Asuransi Liability

7 hal yang mempengaruhi Biaya Premi Asuransi Director and Officers atau D&O

Liga Asuransi – Sidang pembaca yang luar biasa. Untuk anda ketahui bahwa dampak lain yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19  adalah  semakin banyaknya tuntutan hukum yang diarahkan kepada direktur dan pejabat dari berbagai perusahaan. Bahkan banyak yang memperkirakan bahwa fenomena ini baru dimulai, kita akan melihat lebih banyak tentang masalah seperti ini di masa mendatang.  Termasuk kasus-kasus yang terjadi di industri perasuransian.

Sebagai broker asuransi atau pialang asuransi kami sangat prihatin dengan kondisi ini. Meskipun ada produk asuransi yang bisa memberikan jaminan atas tuntutan tersebut yaitu produk asuransi Director and Officers atau yang dikenal dengan sebutan D&O, rasanya akan semakin sulit untuk mendapatkan jaminan ini karena potensi resikonya yang semakin tinggi. 

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang permasalahan dan tantangan dari asuransi D&O berikut ini kami akan coba bahas secara lebih rinci. Informasi kami susun dari berbagai sumber dan pengalaman kami sendiri.

Jika Anda tertarik dengan tulisan ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga paham seperti Anda.

Bagaimana kondisi asuransi D&O saat ini?

Apakah potensi klaim asuransi D&O Meningkat?  Jawaban singkatnya adalah ya, sudah tidak diragukan lagi. Untuk memahami fenomena yang ada saat ini membutuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika industri keseluruhan. 

Untuk mengetahui apa penyebabnya, mari kita periksa mengapa tuntutan hukum D&O bisa terjadi. Apakah perusahaan itu swasta atau publik, eksekutif dan anggota dewan direksi memimpin perusahaan menuju kesuksesan. Akibatnya, mereka mengalami banyak kesalahan dan kelalaian dengan berbagai alasan termasuk:

  • Tindakan dan keputusan yang salah
  • Kesalahan dalam penilaian
  • Pelanggaran kewajiban fidusia
  • Manajemen yang tidak tepat
  • Tuntutan hukum terkait ketenagakerjaan
  • Masalah yang berkaitan dengan Employment 
  • Melanggar aturan dan regulasi pemerintah

Dengan meningkatnya resiko klaim dari polis asuransi D&0 , bagaimana dampaknya terhadap Anda sebagai tertanggung, beberapa besar kenaikan premi atau adakah pembatasan lain yang diterapkan oleh perusahaan asuransi. 

Berikut ini beberapa hal faktor-faktor penting yang akan memberikan dampak kepada asuransi D&O dan juga kepada perusahaan asuransi D&O.
1. Jenis Industri
Bisnis Anda bergerak di industri apa? Tingkat resiko dari masing-masing industri tidak sama. Faktor ini ini mungkin mempengaruhi biaya asuransi D&O . Misalnya, di industri perbankan, investasi dan industri sekuritas sering kali membuat para pemimpin perusahaan menghadapi banyak risiko, lebih dari sektor lain.

Selain itu, industri yang bergerak di  ilmu pengetahuan dan teknologi menghadapi segudang risiko yang unik, termasuk yang berkaitan dengan royalti, perjanjian lisensi, dukungan investor modal ventura (VC), dll. Penanggung sangat menyadari kerentanan ini dan akan sering merespons dengan meningkatkan biaya asuransi D&O.

2. Umur Perusahaan

Perusahaan yang lebih muda memiliki pengalaman yang lebih sedikit dan waktu yang lebih pendek, yang mempengaruhi efektivitas rencana manajemen risiko mereka. Meskipun beberapa anggota dewan direksi mungkin memiliki banyak pengalaman, perusahaan asuransi sering melihat perusahaan yang lebih muda sebagai “wajah baru”. Selain itu, mereka akan melihat bisnis baru lebih berisiko untuk diasuransikan daripada perusahaan yang berkembang dengan baik, misalnya.

Biasanya, perusahaan yang lebih tua dan lebih berkembang memiliki direktur dan pejabat yang lebih berpengalaman, dan dengan demikian, menimbulkan risiko yang lebih kecil daripada pemula. Meskipun demikian, tahap pengembangan perusahaan Anda memainkan peran penting dalam hal yang mempengaruhi biaya asuransi D&O.

3. Stabilitas Keuangan

Seperti yang telah disebutkan diatas, perusahaan yang bergerak di bidang riset dan ilmu pengetahuan dan  juga perusahaan startup dapat menghabiskan dana Venture Capital lebih cepat terutama di awal proses uji klinis. Ini sifat bisnisnya, dan perusahaan asuransi menemukan fakta yang berbeda. Hutang juga merupakan pertimbangan perusahaan asuransi yang tidak perlu disebutkan.

Jaminan asuransi D&O yang menawarkan ganti rugi kepada perusahaan. Porsi ini melindungi direktur dan pejabat, sehingga aset pribadi mereka tidak dipertaruhkan. Meskipun kondisi keuangan tidak stabil yang dapat mengubah tingkat risiko perusahaan semakin, membuat kebangkrutan menjadi ancaman nyata dan berpotensi untuk digugat. 

4. Pengalaman Litigasi

Riwayat hukum atau catatan hukum dari perusahaan Anda dapat mempengaruhi untuk mendapatkan premi asuransi D&O terbaik. Jika sudah pernah ada tuntutan hukum sebelumnya dan juga pergantian kepemimpinan dapat mempengaruhi tingkat asuransi D&O secara signifikan.

