Ulas Berita

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal – Desember Minggu Pertama

Liga Asuransi – Pembaca yang kami hormati, bagaimana kabar Anda dan Bisnis Anda? Semoga dalam keadaan baik dan bisnis Anda pun berjalan baik dan semakin maju. Tanpa kita sadari sudah banyak berbagai peristiwa yang telah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Tak terasa kita sudah memasuki bulan terakhir di tahun 2022 ini, memasuki awal bulan Desember 2022 ini sudah banyak kejadian kecelakaan fatal. Pada artikel ini, kami akan memberikan kepada Anda 7 Pilihan peristiwa dari dalam Negeri dan mancanegara. 

Kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati baik pada setiap berkendara, juga dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena segala jenis risiko yang dapat merugikan finansial hingga nyawa Anda dapat terjadi kapan saja.

  1. Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan Abu Setinggi 400 Meter

Surabaya – Gunung Semeru masih erupsi pukul 05.02 WIB. Kali ini teramati mengeluarkan abu sejauh kurang lebih 400 meter di atas puncak kurang lebih 4.076 meter di atas permukaan laut, Selasa (6/12/2022).

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 73 detik.

“Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak,” kata Petugas PVMBG, Mukdas Sofian dalam keterangannya.

Namun warga diimbau tetap tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas 500 meter dari tepi sungai (Sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

“Sebab masih berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 19 KM dari puncak,” tambahnya.

Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Sebelumnya, Senin (5/12/2022) pukul 21.50 WIB, puncak Gunung Semeru terpantau mengeluarkan lava pijar yang menyala kemerahan. Pemandangan itu terpotret dalam kamera CCTV Pos Pantau Semeru milik BPBD.

Dalam foto yang diambil dari rekaman kamera CCTV Semeru milik BPBD dan disebarkan di media sosial itu juga terlihat awan panas masih mengepul.

Hingga saat ini Gunung Semeru berada pada tingkat aktivitas Level IV atau Awas meskipun aktivitas vulkanik mereda setelah terjadinya erupsi pada Minggu (4/12/2022).

Source:  https://www.detik.com/jatim/berita/d-6444878/gunung-semeru-erupsi-keluarkan-abu-setinggi-400-meter

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Gempa Bumi
  •   Asuransi Property All Risk
  •   Asuransi Rumah
  •   Asuransi Mobil
  •   Dan lainnya

 

  1. Bus Masuk Jurang di Magetan Tewaskan 7 Orang: Sebab hingga Kronologi

Jakarta – Sebuah bus pariwisata masuk jurang di Magetan, Jawa Timur pada Minggu (4/12/2022). Kecelakaan maut tersebut menewaskan tujuh orang dan membuat puluhan orang luka-luka.

Lantas, bagaimana kronologi kecelakaan tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kronologi Bus Pariwisata Masuk Jurang di Magetan

Sebuah bus pariwisata PO Semeru Putra Transindo dengan nomor polisi H 1470 AG masuk ke dalam jurang di Magetan, Minggu (4/12/2022) sekitar pukul 11.15 WIB. Bus itu berangkat dari Semarang Barat menuju Telaga Sarangan Magetan.

“Berangkat jam 6 pagi tadi, mau ke Sarangan,” kata salah seorang kernet bus, Ahmad Nasrul, dikutip dari detikJatim, Senin (5/12/2022).

Salah satu penumpang di dalam bus tersebut menceritakan awal mula kecelakaan. Dilansir detikJatim, bus dengan nomor polisi H-1470-AG itu mendadak hilang kendali saat berada di tikungan menanjak.

“Panik banyak yang teriak. Rem blong-rem blong. Ada juga yang teriak ‘Allahu Akbar’,” kata penumpang bernama Bambang Suparman, dikutip detikcom, Senin (5/12/2022).

Suparman mengaku, dia duduk di bangku nomor tiga dari depan sebelah kiri. Dia menambahkan jika semua penumpang panik.

“Saya tidak tidur saat kejadian, semua panik,” ucap Suparman.

Suparman mengatakan jika dirinya bersyukur masih selamat, meskipun kakinya patah.

“Alhamdulillah masih selamat,” tambahnya. 

Korban Kecelakaan Bus di Magetan: 7 Tewas, 46 Luka-luka

Sebanyak tujuh orang tewas dalam kecelakaan maut bus rombongan warga Semarang di jurang Sarangan, Plaosan Magetan. Selain korban meninggal, ada 46 penumpang yang mengalami luka ringan maupun luka berat.

