Industri Konstruksi

Bagaimana cara mendapatkan premi asuransi yang termurah?

Liga Asuransi – Pembaca yang budiman, apa kabar? Sesuai dengan permintaan dari pelanggan kami, kali ini kami akan membahas tentang hal-hal dasar dari transaksi asuransi, yaitu premi asuransi.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada jaminan asuransi jika tidak ada premi. Meskipun polis asuransi sudah ada namun jika premi belum diterima oleh perusahaan asuransi, maka asuransi tersebut belum berlaku dan jika ada klaim tidak dapat dibayarkan.

Jadi, premi asuransi sangat penting.

Sebagai broker asuransi senior, sesuai dengan pengalaman kami bahwa sebagian besar klien selalu menginginkan premi termurah. Dan itu sangat masuk akal, terutama untuk jaminan asuransi konstruksi, pengurangan premi berarti penghematan biaya dan itu pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan.

Namun kita harus menyadari bahwa masih banyak yang belum memahami bahwa biaya premi asuransi berkaitan dengan perluasan pertanggungan. Semakin luas jaminan nya, semakin banyak perlindungan, semakin tinggi preminya.

Namun sayangnya, tidak banyak nasabah asuransi yang memahami seberapa luas jaminan  asuransi yang mereka miliki.

Jaminan polis asuransi bukanlah standar, meskipun judulnya sama dan dikeluarkan oleh perusahaan yang sama. Bisa jadi premi polis asuransi teman Anda lebih rendah dari premi asuransi yang Anda bayarkan bahkan jika barang yang diasuransikan sama. 

Salah satu alasannya adalah karena perluasan jaminan  berbeda.

Sekarang, cara terbaik untuk mendapatkan asuransi maksimum dan dengan premi asuransi yang paling efisien adalah selalu menggunakan jasa ahli asuransi yang disebut perusahaan pialang asuransi/broker asuransi.

Broker asuransi akan merancang polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, memilih perusahaan asuransi terbaik, menegosiasikan premi termurah karena broker asuransi tahu berapa harga premi asuransi yang terbaik! 

Dan yang paling penting dalam hal terjadinya klaim, broker asuransi yang akan mengurusnya untuk Anda.

Nah, kali ini kita akan membahas secara lebih rinci tentang seluk-beluk premi asuransi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Jika Anda tertarik dengan artikel ini, silahkan bagikan dengan kolega Anda sehingga mereka juga mengerti sama seperti Anda,

Apa itu Premi Asuransi?

Premi asuransi adalah jumlah uang yang dibayarkan individu atau bisnis untuk polis asuransi. Premi asuransi dibayarkan untuk polis yang mencakup asuransi kesehatan, mobil, rumah, dan jiwa. 

Setelah diterima, premi adalah pendapatan bagi perusahaan asuransi. Ini juga merupakan kewajiban, karena perusahaan asuransi harus memberikan jaminan untuk klaim yang dibuat terhadap kebijakan tersebut. Kegagalan untuk membayar premi pada individu atau bisnis dapat mengakibatkan pembatalan kebijakan.

Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus dibayar individu atau bisnis untuk polis asuransi.

Cara Kerja Premi Asuransi

Harga premi tergantung pada berbagai faktor, termasuk:

  1. The type of insurance coverage 
  2. Type of occupation of business or type of work
  3. The location of the assets
  4. Past claim experience
  5. The amount of sum insured
  6. Supporting documents or survey report 
  7. The period of coverage 
  8. Authority standard rate 
  9. Protection measures 
  10. Insurance Market Rate 

 

Type of insurance coverage

Secara umum, asuransi dibagi menjadi dua kelompok, asuransi jiwa dan asuransi properti.  Pada artikel ini, kami akan membatasinya hanya membahas asuransi umum atau asuransi properti.

Asuransi umum adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan dalam bentuk penggantian atas kerusakan dan kehilangan harta benda seperti rumah, properti, pabrik, alat berat, kapal laut,, cargo dan lain-lain.

Ada beberapa jenis asuransi umum, tergantung pada jenis risiko, jenis objek, kegunaan, lokasi, dan banyak faktor lainnya. 

Saat ini ada sekitar 25 jenis asuransi umum di pasaran.  Antara lain asuransi properti (Property All Risks), asuransi gempa bumi, asuransi pabrik, asuransi kendaraan bermotor, asuransi barang, asuransi kapal, asuransi kewajiban hukum, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi alat berat, asuransi konstruksi, dan lain-lain.

Asuransi umum juga memiliki cabang bernama Financial Risk atau Surety Bond. Jenis asuransi ini berupa jaminan atas kegagalan klien dalam memenuhi tanggung jawabnya yang mengakibatkan kerugian finansial seperti denda, denda, dan risiko keuangan.

