Berita Kecelakaan

7 Pilihan Berita Kecelakaan Fatal 2023 di Indonesia – Minggu Ke-3 Oktober

Liga Asuransi – Salam, para risk takers! Pada minggu ketiga di bulan Oktober 2023, kami kembali menyajikan serangkaian berita mengenai insiden-insiden kecelakaan di Indonesia yang mengundang perhatian kita semua. Kembali kami mengingatkan bahwa risiko bisa mengintai di mana saja dan kapan saja, dan tidak mengenal siapa yang menjadi korban. Meskipun kita tidak dapat memprediksi kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi, kita memiliki kemampuan untuk mengurangi dampaknya dengan memberikan prioritas pada keselamatan. Dalam artikel ini, kami telah menghimpun tujuh berita kecelakaan yang akan memperdalam pemahaman kita tentang pentingnya keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita tetap waspada dan menjaga diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Dengan bersatu, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Selamat membaca, semoga artikel-artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman yang berharga dalam upaya menjaga keselamatan kita bersama.

Misteri Candaan yang Merenggut 3 Nyawa dalam Kecelakaan Tragis di Nganjuk

Empat teman asal Ponorogo mengalami kecelakaan maut yang merenggut tiga nyawa saat mobil yang mereka tumpangi menabrak sebuah bus di Jalan Raya Nganjuk-Madiun, Desa Selorejo, Kecamatan Bagor, Nganjuk. Sebelum insiden tragis itu terjadi, mereka telah membuat dan membagikan video lelucon tentang kecelakaan.

Pada hari yang tragis tersebut, Senin 9 September 2019, mobil Toyota Innova dengan plat nomor AE 567 SC mereka melaju dari arah barat menuju ke timur, yaitu dari Madiun ke Surabaya. Panji Whisnu Kusuma berada di kursi pengemudi.

Beberapa video pendek yang berkaitan dengan kecelakaan tersebut beredar di media sosial. Salah satu video menunjukkan keempat teman tersebut bercanda di dalam mobil sebelum kecelakaan terjadi. Seorang penumpang perempuan terlihat sedang berias dan memeriksa dirinya di spion mobil.

Dalam video tersebut, pengemudi mobil mengucapkan lelucon tentang kecelakaan, mengatakan, “Bar iki nggaweo cerita nji engko lek aku nabrak-nabrak” (setelah ini, mari kita buat cerita seolah-olah aku menabrak-nabrak). Ironisnya, apa yang diucapkan dalam video tersebut menjadi kenyataan dalam waktu singkat.

Tidak lama setelah video tersebut diunggah, kecelakaan sesungguhnya terjadi. Sayangnya, sopir dan dua penumpang, yaitu Rizki Viko Abdilah dan Amalia Hestin Nugraheni, tewas. Sementara satu penumpang lainnya, Tohir Rohjana, selamat.

Kasat Lantas Polres Nganjuk, AKP Hegy Renanta, menjelaskan bahwa kecelakaan melibatkan mobil Innova dan bus PO Mira dengan plat nomor S 7190 US, dan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Kecelakaan tersebut bermula saat mobil yang dikemudikan oleh Panji bergerak dari arah Madiun. Saat tiba di lokasi kejadian, mobil ini diperkirakan kehilangan konsentrasi, sehingga mobil melenceng ke kanan.

Kecelakaan tak terhindarkan ketika mobil melenceng ke kanan, bus PO Mira datang dari arah berlawanan, yaitu arah Surabaya. Tabrakan terjadi, dan bodi depan mobil Innova mengalami kerusakan parah.

Dua orang tewas di lokasi kejadian, dan satu orang lainnya meninggal saat sedang menjalani perawatan di RSUD Nganjuk. Ketiga korban tewas semuanya berasal dari Ponorogo, sementara dua korban luka adalah penumpang mobil Tohir dan sopir bus Mira asal Magelang.

Source: https://www.detik.com/jatim/berita/d-6981852/candaan-maut-di-balik-kecelakaan-tragis-nganjuk-renggut-3-nyawa?single=1  

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Jiwa
  4. Asuransi Tangung Jawab Publik
  5. Asuransi Kendaraan

 

Gudang Kabel Fiber Optic Kebakaran Selama 16 Jam, Kerugian Mencapai Lebih dari Rp10 Miliar

Kebakaran yang melanda gudang kabel fiber optik di Jalan Alternatif Cibubur Danau Buperta, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok pada Sabtu, 14 Oktober 2023, sekitar pukul 13.47 WIB, telah mengakibatkan kerugian yang diperkirakan mencapai lebih dari Rp10 miliar.

