar. Bahkan walaupun dengan penjagaan keamanan yang maksimal selama pengiriman uang tapi hal itu bukan jaminan bahwa tidak akan terjadi perampokan. Kita sering mendengar berita tentang pencurian tunai dalam perjalanan uang dijalan walaupun sudah dikawal oleh petugas keamanan dengan senjata lengkap. Kasus-kasus seperti ini tampaknya terus bertambah hingga saat ini. 

Seperti apa  jaminan Asuransi Uang? 

Perampokan atau penyerangan dapat terjadi pada waktu dan lokasi tertentu dimana saja dan kapan saja, untuk itu diharapkan jaminan asuransi selalu dalam kondisi aktif. Pencurian dan perampokan dapat terjadi ketika uang dalam perjalanan dari bank ke tempat yang dituju, selama berada dalam tempat penyimpanan (brankas) , atau saat diproses pengiriman. Artinya uang di dalam laci yang terkunci, di dalam brankas terkunci, atau di dalam ruangan tertutup.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk jaminan asuransi uang, selain itu ada juga pengecualian atau hal-hal yang tidak dijamin oleh asuransi. Seperti yang sudah diketahui bahwa jaminan asuransi uang adalah untuk mengganti kerugian atau kerusakan akibat dari kejadian yang tidak terduga.  Hal ini yang menjadi alasan mengapa kerugian atau kerusakan tidak dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Termasuk pencurian uang yang disebabkan karena kendaraan bermotor yang tidak dijaga, kerugian karena kesalahan atau kelalaian, kerugian karena penipuan atau ketidakjujuran karyawan, dan kerusakan atau kerugian yang disengaja oleh pihak berwenang.

Cash In Safe (CIS)

Jaminan asuransi Cash In safe adalah jaminan uang ketika berada di dalam brankas. Pertanggungan ini berlaku selama uang tunai disimpan di dalam brankas yang terkunci dan berakhir saat dikeluarkan dari dalam brankas.  Jaminan asuransi cash in safe berakhir ketika uang sudah dikeluarkan untuk dipindahkan. Jaminan yang tepat setelah itu adalah Cash In Transit (CIT).

 

Baca Juga :   Apakah musibah COVID-19 termasuk Force Majeure?

Fidelity Guarantee (FG)

Asuransi Fidelity Guarantee (FG) adalah jaminan atas ketidakjujuran karyawan dengan perusahaan asuransi  untuk penggantian sejumlah uang akibat dari ketidakjujuran dari agen, pejabat, atau karyawan dimana perusahaan asuransi berjanji untuk memberikan kompensasi kepada pemberi kerja atas kerugian yang timbul sebagai akibat dari ketidaktaatan atau ketidakjujuran individu yang tercantum di dalam polis asuransi.

Anda dapat melindungi bisnis dari kerugian akibat tindakan penipuan atau pencurian oleh karyawan Anda. Baik oleh karyawan kontrak maupun karyawan tetap yang terlibat di dalam operasional perusahaan.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi FG, anda perlu memperbarui informasi identifikasi, alamat, dan detail kontak semua karyawan Anda. Ini akan membantu untuk menghubungi karyawan yang mungkin terlibat dalam tindakan penipuan atau pencurian.

Hal-hal yang harus Anda ketahui tentang Asuransi Jaminan Fidelity:

  • Siapa yang membutuhkan Asuransi Fidelity Guarantee?

Hampir setiap perusahaan menghadapi risiko akibat staf atau direktur mereka mencuri barang atau menggelapkan uang. Meskipun sistem keamanan sudah dibuat sedemikian tinggi, akan tetapi seringkali sistem keamanan tersebut tidak mampu untuk sepenuhnya dilindungi dari “penipuan kerah putih”.

  • Mengapa Anda harus mengambil Asuransi Jaminan Fidelity?

Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan kepada karyawan juga semakin meningkat. Pemilik dan pimpinan perusahaan tidak mungkin untuk memeriksa ulang setiap transaksi, atau menjadi satu-satunya pemegang kode alarm, kunci, dan sebagainya. Sementara kita semua ingin bisnis berkembang dengan memberdayakan potensi staf dengan memberikan  tanggung jawab yang semakin meningkat, tapi sayangnya sering staf yang paling kita percayai memiliki mempunyai motivasi lain. Sementara beberapa staf atau mantan staf bisa pula mengadakan pemufakatan jahat karena balas dendam atau kedengkian.

Menurut pengalaman industri asuransi, banyak klaim asuransi terjadi akibat dari kejahatan besar yang dilakukan oleh anggota senior perusahaan yang paling terpercaya yang disebabkan oleh masalah pribadi mereka. 

Bagaimana cara mendapatkan Money Insurance?

Dengan melihat uraian diatas ternyata banyak sekali potensi resiko yang dihadapi oleh perusahaan yang berkaitan dengan uang tunai atau cash. 

Cara terbaik untuk mengatasi resiko tersebut adalah dengan mengasuransikan uang tersebut ke dalam polis asuransi Money Insurance, atau asuransi uang.

Tapi sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan asuransi money insurance karena resiko yang tinggi. Hanya segelintir perusahaan asuransi saja di Indonesia yang bisa memberikan jaminan asuransi ini. Persyaratan yang diperlukan cukup njlimet dan tidak mudah.

Cara terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi Money Insurance adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan broker asuransi atau konsultan asuransi yang berpengalaman. Broker asuransi yang akan membantu Anda menyusun program, mengumpulkan informasi, menganalisis resiko dan menempatkan pe perusahaan asuransi yang terbaik.

Broker asuransi juga yang akan bertanggung jawab untuk membantu penyelesaian klaim jika terjadi. Mereka yang akan mengurus ke perusahaan asuransi, bernegosiasi dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hukum dan isi polis asuransi. Oleh karena itu broker asuransi juga berperan sebagai Advocate atau pengacara Anda ketika mengurus klaim asuransi.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka yang siap membantu Anda adalah L&G Insurance Broker.

Untuk kebutuhan asuransi perusahaan Anda hubungi L&G Insurance Broker sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top