“Seluruh korban, baik yang meninggal maupun luka sudah dievakuasi,” kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, dikutip detikcom, Senin (5/12/2022).

Berikut adalah identitas korban tewas kecelakaan bus di Magetan.

  1. Sutarjo, 56 Th, Laki-laki, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
  2. Witri Suci, 27 Th, Perempuan, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
  3. Kabul, 62 Th, Laki-laki, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
  4. Wachid, 58 Th, Laki-laki, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 11 RW 01 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
  5. Sukini, 58 Th, Perempuan, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
  6. Sumiati, 60, Perempuan, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
  7. Mochammad Barliyan, 52 Th, Laki-laki, Swasta, KP. Pejaringan 152 RT 4 RW 1 Kemijen, Kota Semarang (sopir bus).

Penumpang Bus: Warga Semarang

Bus tersebut mengangkut rombongan satu RT asal Kelurahan Manyaran, Semarang Barat. Rencananya, mereka akan pergi berwisata.

Penumpang dalam rombongan tersebut di antaranya adalah warga RT 5 RW 2 Kelurahan Manyaran, Semarang. Dari RT 5, ada enam warga yang meninggal dunia dalam kejadian tersebut, di antaranya Kabul, Sumiati, Tarjo, Wachid, Witri Suci Rohati, dan Sukini.

“Mereka ini rombongan satu RT dari Semarang. Mau wisata ke Telaga Sarangan,” ungkap Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, dikutip detikcom, Senin (5/12/2022).

Source:  https://news.detik.com/berita/d-6443135/bus-masuk-jurang-di-magetan-tewaskan-7-orang-sebab-hingga-kronologi.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Liability
  •   Asuransi Kendaraan
  •   Asuransi Bus
  •   Dan lainnya

 

  1. 189 Rumah di Karawang Terendam Banjir hingga 1,5 Meter akibat Sungai Citarum dan Cibeet Meluap

KARAWANG, KOMPAS.com – Sejumlah wilayah di Karawang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Citarum dan Cibeet. 

Dari data tim SAR gabungan, sebanyak 189 rumah dan 699 jiwa warga Desa Karangligar terdampak banjir sejak Minggu (4/12/2022).  

Ketua FK Tagana Kabupaten Karawang Novi Madera mengungkapkan, ketinggian air mencapai 10 sentimeter hingga 150 sentimeter. 

Novi menyebutkan, tak hanya Desa Karangligar, hari ini Senin (5/12/2022), beberapa wilayah di Karawang mulai terendam banjir. 

“Anjun Kelurahan Karawang Kulon dan Kampung Benteng Kelurahan Tanjungpura,” kata Novi saat dikonfirmasi, Senin (5/12/2022). 

Dari data Automatic Water Level Recorder (AWLR) Kedung Gede, Kelurahan Tanjungpura, Kabupaten Karawang, Tinggi Muka Air (TMA) Citarum pada Senin ini pukul 09.00 WIB mencapai 11,95 meter di atas permukaan laut.

Kemudian, ketinggian TMA Sungai Cibeet pada waktu yang sama mencapai 18,60 meter di atas permukaan laut. Saat ini petugas tengah melakukan assesment pendataan terdampak banjir.

Source : https://bandung.kompas.com/read/2022/12/05/111710978/189-rumah-di-karawang-terendam-banjir-hingga-15-meter-akibat-sungai-citarum.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Rumah
  •   Asuransi Prperty All Risk
  •   Asuransi Mobil
  •   Dan lainnya

 

  1. Lakukan Pemasangan Atap, Seorang Pekerja Tersetrum hingga Luka Parah

SALATIGA, KOMPAS.com – Seorang pekerja bangunan mengalami kecelakaan kerja di Jalan Patimura Kelurahan Salatiga Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. 

Kasi Humas Polres Salatiga Iptu Henri Widyoriani mengatakan, korban mengalami kecelakaan kerja tersetrum aliran listrik saat mengerjakan ruko. “Tersetrum pada Selasa (29/11/2022) sekira pukul 09.30 WIB,” ungkapnya. 

Korban bernama Cimi (50), warga Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. “Pada saat kejadian, korban sedang melakukan pengerjaan pemasangan di atap ruko. Dia membawa aluminium hollow,” jelasnya.

Peralatan kerja yang dibawanya tersebut menyentuh kabel listrik PLN dan seketika terjadi ledakan arus pendek. Korban yang kaget kemudian terkena aliran listrik di sekujur tubuhnya.