Kepala Seksi Penyelamatan Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Tesy Haryati, menyatakan bahwa kerugian ini terjadi karena bahan kabel fiber optik yang baru saja di-drop sehari sebelumnya oleh PT FMI. Kepala Seksi Tesy memastikan bahwa saat ini api sudah berhasil dipadamkan, tetapi petugas pemadam tetap siaga jika terjadi penyalaan kembali.

Dugaan awal mengenai penyebab kebakaran gudang kabel fiber optik ini adalah akibat dari puntung rokok. Kebakaran melanda area dengan luas sekitar ribuan meter persegi, khususnya sekitar 1.500 meter persegi.

Untuk mengatasi kebakaran ini, lebih dari selusin unit pemadam kebakaran dari Kota Depok telah dikerahkan ke lokasi kejadian. Unit-unit tersebut termasuk mako GDC 2, UPT Cimanggis 2, UPT Tapos 2, Pos Merdeka 1, dan Pos Walikota 1.

Source: https://megapolitan.okezone.com/read/2023/10/15/338/2901518/kebakaran-gudang-kabel-16-jam-kerugian-ditaksir-lebih-dari-rp10-miliar?page=1

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Properti
  2. Asuransi Bisnis
  3. Asuransi Kebakaran
  4. Business Interruption Insurance
  5. General Liability Insurance

 

Pekerja di Lamongan Tewas dengan Kondisi Mengerikan, Tertembus Kayu dari Dada hingga Punggung

Kisah malang menimpa seorang pekerja di PT Inkatama Wancheng Indonesia, sebuah perusahaan pengolahan di Desa Pelang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan. Khoirul Rizal, seorang pemuda berusia 26 tahun yang berasal dari Desa Pelang, ditemukan tewas seketika dalam sebuah kecelakaan kerja yang tragis di tempat kerjanya pada hari Senin, 16 Oktober 2023.

Berdasarkan hasil penyelidikan di lokasi kejadian dan kesaksian dua saksi, Alvo (20) dan Davi (18), terungkap bahwa pada hari yang tragis itu, sekitar pukul 08.00 WIB, mereka dan Khoirul Rizal masuk bekerja di pabrik tersebut. Mereka melihat Khoirul Rizal sedang menyiapkan sehelai kayu berukuran panjang sekitar 3 meter dan lebar 15 centimeter. Kayu tersebut hendak digergaji dengan menggunakan mesin RIP.

Pada awalnya, semuanya tampak seperti rutinitas kerja harian yang biasa. Saksi melihat Khoirul Rizal bahkan sempat minum air putih. Namun, sekitar pukul 10.00 WIB, kejadian mengerikan itu terjadi. Khoirul Rizal terkena potongan kayu yang sedang digergaji. Yang lebih mengerikan lagi, potongan kayu yang panjang itu mengenai dada sebelah kanan dan menembus hingga punggungnya.

Tidak hanya satu potongan kayu yang mengenai korban, melainkan dua potongan. Salah satunya menancap di dada, sementara yang satunya lagi menancap di tangan kanannya. Akibat luka-lukanya yang parah, Khoirul Rizal terkapar di tempat kejadian. Korban langsung dilarikan ke RS Muhammadiyah Kalikapas Lamongan. Sayangnya, ketika sampai di rumah sakit, Khoirul Rizal telah meninggal dunia.

Menurut Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiantoro, korban meninggal di lokasi kejadian sebelum sempat dibawa ke rumah sakit. Kejadian ini merupakan tragedi mengerikan yang mengguncang komunitas pekerja dan keluarga korban.