Usaha-usaha untuk menutupi kejadian dan kesalahan dimasa lalu akan sulit dilakukan karena perusahaan asuransi akan melakukan investigasi secara detail dengan menggunakan berbagai cara. 

5. Perusahaan Swasta vs. Perusahaan Publik

Baca Juga :   Apa itu public liability insurance?

Tidak peduli apakah perusahaan Anda telah melakukan penawaran umum perdana (IPO) atau tidak, direktur dan pejabat Anda tetap menghadapi banyak risiko. Namun, eksposur tersebut tidak diragukan lagi akan semakin meningkat bagi para pemimpin perusahaan publik. Banyak tanggung jawab tambahan bagi direktur dan pejabat selama dan setelah IPO. Perusahaan mungkin tidak memenuhi ekspektasi, mengecewakan banyak pemegang saham. Singkatnya, para pemimpin mengendalikan perusahaan mereka, yang membuat mereka lebih rentan daripada sekadar karyawan.

6. Jumlah Karyawan 

Tuntutan klaim terkait dengan pekerjaan dan para pekerja adalah salah satu penyebab utama tuntutan hukum D&O yang sering terjadi. Dan nampaknya tren ini tidak menunjukkan tanda-tanda mengalami penurunan. Semakin besar jumlah karyawan, semakin besar kemungkinan direktur dan pejabat Anda akan mendapatkan serangan masalah hukum.

Untuk itu penting untuk memastikan Anda memiliki jaminan asuransi D&O yang cukup untuk melindungi bisnis Anda dari tuntutan hukum terkait dengan ketenagakerjaan. Beberapa perusahaan membeli terlalu banyak asuransi. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menganalisis risiko terkait pekerjaan Anda secara rinci misalnya dengan mempekerjakan seseorang untuk menyelidikinya untuk Anda.

7. Keterlibatan Internasional

Terakhir, apakah layanan atau produk Anda melibatkan pasar internasional? Jika demikian, aspek keterlibatan internasional ini dapat mempersulit proses penjaminan D&O. Perusahaan Anda harus mematuhi hukum domestik serta peraturan di negara lain. Secara alami, faktor-faktor ini menambah kerumitan pada kebutuhan asuransi D&O Anda.

Seperti apa jaminan asuransi D&O Apa yang Anda Butuhkan?

Meskipun setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang unik, tapi yang terbaik adalah memiliki dan memahami jaminan polis asuransi D&O Anda. Sesuaikan besarnya nilai pertanggungan Anda berdasarkan risiko spesifik Anda. Misalnya, ketahui batasan tanggung jawab Anda dan waspadai pengecualian apa pun. Pendekatan ini akan membantu Anda merumuskan polis asuransi D&O yang memadai yang akan melindungi apa yang seharusnya bisa dilindungi. 

Untuk diketahui bahwa polis asuransi D&O memiliki tiga bagian, termasuk:

  • Side A: Misalkan direktur secara pribadi dituntut dan dipaksa untuk membayar biaya konsultan hukum untuk dan penyelesaian, bagian dari asuransi D&O ini berlaku untuk melindungi individu. Namun, Sisi A hanya akan membayar direktur individu jika perusahaan tidak bisa, seperti jika perusahaan bangkrut. Banyak perusahaan pra-IPO memilih batas jaminan c Sisi A tambahan, yang merupakan opsi yang sangat baik.
  • Side B: Ketika perusahaan mendapatkan tuntutan ganti rugi kepada individu yang disebutkan di dalam gugatan, jaminan side B mengganti biaya tersebut. Tapi itu hanya memberi ganti rugi kepada individu yang diasuransikan yang disebutkan dalam gugatan tersebut.
  • Side C: Perlindungan ini memberikan perlindungan neraca laporan keuangan untuk perusahaan yang disebutkan dalam gugatan bersama seorang direktur individu. Cakupan sisi C akan mengganti biaya dan penyelesaian yang terjadi.

Untuk mendapatkan jaminan asuransi D&O di Indonesia tidak mudah karena tidak banyak perusahaan asuransi yang mempunyai produk yang dirancang secara khusus ini. Dari 70an perusahaan asuransi umum yang ada hanya sekitar 10% saja yang mempunyai kapasitas asuransi ini. 

Cara terbaik untuk mendapatkan jaminan asuransi D&O adalah dengan menggunakan jasa broker asuransi yang berpengalaman di bidang resiko seperti. Broker asuransi yang akan membantu Anda untuk mengisi formulir permintaan, melengkapi informasi yang diperlukan serta membuat penjelasan tambahan yang diperlukan oleh perusahaan asuransi. 

Broker asuransi juga yang akan melakukan negosiasi kepada beberapa perusahaan yang mempunyai kapasitas asuransi D&O. Menegosiasikan biaya premi dan terms and conditions.

Tugas broker asuransi yang utama adalah ketika terjadi klaim. Broker asuransi yang akan membantu Anda untuk mengurus klaim sejak tanggal kejadian sampai dengan pembayaran. Broker asuransi bertindak sebagai Advocate atau pengacara Anda untuk mengurus klaim asuransi.

Salah satu perusahaan broker asuransi terkemuka di Indonesia yang mempunyai berpengalaman di bidang asuransi D&O adalah L&G Insurance Broker.

Untuk kebutuhan semua asuransi Anda hubungi L&G Insurance Broker sekarang juga!

HOTLINE L&G 24JAM: 0811-8507-773 (CALL – WHATSAPP CHAT – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

Agen vs Broker Asuransi, Apa Perbedaannya?

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top