Menurut Henri, akibat kejadian tersebut korban mengalami luka dan kulit di tubuhnya terkelupas. “Lukanya cukup parah sehingga harus mendapat perawatan di rumah sakit,” paparnya. 

Karena kejadian tersebut, tim Polres Salatiga menghubungi PLN untuk mematikan arus listrik. “Kemudian tim PMI dan Pemadam Kebakaran mengevakuasi korban yang saat itu masih berada di atap ruko,” kata Henri. 

Proses evakuasi korban berjalan cukup dramatis karena petugas harus naik ke atap ruko. Selain itu, kejadian ini menarik perhatian masyarakat dan menjadi tontonan. 

“Kami mengimbau kepada para pekerja, terutama yang berisiko tinggi untuk selalu memerhatikan faktor keselamatan. Gunakan alat pelindung diri untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan,” ungkapnya.

Source: https://regional.kompas.com/read/2022/11/30/071443578/lakukan-pemasangan-atap-seorang-pekerja-tersetrum-hingga-luka-parah.

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1.         Kebakaran Helen’s Bar Eks Holywings Diduga karena Korsleting Listrik

Jakarta – Kebakaran di Helen’s Bar, bekas Holywings, di Tanjung Duren, Jakarta Barat, telah padam. Korsleting listrik diduga jadi penyebab kebakaran Helen’s Bar.

 “Dugaan penyebab diduga karena korsleting listrik,” ujar Kasiops Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Syarifudin dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).

 Pantauan detikcom di lokasi, pukul 19.15 WIB, bangunan Helen’s Bar tampak gelap seusai pemadaman api. Terlihat puluhan orang berkumpul di halaman Helen’s Bar.

 Area halaman hingga area luar pagar tampak basah oleh sisa air bekas pemadaman. Aktivitas mobil ataupun petugas damkar sudah tak tampak di lokasi.

 “Status kebakaran hijau, pemadaman selesai,” terang Syarifudin.

Dalam pemadaman, sebanyak 15 unit mobil dan 75 personel pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan ke lokasi. Kebakaran Helen’s Bar berhasil padam pukul 18.25 WIB.

 Tak ada korban jiwa ataupun luka akibat kebakaran ini. Sementara itu, belum diketahui taksiran kerugian akibat kebakaran ini.

 Source:  https://news.detik.com/berita/d-6444443/kebakaran-helens-bar-eks-holywings-diduga-karena-korsleting-listrik.

 Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Kebakaran
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Personal Accident
  •   Asuransi Liability
  •   Dan lainnya

 

  1. Jet Tempur Siluman F-35B AS Rusak usai Mendarat di Jepang, Hidung Pesawat Kecup Tanah 

OKINAWA – Sebuah jet tempur siluman F-35B Korps Marinir Amerika Serikat (AS) rusak setelah melakukan pendaratan darurat di Pangkalan Udara Kadena, Okinawa, Jepang, pada Kamis. 

Roda pendaratan tidak berfungsi, menyebabkan hidung pesawat tempur tersebut mengecup tanah. 

Juru bicara Sayap Pesawat Marinir ke-1 Mayor Rob Martins, dalam sebuah pernyataan kepada Stars and Stripes, bahwa dugaan masalah kelistrikan mendorong pilot untuk mendaratkan F-35B Lightning II.

Menurutnya, pesawat yang ditugaskan ke VMFA-121 di Stasiun Udara Korps Marinir Iwakuni di Pangkalan Udara Kadena tidak mengalami insiden hingga sekitar pukul 13.40.

Pangkalan Udara Kadena adalah rumah bagi Sayap ke-18 Angkatan Udara. Menurut Martins, saat pesawat tempur generasi kelima itu ditarik ke jalur penerbangan, roda pendaratan depan tidak berfungsi dan hidung pesawat jatuh ke tanah. 

Dia mengatakan kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Sementara itu, video yang disiarkan NHK di Twitter menunjukkan F-35B berhenti di taxiway dengan hidung pesawat ambruk.

“Pilot melakukan seperti yang dilatih dan memilih opsi yang paling aman, mendaratkan pesawat dengan aman sesuai dengan prosedur standar,” kata Martins dalam pernyataannya, yang dilansir Jumat (2/12/2022). 

“Mengoperasikan pesawat kami dengan aman dan efektif adalah prioritas utama dan penerbang kami sangat berhati-hati untuk memastikan keselamatan awak pesawat dan area sekitarnya.” 

Jet tempur tersebut, kata Martins, sedang melakukan operasi pelatihan standar dalam jarak lokal pada saat kejadian. Setelah pesawat mendarat, pesawat itu dikelilingi oleh mobil pemadam kebakaran dan kendaraan darurat. 