Source: https://surabaya.tribunnews.com/2023/10/16/pekerja-di-lamongan-meninggal-dengan-kondisi-mengenaskan-dadanya-tertembus-kayu-hingga-ke-punggung 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Kerja
  2. Asuransi Jiwa
  3. Asuransi Tanggung Jawab Publik
  4. Asuransi Kecelakaan Diri

 

Tabrakan Maut di Pantai Ngrawah Gunungkidul, Kapal Berbenturan dengan Tebing, Tewaskan Seorang Nelayan

Kapal nelayan mengalami kecelakaan di Pantai Ngrawah, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (14/10/2023) malam, yang menyebabkan satu nelayan tewas. Kecelakaan tersebut disebabkan oleh kesalahan pendaratan kapal karena cuaca buruk. Kapal semestinya harus mendarat di Pantai Ngrenehan, tetapi akhirnya salah mendarat di Pantai Ngrawah, yang memiliki batu karang dan tebing. Akibatnya, kapal terhempas oleh ombak besar dan menabrak tebing.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 19.00 WIB saat kapal akan mendarat setelah beraktivitas di laut. Cuaca buruk dengan kabut tebal mengurangi jarak pandang, dan ini membuat tekong (pemilik) kapal kebingungan, yang akhirnya mengakibatkan kapal mendarat di Pantai Ngrawah sebelah timur Pantai Ngrenehan yang sebenarnya bukan lokasi yang aman untuk pendaratan.

Dua nelayan berada di kapal tersebut, yakni Surat (62 tahun) pemilik kapal dan Sujono (47 tahun). Mereka berusaha melompat dari kapal dan berenang ke tepi pantai ketika kapal mendekati tebing. Sayangnya, satu nelayan, Surat, tidak berhasil dan tenggelam karena tidak mampu berenang ke tepi pantai. Sementara itu, nelayan lainnya, Sujono, selamat.

Setelah menerima laporan dari warga, tim Satlinmas Rescue Wilayah Operasi II Pantai Baron segera melakukan pencarian korban. Sekitar 30 menit kemudian, korban berhasil ditemukan dan dievakuasi, tetapi sayangnya, korban tersebut telah meninggal dunia. Kondisi kapal juga rusak parah akibat kecelakaan ini.

Source: https://rejogja.republika.co.id/berita/s2m6j9291/kapal-hantam-tebing-di-pantai-ngrawah-gunungkidul-satu-nelayan-meninggal

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Marine Hull Insurance
  4. Asuransi Kesehatan
  5. Third Party Liability Insurance

 

Ditipu Modus Bantuan Sosial, Perampok Kalung Emas Ditangkap Polsek Seputihmataram 

Polsek Seputihmataram telah berhasil menangkap dua tersangka perampok yang diduga terlibat dalam kasus perampokan kalung emas di Kampung Terbanggi Mulya, Kecamatan Badarmataram, Kabupaten Lampung Tengah. Kedua pelaku tersebut diamankan tanpa perlawanan pada Senin, 16 Oktober 2023.

Menurut Kapolsek Seputihmataram, Iptu Budi Santoso, kedua pelaku adalah MY (34 tahun) yang merupakan warga Kelurahan Serdang, Kecamatan Tanjungbintang, Lampung Selatan, dan KL (59 tahun) yang berasal dari Kelurahan Pidada, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung.

Kronologi perampokan ini berawal pada Senin, 10 Oktober 2023. Saat itu, korban bernama Susilo (32 tahun) yang tinggal di Kampung Terbanggi Mulya sedang duduk sendirian di teras samping rumahnya. Tiba-tiba, kedua pelaku mendatangi korban dengan modus bertanya tentang Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kedua pelaku mendekati korban dengan alasan bertanya tentang bantuan PKH. Melihat situasi yang sepi, mereka kemudian mendekati korban dan secara paksa merampas kalung emas yang dipakai oleh korban di lehernya. Setelah itu, pelaku-pelaku melarikan diri,” ujar Budi ketika diwawancarai oleh Lampost.co pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Akibat perampokan ini, korban kehilangan kalung emas seberat 10 gram berharga sekitar Rp6 juta. Korban kemudian melaporkan insiden ini ke Mapolsek Seputihmataram dengan harapan bisa mengidentifikasi dan menemukan para pelaku perampokan tersebut.

“Kami melakukan penyelidikan, memeriksa rekaman CCTV di rumah korban, dan menemukan bahwa para pelaku menggunakan sepeda motor Honda Supra X berwarna hitam-merah dengan nomor polisi 2723 DAU. Kami kemudian melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap sepeda motor ini dan mengetahui bahwa sepeda motor tersebut adalah milik tersangka MY,” jelasnya.

Setelah memastikan kepemilikan sepeda motor tersebut oleh tersangka MY, pihak kepolisian melakukan penangkapan terhadap MY ketika dia berada di wilayah Kecamatan Tanjungbintang, Kabupaten Lampung Selatan. Kemudian, mereka berhasil menangkap tersangka KL yang saat itu berada di wilayah Kota Bandar Lampung.

