Asuransi Properti

7 Manfaat Asuransi Rumah Yang Perlu Anda Ketahui

Liga Asuransi – Para pembaca setia, bagaimana kabar Anda? Semoga Anda dan bisnis Anda selalu dalam keadaan baik. Rumah merupakan aset yang sangat diidamkan oleh banyak orang.

Rumah memberikan rasa aman dan nyaman bagi orang yang menghuninya. Namun, cara mendapatkan dan perawatan sebuah rumah tidaklah mudah. Saat ini sangat dibutuhkan perlindungan seperti jaminan asuransi rumah. Hal ini bertujuan agar penghuninya merasa aman dan nyaman secara finansial.

Asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, bahkan asuransi kendaraan sudah sangat familiar dikalangan masyarakat, tetapi pernahkah Anda mendengar mengenai asuransi rumah?

Asuransi rumah bisa disimpulkan sebagai asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat bencana, misalnya kebakaran, pencurian, banjir dan gempa bumi yang menghantam rumah tertanggung.

Asuransi rumah dibagi menjadi dua jenis, yaitu Property All Risk dan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Pada umumnya, perbedaan keduanya akan dapat dilihat dari jaminan yang diberikan.

  1. Property All Risk

Untuk asuransi rumah, Property All Risk merupakan jenis asuransi kebakaran yang bersifat unnamed perils atau memberikan jaminan terhadap seluruh resiko yang terjadi pada harta benda atau kepentingan yang dipertanggungkan. Asuransi Jenis ini digunakan untuk bangunan non industri.

Jaminan yang diberikan dalam asuransi Property All Risk yaitu, jaminan perlindungan akibat dari kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan huru hara. Jaminan bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami, tanah longsor, pergerakan tanah serta kerusakan akibat air.

  1. Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI), merupakan asuransi standarisasi yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Asuransi ini berguna untuk memberikan perlindungan terhadap harta benda yang telah dipertanggungkan.

Perhitungan klaim asuransi ini biasanya menggunakan perhitungan per meter untuk penanggungnya. Misalnya, jika memiliki rumah seluas 100 meter persegi, setiap bangunan dapat dibangun dengan total dana Rp 5 juta, maka dana yang ditangguhkan untuk rumah tersebut adalah 500 juta.

Bagaimana Cara Menghitung Premi Asuransi Rumah?

Setiap perusahaan asuransi menawarkan keuntungan dan harga yang bervarian, tidak terkecuali asuransi rumah. Sebelum membeli asuransi untuk memproteksi rumah Anda, pastikan Anda mengetahui seluruh keuntungan dan jaminan yang diberikan oleh perusahaan.

Terdapat perusahaan asuransi yang mencakup jaminan bangunan beserta isi, ada pula asuransi yang hanya menjamin kerugian bangunannya saja.

Untuk menghitung nilai premi yang harus dibayarkan tiap tahun, Anda dapat mengalikan nilai properti dengan rate premi yang ditawarkan perusahaan. Setiap perusahaan asuransi memiliki rate premi yang berbeda-beda.

Misal, nilai properti Anda adalah Rp 1 miliar dan rate premi dari perusahaan asuransi yang Anda pilih adalah 3 persen. Maka, nilai premi yang harus Anda bayarkan tiap tahunnya adalah 1,000,000,000 x 0,3% = Rp 3 juta. Perhitungan ini juga sama jika perusahaan asuransi mencakup bangunan beserta isinya.

Contoh, nilai bangunan Anda adalah Rp 1 miliar dan isi rumah bernilai Rp 300 juta. Maka perhitungannya menjadi 1,300,000,000 x 0,3% = Rp 3,9 juta per tahun. Selain nilai properti, lokasi dan aksesibilitas kendaraan juga mempengaruhi harga premi.

Lokasi dari suatu rumah akan memengaruhi harga properti tersebut, sedangkan aksesibilitas akan menentukan kemudahan bala bantuan untuk mencapai rumah Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pada umumnya semakin sulit rumah dijangkau, harga premi juga akan semakin tinggi. Hal ini juga sama dengan risiko bencana alam yang mungkin akan dialami bangunan tersebut.

Jika Anda tinggal di daerah yang rawan banjir, kemungkinan besar harga premi juga akan menjadi lebih tinggi dibandingkan properti di daerah lainnya.

Selain itu, kualitas bangunan juga dapat memengaruhi harga premi. Bangunan dengan kualitas yang kurang baik berarti memiliki kemungkinan lebih besar dalam mengalami kerugian teknis.

Manfaat dari Jaminan Asuransi Rumah yang Perlu Diketahui

Kira-kira, apa saja manfaat asuransi rumah? Mari simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Tidak Rugi Akibat Bencana Alam

Peristiwa bencana alam, seperti longsor, gempa bumi, angin topan, dan banjir sering terjadi secara tiba-tiba yang mengakibatkan sejumlah kerusakan pada rumah. Namun, Anda tidak perlu takut menelan kerugian besar. Dengan mengasuransikan rumah, setidaknya sebagian biaya perbaikan rumah akan ditanggulangi oleh perusahaan asuransi.