Tidak jelas berapa banyak tingkat kerusakan yang terjadi pada pesawat tempur itu. “Penyelidikan terperinci akan dilakukan,” kata Martins. Militer mendefinisikan kecelakaan berdasarkan kelas dari A hingga D. 

Kecelakaan Kelas A melibatkan biaya perbaikan yang melebihi USD2 juta atau kematian atau cacat permanen anggota dinas. 

Kecelakaan Kelas D melibatkan kerugian USD25.000 hingga USD59.999 dalam kerusakan properti dan cedera mulai dari yang membutuhkan pertolongan pertama hingga absen sehari dari pekerjaan. 

Korps Marinir AS telah mengalami tiga kecelakaan Kelas A pada pesawat berawak pada tahun 2022, menurut data di situs web Komando Keselamatan Angkatan Laut. 

Seorang juru bicara Biro Pertahanan Okinawa, sebuah cabang dari Kementerian Pertahanan Jepang, mengatakan pada Kamis malam bahwa pihaknya mengetahui “hidung F35 menyentuh tanah” tetapi masih menunggu rinciannya. 

Seorang juru bicara Divisi Urusan Pangkalan Militer Prefektur Okinawa mengatakan sedang menunggu informasi dari biro pertahanan. Gubernur Denny Tamaki belum memberikan komentar publik atas kejadian tersebut. 

Pesawat tempur varian lepas landas pendek dan mendarat vertikal ini telah diganggu oleh biaya tinggi dan masalah teknis sejak awal.

Source : https://international.sindonews.com/read/957817/40/jet-tempur-siluman-f-35b-as-rusak-usai-mendarat-di-jepang-hidung-pesawat-kecup-tanah-1669943571?showpage=all

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Aviation Hull
  •   Asuransi Liability
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Dan lainnya

 

  1. Anggota TNI Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Dewi Sartika Jaktim

Jakarta, Beritasatu.com – Seorang anggota TNI tewas dalam kecelakaan beruntun di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim) Senin (5/12/2022) siang.

Korban yang merupakan penumpang sepeda motor tewas setelah kendaraan yang ditumpanginya ditabrak mobil Avanza yang melaju dengan kecepatan tinggi

Seorang saksi mata, Taryoto menuturkan, kecelakaan beruntun ini bermula ketika sepeda motor yang dinaiki korban melaju dari arah Jatinegara menuju Kramat Jati. Motor itu melaju di lajur paling kanan.

“Korban lagi jalan dibonceng, kemungkinan anaknya korban. Motor mereka berhenti karena ada mobil di depannya. Posisi ada tiga motor, termasuk saya,” kata Taryanto, Senin (5/12/2022).

Saat ketiga motor itu berhenti, mobil Avanza warna hitam berpelat nomor B 2499 EBQ melaju kencang dan menabrak dua sepeda motor hingga terseret sekitar lima meter.

Korban yang saat kejadian mengenakan celana atribut TNI itu terseret hingga mengalami luka berat. Korban meninggal dunia di lokasi kejadian.

“Saya selamat, tetapi dua motor di samping saya tertabrak sampai terseret. Baru terhenti ketika menabrak mobil yang berhenti untuk putar balik di depannya,” ujarnya.

Taryanto menuturkan akibat kejadian, dua pengemudi sepeda motor yang satu di antaranya driver ojek online mengalami luka di bagian kaki dan pinggang.

Sementara pengemudi mobil Avanza berpelat B 2499 EBQ diamankan warga. Pengemudi itu kemudian diserahkan ke pihak Satlantas Jakarta Timur.

“Sebenarnya mobil yang di depan itu jalan pelan dan posisi sudah berhenti. Dua motor di belakang juga jalannya normal saja. Tetapi tiba-tiba ditabrak dari belakang,” tuturnya.

Source: https://www.beritasatu.com/news/1005887/anggota-tni-tewas-dalam-kecelakaan-beruntun-di-jalan-dewi-sartika-jaktim

Tinjauan Manajemen Resiko dan Asuransi

  •   Asuransi Jiwa
  •   Asuransi Kesehatan
  •   Asuransi Liability
  •   Asuransi Kendaraan
  •   Dan lainnya

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Yes...
You are WITH the right expert to get the best insurance in Indonesia
Contact Us NOW!
or
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB Insurance Expert with 40 years of experience
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Contact Us NOW!
You are WITH the right expert to get the best insurance in Indonesia
Yes...