Produk asuransi yang masuk dalam kelompok risiko keuangan antara lain Bid Bond, Performance Bond, Payment Bond, Custom Bond, dan lainnya.

Nah, besaran premi asuransi sangat dipengaruhi oleh jenis asuransi dan jenis risiko yang dihadapi.

Jenis Pekerjaan Jenis Karya

Misalnya mobil sedan ketika digunakan sebagai mobil pribadi tarif premium lebih rendah ketika digunakan sebagai taksi termasuk taksi online maka tarif premiumnya berbeda. Premi taksi online jauh lebih tinggi.

Demikian juga, jika sebuah bangunan digunakan sebagai gudang umum, tingkat premi jauh lebih tinggi daripada yang digunakan sebagai pabrik, bahkan jika berada di lokasi yang sama.

Hal yang sama juga terjadi di bidang konstruksi. Proyek yang berlokasi di daerah basah seperti dermaga, jembatan, dan jalan jauh lebih tinggi daripada proyek konstruksi gedung perkantoran meskipun nilai investasinya sama.

Premi untuk menerbitkan jaminan jaminan obligasi dari jenis proyek yang sama mungkin berbeda dari satu kontraktor ke kontraktor lainnya karena temuan kondisi keuangan. 

Lokasi Properti

Misalnya, jika properti atau proyek dekat dengan pantai atau sungai maka kemungkinan banjir tinggi. Atau jika sebuah hotel dekat dengan pasar tradisional, maka preminya jauh lebih tinggi daripada hotel yang berada di area perkantoran.

Begitu juga dengan risiko gempa bumi. Properti yang terletak di daerah yang dekat dengan premi tarif episentrum (cincin api) jauh lebih tinggi daripada bangunan yang jauh dari pusat gempa.

Pengalaman Klaim Masa Lalu

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat premi asuransi adalah pengalaman klaim di masa lalu. Jika Anda pernah mengalami klaim asuransi, maka perusahaan asuransi akan mencatat bahwa ada potensi kecelakaan serupa meskipun perbaikan telah dilakukan. Akibatnya, perusahaan asuransi akan menaikkan tarif premi untuk Anda.

Jumlah Uang pertanggungan

Untuk asuransi umum, yang dimaksud dengan uang pertanggungan adalah nilai aset. Hampir semua jenis polis asuransi umum mensyaratkan bahwa uang pertanggungan bernilai harga baru (baru untuk lama) atau nilai pembangunan kembali (nilai pemulihan).

Untuk jumlah uang pertanggungan yang tinggi, ada pertimbangan khusus dari perusahaan asuransi untuk penurunan khusus tarif premi. Ini disebut pembelian massal.

Dokumen pendukung atau laporan survei

Demikian juga untuk bank saat memproses pinjaman kepada nasabahnya, perusahaan asuransi juga ingin melakukan analisis risiko seberapa besar potensi risiko nasabah.

Untuk mengatur asuransi atas aset seperti bangunan, pabrik, proyek, kapal, dan lain-lain. Kemudian perusahaan asuransi membutuhkan informasi pendukung berupa dokumen, dan spesifikasi aset, seperti tahun pembuatan, ukuran, jenis, jumlah lantai, kegunaan, dan sebagainya.

Sementara untuk memberikan jaminan surety bond (bid bond, performance bond, dan payment bond) maka perusahaan asuransi membutuhkan informasi mengenai kontrak kerja yang akan dilakukan, biodata perusahaan, laporan keuangan, dan dokumen pendukung lainnya.

Jika informasi dan hasil survei memuaskan maka perusahaan asuransi akan memberikan persetujuan penjaminan. Semakin baik hasil analisis, semakin rendah biaya premi yang ditawarkan.

Periode Jaminan 

Setiap polis asuransi memiliki batas waktu. Untuk asuransi umum, jangka waktu penjaminan rata-rata adalah 12 bulan, kecuali untuk asuransi konstruksi, marine cargo, dan perjalanan jangka waktunya disesuaikan dengan jangka waktu yang diminta sesuai kontrak.

Jika masa asuransi terlalu singkat, misalnya 2 atau 3 bulan maka perusahaan asuransi akan mengenakan tarif pendek atau short period. Tarif ini lebih tinggi dari premi rata-rata jika menggunakan 12 bulan.

Tarif Standar Otoritas

Untuk beberapa jenis asuransi di Indonesia, ada tarif standar yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) misalnya untuk tarif asuransi properti, gempa bumi, dan kendaraan bermotor.

Untuk jenis asuransi ini, tarifnya cukup standar, yang masih bisa diupayakan untuk mengurangi premi adalah dengan meminta diskon khusus.

Perlindungan Asset 

Yang dimaksud dengan perlindungan adalah semua fasilitas, peralatan, dan alat yang tersedia untuk mencegah dan mengurangi dampak kecelakaan.