“Saat ini, kedua pelaku beserta barang-bukti seperti pakaian yang digunakan saat melakukan perampokan dan sepeda motor yang digunakan, serta satu kartu identifikasi dari surat kabar Investigasi telah diamankan di Mapolsek Seputihmataram untuk pengembangan lebih lanjut. Pelaku akan dihadapkan pada Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” pungkas Kapolsek.

Source: https://m.lampost.co/berita-rampok-kalung-10-gram-2-pelaku-ini-diancam-penjara-9-tahun.html 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Barang Berharga
  2. Asuransi Kecelakaan Diri
  3. Asuransi Kesehatan

 

Operator Ekskavator Tewas Tertimpa Batu Gunung Berukuran 1 Meter

Pagi Selasa, 17 Oktober 2023, seorang operator ekskavator bernama Samsul Bahri di Aceh Besar, Aceh, tewas dalam insiden tragis. 

Saat sedang bekerja di perbukitan di Kecamatan Peukan Bada, batu gunung berdiameter sekitar satu meter tiba-tiba jatuh dan menimpa ekskavator yang dia operasikan. 

Di lokasi tersebut, beberapa pekerja lain juga berada. Rekan kerjanya segera mengeluarkan batu dan mengevakuasi Samsul, membawanya ke Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh. 

Polisi dari Polresta Banda Aceh menyelidiki insiden ini dan akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengungkap penyebab kejadian tersebut. 

Mereka juga akan memeriksa izin lokasi tersebut dan mendengarkan kesaksian saksi-saksi di tempat kejadian.

Source: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6986814/ekskavator-tertimpa-reruntuhan-batu-di-aceh-besar-operator-tewas 

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Jiwa
  2. Asuransi Kecelakaan Kerja
  3. Asuransi Kecelakaan Diri
  4. Asuransi Alat Berat
  5. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

 

Satu Bus yang Mengangkut 45 Pelajar Terguling di Tapsel, 27 Terluka karena Tidak Mampu Menaklukkan Tanjakan

Bus yang membawa 45 pelajar di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, mengalami kecelakaan saat mencoba menanjak. Akibatnya, 27 penumpang, yang merupakan pelajar dari SMP dan SMA, mengalami luka-luka.

Menurut Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP Sofyan Helmi Nasution, peristiwa itu terjadi di Desa Nanggar Jati Hutapadang, Kecamatan Arse, pada pagi hari. Saat itu, bus berusaha menaiki tanjakan, tetapi tidak mampu dan akhirnya terbalik.

Sofyan menjelaskan bahwa bus awalnya datang dari arah Sipagimbar menuju Sipirok, membawa para pelajar yang hendak pergi ke sekolah mereka. Saat mencapai lokasi kejadian, bus harus melewati jalan berlubang yang cukup terjal.

“Bus tiba-tiba tidak mampu untuk menaklukkan tanjakan tersebut dan mulai mundur ke arah tepi jalan di sebelah kanan menuju Sipirok. Akhirnya, bus terguling di tengah jalan,” kata Sofyan.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa korban yang terluka telah dibawa ke puskesmas untuk menerima perawatan medis. Saat ini, beberapa korban telah dipulangkan ke rumah mereka, sementara sekitar delapan orang lainnya dirujuk ke RSUD Sipirok.

Selanjutnya, petugas telah melakukan evakuasi bus ke Pos Lantas Polsek Sipirok.

Source: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6985646/bus-bawa-45-pelajar-di-tapsel-terbalik-usai-tak-kuat-menanjak-27-luka-luka  

Tinjauan Asuransi dan Manajemen Risiko :

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Kesehatan
  3. Asuransi Perjalanan
  4. Asuransi Kendaraan
  5. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Artikel ini dipersembahkan oleh Broker Asuransi L&G Insurance Broker.

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG

24 JAM L&G HOTLINE: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

Website: lngrisk.co.id

Email: customer.support@lngrisk.co.id

To Top
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Hubungi L&G Insurance Broker
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, &
klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Anda Butuh perlindungan asuransi maksimal, proses mudah, premi terjangkau, & klaim pasti dibayar! 
Sekarang!
Hubungi L&G Insurance Broker
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012