Misalnya biaya mengecat rumah yang terkelupas akibat rendaman air, mengganti pagar yang terbawa arus air, atau membeli peralatan untuk bersih-bersih apabila airnya masuk ke dalam rumah. Sementara untuk sisa biaya perbaikannya menjadi tanggung jawab diri sendiri sebagai penghuni rumah.

  1. Terdapat Proteksi Saat Rumah Dimasuki Maling

Rendahnya tingkat keamanan di lingkungan sekitar tempat tinggal menjadi pemicu utama terjadinya kemalingan. Apabila kondisi seperti ini sering terjadi di daerah tempat tinggalmu, maka asuransi rumah patut dilirik agar rumah menjadi lebih aman.

Jika suatu saat terjadi kemalingan dan sebagian harta benda hilang, Anda bisa melaporkan hal ini kepada pihak asuransi. Sertai laporan dengan bukti nama-nama barang yang hilang untuk memudahkan Anda saat mengajukan biaya ganti rugi atas peristiwa kemalingan.

Pengajuan atas kemalingan tidak serta-merta dikabulkan, tapi akan diselidiki terlebih dahulu. Pastikan laporan yang dibuat akurat dan terpercaya agar pihak asuransi yakin bahwa kemalingan benar-benar terjadi di rumah Anda.

  1. Asuransi Sebagai Syarat Mengajukan Pinjaman

Anda berkeinginan mengajukan pinjaman? Pastikan kalau Anda sudah punya asuransi rumah terlebih dahulu, karena sebagian lembaga keuangan menjadikan asuransi rumah sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman. Dengan asuransi rumah, dana pinjaman dapat segera dicairkan bila sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Asuransi rumah secara tidak langsung menjadi jaminan kalau pinjaman tidak dapat dibayarkan secara tepat waktu. Sehingga potensi terjadinya kredit macet dapat diminimalisir sekecil mungkin, sehingga pihak kreditur tidak rugi telah memberikan pinjaman.

  1. Nilai Rumah Tetap Terjaga

Jika dibandingkan dengan aset lainnya, maka rumah menjadi aset paling menguntungkan karena nilai jualnya yang terus meningkat. Jadi wajar bila Anda rela mengeluarkan uang yang besar untuk membeli sebuah rumah dan membeli produk asuransi untuk menjamin nilai rumah secara keseluruhan.

Jika suatu saat terjadi bencana alam atau kerusuhan yang mengakibatkan rumah rusak, Anda tidak perlu mengkhawatirkan nilai jual rumah. Dengan membeli asuransi, nilai jual rumah tetap tinggi karena pihak asuransi sendiri mau bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Selesai diperbaiki, rumah pun akan kembali bagus sehingga harga jualnya sama sekali tidak turun. Bukannya rugi, Anda justru memperoleh keuntungan seiring dengan meningkatnya harga jual rumah.

  1. Aman dari Tuntutan Hukum

Coba bayangkan kalau misalnya rumah Anda mengalami kebakaran dan ada korban yang terluka, mau tidak mau Anda harus bertanggung jawab atas biaya pengobatan korban. Untungnya kalau rumah diasuransikan, biaya ini akan menjadi tanggung jawab pihak asuransi juga.

Apabila biaya pertanggungan terlambat dibayarkan kepada korban, setidaknya pihak asuransi akan meluruskan masalah ini. Sehingga Anda sebagai nasabah asuransi terbebas dari segala bentuk tuntutan hukum.

  1. Melindungi Isi Bangunan

Ternyata bukan hanya bangunan secara fisik saja yang dilindungi, tapi juga isi rumah. Termasuk di dalamnya furnitur, alat-alat masak, dan lain sebagainya. Apabila rumah terkena kebakaran, banjir, pencurian, atau kejadian apapun yang menyebabkan isi rumah rusak atau hilang, maka pihak asuransi siap menalangi sebagian kerugiannya.

  1. Meringankan Pengeluaran

Secara keseluruhan, asuransi rumah memang paling ampuh untuk meringankan pengeluaran apapun yang ada kaitannya dengan kerusakan, kehilangan, atau ganti rugi akibat kecelakaan yang terjadi pada rumah Anda.

Mendapatkan asuransi rumah dengan premi yang kompetitif dan jaminan yang luas tidaklah mudah, dibutuhkan Diperlukan analisa keuangan yang sangat lengkap.

Untuk mendapatkan program Asuransi rumah terbaik, Anda memerlukan jasa sebuah perusahaan broker asuransi yang mempunyai pengetahuan, pengalaman dan hubungan yang kuat dengan perusahaan asuransi yang spesialis di bidang financial risks.

Source :

MENCARI PRODUK ASURANSI? JANGAN BUANG WAKTU ANDA DAN HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Contact Us NOW!
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB
Insurance Expert with 40 years of experience
Hi...
Or
OJK Registered KEP-667/KM.10/2012
Welcome to the Indonesia's leading insurance broker
Looking for HIGH QUALITY insurance
at a LOW COST ?
Contact Us NOW!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!
Thank You
You are Now Subscribed to our Mailing List!