Untuk bangunan dan pabrik, misalnya, ketersediaan fasilitas pemadam kebakaran. Semakin lengkap fasilitas pemadam kebakaran semakin rendah tarif preminya. Biasanya ada tingkat pengurangan premi khusus yang disebut diskon Fire Extinguisher Appliance.

Begitu juga dengan kapal dan peralatan konstruksi, jika alat perlindungan terpasang penuh dalam kondisi baik, maka biaya premi asuransi akan lebih rendah.

Harga Pasar Asuransi Internasional

Seperti yang Anda mungkin sudah paham bahwa industri asuransi adalah bagian dari ekonomi global. Transaksi asuransi selalu terkait dengan kondisi asuransi internasional. Hal ini dapat dilihat dari mekanisme reasuransi.

Harap dicatat bahwa perusahaan asuransi tidak dapat berdiri sendiri. Perlu didukung oleh perusahaan asuransi lain untuk berbagi risiko (risk-sharing). Berbagi risiko bisa dengan perusahaan asuransi yang sama di Indonesia tetapi juga dengan perusahaan asuransi di luar negeri (reasuransi).

Nah, jika tarif premi di pasar internasional naik, maka secara otomatis akan berdampak pada industri asuransi dan tarif di Indonesia, meskipun tidak ada perubahan kondisi di dalam negeri.

Pertimbangan Khusus

Terus terang untuk menentukan premi itu rumit karena setiap pemegang polis memiliki profil risiko yang unik. Penanggung akan mengevaluasi kerugian historis untuk bahaya, memeriksa profil risiko pemegang polis potensial, dan memperkirakan kemungkinan pemegang polis mengalami risiko dan ke tingkat apa. Berdasarkan profil ini, perusahaan asuransi akan menetapkan premi bulanan.

Jika perusahaan asuransi meremehkan risiko yang terkait dengan perluasan cakupan, itu bisa membayar lebih dari yang diterimanya dalam premi. Karena polis asuransi adalah kontrak, perusahaan asuransi tidak dapat mengklaim bahwa mereka tidak akan membayar klaim atas dasar bahwa mereka salah menghitung premi.

Jumlah premi yang dibebankan perusahaan asuransi sebagian ditentukan oleh seberapa kompetitif pasar tertentu. Di pasar yang kompetitif yang terdiri dari beberapa perusahaan asuransi, setiap perusahaan memiliki kemampuan yang berkurang untuk mengenakan tarif yang lebih tinggi karena ancaman pesaing mengenakan tarif lebih rendah untuk mengamankan pangsa pasar yang lebih besar.

Peran Underwriter

Pekerjaan underwriting merupakan bagian integral dari bisnis untuk perusahaan asuransi dan bank investasi. Meskipun tidak mungkin untuk menghilangkannya sepenuhnya, risiko underwriting adalah fokus mendasar untuk upaya mitigasi risiko. Profitabilitas jangka panjang penjamin emisi berbanding lurus dengan mitigasi risiko underwriting.

Bagaimana cara mendapatkan premi asuransi termurah?

Sebagian besar konsumen menemukan belanja di sekitar menjadi cara terbaik untuk menemukan premi asuransi termurah. Anda dapat memilih untuk berbelanja sendiri dengan perusahaan asuransi individu. Dan jika Anda mencari penawaran, mudah untuk melakukan ini sendiri secara online.

Tetapi pilihan terbaik adalah mencoba melalui broker asuransi. Mereka cenderung bekerja dengan beberapa perusahaan asuransi yang berbeda dan dapat mencoba memberi Anda penawaran terbaik. 

Salah satu perusahaan broker asuransi di Indonesia, memiliki pengalaman yang luas dalam memberikan premi yang paling kompetitif dan jaminan maksimum adalah L&G Insurance Broker.

Untuk semua kebutuhan asuransi Anda, hubungi L&G sekarang!

 

Ref:

  1. https://www.investopedia.com/terms/i/insurance-premium.asp
  2. https://www.investopedia.com/insurance/what-causes-your-insurance-premium-go-up/
  3. https://www.investopedia.com/terms/i/insurance-premium.asp

 


Mencari Produk Asuransi? Jangan Buang Waktu Anda dan Hubungi Kami Sekarang Juga

HOTLINE L&G 24 JAM: 0811-8507-773 (Call – Whatsapp – SMS)

website: lngrisk.co.id

E-mail: customer.support@lngrisk.co.id

 

About Mhd. Taufik Arifin ANZIIF (Snr. Assoc) CIIB

Taufik Arifin memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri pialang asuransi. Dia memegang sertifikat Lembaga Asuransi dan Keuangan Selandia Baru Australia (ANZIIF snr.assoc) CIP dan Broker Asuransi Indonesia Bersertifikat (CIIB).


Silahkan follow Instagram penulis untuk kenal lebih dekat : @taufik.arifin.31

Klik Untuk Menuliskan Komentar Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top